Ini Daftar Lokasi River Tubing Paling Seru di Jawa Tengah

Jatengkita.id – River tubing atau susur sungai adalah kegiatan meluncur bebas diatas permukaan sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban dalam mobil. Seperti layaknya rafting, peserta juga dilengkapi dengan helmet, pelampung keselamatan dan pelindung kaki. menggunakan ban menjadi atraksi wisata sungai yang kian digemari. Walaupun hanya bermodal ban, sensasinya ternyata sebanding dengan rafting.

River tubing semacam paket hematnya rafting atau arung jeram. Bedanya, rafting dilakukan di sungai berarus deras secara berkelompok dan menggunakan perahu karet serta dayung. Sedangkan river tubing adalah menyusuri sungai berarus sedang secara individu menggunakan pelampung dari ban dalam mobil dengan kedua tangan sebagai dayung.

Tantangan bermain river tubing ialah mengalahkan kepanikan dalam diri sendiri. Berbeda dengan rafting yang mengandalkan kerja sama tim, river tubing tergantung pada kemampuan Anda sendiri. Namun jangan khawatir, permainan ini telah dilengkapi perlengkapan yang aman, seperti jaket pelampung dan helm.

Sebelum mulai, setiap peserta akan di-briefingi lebih dulu oleh pemandu jeram. Prinsipnya, selagi Anda mematuhi prosedur dan tidak panik, semuanya bakal aman. Kepanikan memang hal yang lumrah ketika menghadapi arus liar sungai. Bahkan jika Anda seorang yang pandai berenang di laut, belum tentu mahir di sungai.

Selama permainan, Anda juga tidak akan dilepaskan sendiri. Ada river guide yang ikut dalam petualangan Anda. Jadi, panik adalah hal yang sama sekali tidak perlu.

1. River Tubing Pusur, Klaten

Buat kamu sedulur semua yang mau mencoba serunya jelajah river tubing Pusur Klaten silahkan datang ke Alamat: Jalan Keprabon – Polanharjo,Keprabon, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa, Tengah 57474. Bisa kontak dulu di Telepon: 0856-4748-7060. Berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Solo dan menempuh waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Untuk memulai petualangan menyusuri sungai ini, Anda harus menuju ke basecamp yang terletak di Dusun Jragan, Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo, Klaten.
Kuota minimal untuk river tubing Sungai Pusur ini adalah 5 orang, dan maksimal untuk sekali perjalanan adalah 25 orang.

Berikut jadwal Jam buka:

Minggu 09.00–15.00
Senin 09.00–15.00
Selasa 09.00–15.00
Rabu 09.00–15.00
Kamis 09.00–15.00
Jumat 13.00–15.00
Sabtu 09.00–15.00

Dikelola para pemuda setempat menjadi obyek wisata alternatif, yaitu river tubing.

Bebatuan kali tidak akan mencelakain diri Anda, sebab arus airnya cukup aman bagi pemula

CERIA. Para penikmat wisata River Tubing

Bak surga tersembunyi di balik teriknya Jalan Cokro-Delanggu yang menjadi perlintasan truk-truk besar, Sungai Pusur yang melintasi wilayah Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menawarkan kesejukan dan pemandangan nan asri.

Meski airnya sudah tidak begitu jernih, sungai yang berkelok-kelok di bawah rimbun pepohonan itu hangat diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, sungai yang tidak terlalu dalam dengan lebar bervariasi (berkisar 1-5 meter) itu telah dikelola para pemuda setempat menjadi obyek wisata alternatif, yaitu river tubing.

“Sayangnya, kesadaran sebagian masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Pusur untuk tidak membuang sampah ke sungai masih cukup rendah,” kata Kepala Desa Keprabon Sugiyono saat ditemui Tempo di sela kegiatan Pusur River Transect pada Senin, 19 September 2016.

Transect adalah semacam metode yang digunakan para peneliti untuk mempelajari suatu areal atau wilayah dengan mengambil sejumlah titik sampel. “Transect atau jelajah sungai ini untuk melihat bentang alam Sungai Pusur, terutama bagian tengah, dari hilir (Desa Keprabon) ke hulu (Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung,” kata Rubiyanto selaku koordinator tim Pusur River Transect.

Transect Sungai Pusur melibatkan 19 orang. Mereka adalah para pakar di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Klaten, Badan Lingkungan Hidup Klaten, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Klaten, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Universitas Gadjah Mada, aktivis lingkungan dari Gerakan Sekolah Sungai Klaten, Lestari (Lembaga Studi dan Tata Mandiri) Yogyakarta, dan Paguyuban Bank Sampah Sekar Keprabon

Sebagaimana diliput Tempo, Rubiyanto mengatakan tim tersebut melakukan riset selama tiga hari untuk lima kriteria, yaitu potensi sampah, morfologi sungai, potensi kebencanaan, biota sungai, dan sumber daya alam. “Hasil dari transect ini akan dibuat kajian atau literatur tentang Sungai Pusur. Datanya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan,” katanya.

Dia mencontohkan, jika kadar potensi sampah di Sungai Pusur dinilai sudah mengkhawatirkan, hasil kajian transect bisa menjadi landasan bagi instansi terkait memetakan langkah yang akan ditempuh. “Begitu pula dalam hal potensi kebencanaan, hasil kajian transect bisa menjadi database bagi BPBD dalam menangani Sungai Pusur,” kata Rubiyanto, yang juga pengurus Lestari Yogyakarta.

Selama tiga hari menjelajah Sungai Pusur, Rubiyanto menambahkan, para anggota tim transect akan menginap di tepi sungai. “Kami mendukung kegiatan ini, dengan harapan menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk tidak membuang limbah rumah tangga di sungai,” kata Agus, 25 tahun, pemuda Desa Keprabon yang juga sebagai pemandu river tubing.

 

2. Sungai Blimbing River Tubing

Sungai Blimbing di Kecamatan Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah merupakan salah satu spot terbaik mencoba river tubing. Anda akan dibawa hanyut aliran sungai yang deras dengan jeram yang menantang. Atraksi wisata di sini dikelola oleh Curug Blimbing Adventure. Base camp-nya berlokasi di Desa Blimbing, mudah diakses dari Purwokerto maupun Wonosobo.

Suasana Hutan yang menantang menemani river tubing Curug Blimbing Banjarnegara

Sungai Blimbing termasuk dalam jenis peralihan sungai hulu dan hilir dengan lebar sungai antara 2,5 – 7 meter. Perpaduan ini menyebabkan aliran sungai menjadi berjeram dan datar, sehingga menyajikan sensasi yang akan memacu adrenalin anda. Saat pengarungan anda akan disuguhi pemandangan alam yang khas dari sungai Blimbing dan tentunya anda akan didampingi  oleh pemandu atau guide professional yang sudah paham betul seluk beluk sungai Blimbing, serta tim penyelamat yang sigap.

Rute river tubing di Sungai Blimbing panjangnya 2,75 km dengan waktu tempuh rata-rata 90 menit. Adapun lebar sungai bervariasi, antara 3-7 meter. Dibanding Sungai Serayu memang tidak ada apa-apanya, namun untuk alasan keamanan sungai ini ideal.

Untuk menantang serunya arus sungai Blimbing, anda bisa langsung mendatangi base camp Curug Blimbing Adventure (CBA) River Tubing yang beralamatkan di Jalan Raya Blambangan KM. 5 (depan barat SPBU Blambangan, Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah).

Untuk menikmati serunya river tubing ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 125.000,- dengan jarak 2 km/90 menit. Dengan biaya Rp.125.000,- tersebut, anda akan mendapatkan fasilitas, antaralain: – welcome drink, -snack, -makan, -perlengkapan tubing, -river guide, -rescue team, -transportasi. Harga yang sangat bersahabat bukan?? Jadi, tunggu apa lagi?? Rasakan sensasinya, dapatkan keseruannya!

 

3. Mangu River Tubing, Magelang

Mangu River Tubing atau Tubing di Kali Mangu merupakan salah satu destinasi wisata air terbaru dan menantang di Kota Magelang. Lokasinya berada di Desa Senden, Kec. Mungkid, Kab Magelang yang berdiri sejak awal tahun 2017.

Kali Mangu sendiri yang mana merupakan arena tempat petualangan wisata air tubing ini merupakan salah satu sungai di Kabupaten Magelang yang aliran berhulu di Gunung Merbabu. Aliran airnya sendiri melewati beberapa wilayah seperti Kec. Sawangan dan Kec. Mungkid dan berakhir menyatu dengan aliran kali Elo. Mata airnya sendiri cukup terjaga belum tercemar dengan limbah – limbah pabrik karena sumber mata air nya berasal dari aliran – aliran sungai kecil maupun mata air murni yang muncul di sepanjang tebing kali Mangu.

Mangu River Tubing sendiri dikelola secara mandiri oleh para pemuda dari Dusun Kempulan – Bangsan, Desa Senden. Lokasi start tempat memulai petualangan jeram ini berada di Dusun Sembungan, Desa Gondang sedangkan Finishnya berada di bawah Jembatan perbatasan desa Jetis dan Desa Senden.

Bagaimana Sensasinya? Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Sensasi "Ular Tubing" salah satu yang dinantikan selama perjalanan mengarungi jeram Kali Mangu

Wisatawan bersuka cita memacu adrenalin di aliran jeram Mangu River Tubing

Menikmati seluncur jeram di salah satu spot di Mangu River Tubing, membuat wisatawan ketagihan untuk mencobanya kembali

Aliran air Sungai Mangu mempunyai karakter tenang hingga sedang sehingga pastinya aman untuk dilewati. Rute yang dilaluipun cukup bervariasi sehingga kita tidak akan merasa jenuh apalagi sampai terdengar kata bosan. Terdapat beberapa spot jeram yang tentunya dapat memacu adrenalin dan menantang untuk kita jajal. Rute pengarungan tubing ini sepanjang sepanjang 2 sampai dengan 3 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 30 Menit hingga 2 jam dengan kedalaman air bervariasi antara 0.5 – 3 meter.

Sobat semua juga akan di arahkan untuk merasakan sensasi ‘Ular Tubing’ yakni semua rombongan membentuk suatu barisan seperti ular dengan memegang kaki dari personil di depannya. Selain itu ditengah – tengah perjalanan, sobat juga akan di beri semacam “salam hangat” dari para pengelola Mangu River Tubing ini yakni ban milik sobat akan di balik kan sehingga akan tercebur ke dalam sungai. Dijamin ga bakal nyesel, kalau maen ke tempat tubing yang satu ini.

Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba? Sumber ; Palingmales.com

Sepanjang perjalanan kita disuguhkan dengan hijau dan rindangnya susanan alam pedesaan seperti akar – akar pohon yang menggantung di beberapa spot sungai. Terdapat pula beberapa aliran air terjun kecil / mini waterfall yang berasal dari mata air yang keluar dari sepanjang tebing aliran sungai Mangu tentunya akan menambah suasana mengasyikan. Wisatawan juga akan dipandu melewati hijaunya terowongan pepohonan bambu. Bagi para pecinta photo selfie, dijamin akan banyak menemukan spot yang cukup ciamik untuk dijadikan latar belakang perjalanan petualangan tubing di sepanjang aliran Kali Mangu ini.

Tentu saja dengan pengalaman adventure yang begitu luar biasa diiringi riuhnya suara kicauan burung, ditambah keramahtamahan dan kearifan warga sekitar pedesaan, terlebih iringan anak – anak kecil berlari riang selama kita mengikuti jalur pengarungan tubing ini, membuat siapa saja akan merasa betah untuk terus mengeksplorasi pengalaman yang luar biasa di setiap sudut aliran Mangu River Tubing.
Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?

Selama perjalanan, para wisatawan akan dipandu oleh beberapa pemandu / local guide yang berjaga di setiap jeram maupun juga ikut menemani sepanjang menikmati wahana air ini. Karena di beberapa jeram yang dilewati cukup curam sehingga pemandu bisa langsung memberikan pengamanan pada wisatawan yang sedang menikmati derasnya air tersebut.

Bagaimana Fasilitas & Peralatan Keamanannya?

Tak perlu khawatir. Selama perjalanan mengarungi lika – liku derasnya aliran air sungai Mangu. Kita dibekali dengan baju pelampung / body protector dan helm khusus sebagai pelindung kepala dari batu – batuan sungai. Begitu pula dengan ban sebagai sarana kita buat mengarungi aliran air sungai juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga nyaman dan pastinya aman untuk dinaiki.
Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Image : Keamanaan dan keselamatan wisatawan adalah prioritas utama. Para guide selalu siap mengawal dan memandu perjalanan petualangan sobat selama berada di Mangu River Tubing

Untuk menuju spot lokasi awal tubing rekan – rekan dibawa menggunakan angkutan sejenis mobil bak terbuka atau pickup. Jadi untuk peralatan pribadi lainnya seperti tas, baju jaket, sandal, dompet, handphone bisa dititipkan di basecamp tubing terlebih dahulu.

Para guide lokal pun tentunya sudah profesional dan pastinya sudah berkoordinasi dengan beberapa orang di bagian hulu sungai, bilamana di bagian hulu terjadi banjir atau hujan lebat maka kegiatan tubing akan dihentikan atau di pending menunggu hingga kondisi aliran air dan cuaca membaik.
Udah Ga Sabar Buat Merasakan Sensasinya?

Jika sobat sedang liburan di kawasan Magelang dan sekitarnya sangat direkomendasikan buat menikmati spot wahana air yang super murah meriah ini. Harga untuk menikmati permainan air Di Mangu River Tubing cukup terjangkau, pengelola hanya mematok harga Rp 25.000 per orang ketika weekend (Sabtu & Minggu) dan Rp. 20.000 per orang (Hari kerja Senin – Jumat) tanpa kudapan dan makan.

Disarankan melakukan konfirmasi terlebih dahulu / reservasi booking beberapa hari sebelum berwisata di Mangu River Tubing. Setidaknya dalam satu rombongan terdapat minimal 5 orang untuk dapat menikmati wisata air ini. Karena khususnya di Hari Weekend seperti Sabtu & Minggu akan sangat ramai. Untuk reservasi, booking, pemesanan atau tanya – tanya bisa menghubungi kontak person dibawah ini.
Informasi Reservasi Booking dan Kontak Person Pengelola.

Lokasi Basecamp : Jl. Candimulyo Km 01, Dusun Kempulan, Desa Senden, Kec. Mungkid, Kab. Magelang.

Alamat: Jalan Candimulyo KM 01, Kempulan, Senden, Mungkid, Senden, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512. Kontak pengelola di nomor Aditya 0856-0150-6030. Jam buka pengelola setiap hari dari pukul 7.00 hingga pukul 17.00
Jika anda berada di Jl. Raya Jogja – Magelang silahkan menuju Perempatan Blabak. Masuk yang ke arah objek wisata ketep Pass. Sekitar 500 meter dari perempatan Blabak anda akan menemui Masjid Nursalim di sebelah kanan jalan dan menemui pertigaan Sanggrahan. Dari pertigaan Sanggrahan belok kiri ambil jalur ke Jl. Candimulyo. Jalan lurus sekitar 500 meter sebelah kanan jalan anda akan menemukan basecamp Mangu River Tubing.

Wisatawan : 1 Rombongan min. 5 Orang. Usia min. 10 Tahun.
Instagram : @mangurivertubing

4. Mbelan River Tubing, Magelang

Lokasinya sangat mudah di jangkau. Dari pertigaan Blabak Mungkid ke arah kiri atau arah obyek wisata Ketep Pass sekitar 10 km. Atau bisa juga dari jalur Solo-Selo Boyolali ke arah barat hingga pertigaan Tlatar ke arah barat, maka akan tiba di base camp Mbelan River Tubing.

Mbelan River Tubing merupakan destinasi wisata baru di lereng Gunung Merapi Kabupaten Magelang. Baru di buka November 2014 lalu, namun langsung mendapat respon luar biasa dari wisatawan.

Pada umumnya, wisatawan ingin merasakan sensasi tubing menyusuri aliran irigasi yang biasa untuk mengaliri areal persawahan. Memang, daerah ini sangat berlimpah dengan air. Jangan berpikiran saluran irigasi ini penuh dengan kotoran. Saluran ini sangat bersih bahkan warga setempat kini sangat menyadari pentingnya menjaga kebersihan irigasi semenjak obyek wisata ini di operasionalkan.”Kita sekaligus mendidik masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan irigasi,” kata Kades Krogowanan, Sugiyono yang sangat mensupport berdirinya Mbelan River Tubing.

Sugiyono mengatakan, Mbelan Riber Tubing dikelola oleh karang taruna Krogowanan. Wahana ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung jalur wisata Ketep Pass, serta diharapkan dapat menopang perekonomian penduduk setempat dan menambah pendapatan asli dusun maupun desa Krogowanan.

Para pemuda Krogowanan menangkap peluang adanya wisata alternatif selain Ketep Pass yang menawarkan gardu pandang untuk melihat keindahan gunung Merapi dan Merbabu. Mbelan River Tubing merupakan satu-satunya kelompok penyedia jasa wisata tubing irigasi tersebut.

Persiapan tubing di base camp Mbelan River Tubing di dusun Krogowanan desa Krogowanan Sawangan atau Jalan Tembus Blabak Boyolali Kabupaten Magelang. (foto-foto: ch kurniawati)

Narsis dulu di depan bendungan Tlatar Krogowanan Sawangan sebelum bertubing. (foto-foto: ch kurniawati)

Santai bertubing di aliran irigasi bendung Tlatar. (foto-foto: ch kurniawati)

Wisatawan akan, merasakan sensasi jeram di aliran irigasi bendung Tlatar Krogowanan. Para kru siap memberi keamanan dan rasa aman. (foto-foto: ch kurniawati)

Wisatawan merasa gembira setelah berhasil melewati jeram di aliran irigasi Tlatar Krogowanan. (foto-foto: ch kurniawati)

Sensasi yang dirasakan saat bertubing menyusuri aliran irigasi, kita akan dibawa dengan arus yang deras menyusuri dusun-dusun di wilayah ini. Disaat menyusuri dusun-dusun ini, maka kita akan disambut oleh senyum ramah para penduduk desa juga anak-anak kecil yang kadang ikut berlari mengikuti para wisatawan yang bertubing.

Nyali kita diuji saat tubing dibawa arus deras saluran irigasi bendung Tlatar yang lebarnya hanya sekitar 2 meter atau lebih sempit dari sungai. Jangan dikira tempat ini tidak ada jeramnya, justru jeram disini sangat banyak, bahkan kita harus melewati jembatan yang sangat rendah. Sehingga disaat melintasi jembatan ini, kita harus merebahkan kepala atau teknik tertentu agar tidak terbentur. Tapi jangan khawatir, disini ada kru yang setiap saat siaga menjaga keamanan dan kenyamanan wisata dalam bertubing. “Kita tetap utamakan safety. Anak-anak juga banyak yang sudah ikut tubing untuk rute ini,” imbuh Sutejo, Ketua kelompok Mbelan River Tubing sebagaimana dikutip KabarMagelang.com.

Sutedjo menjelaskan, ada dua rute yang ditawarkan bagi wisatawan. Rute pertama merupakan rute bagi pemula karena jarak lebih pendek sekitar 2 kilometer, kedalaman sekitar 1 meter dan dapat ditempuh sekitar 30 menit. Rute ini dimulai dari bawah Jembatan Tlatar menyusuri beberapa Dusun antara lain Dusun Karangrejo-Nglumut, lalu melingkari Dusun Krogowanan dan berakhir di Dusun Talaman. Untuk rute ini, wisatawan membayar Rp30 ribu/orang.

Sedangkan rute kedua, merupakan rute ekstrim, lokasinya berada di bawah Sungai Pabelan. Sungai ini merupakan salah satu sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Jarak rute ekstrim sekitar 2,5 kilometer yang dapat ditempuh sekitar 1 jam. Disebut rute Ekstrim, karena arus rute ini lebih kencang berikut tantangan yang lebih banyak dibanding rute pemula. Dimulai dari bawah jembatan Tlatar, melawati Dusun Talaman dan berakhir di Pasar Tumpang. Tantangan yang akan dihadapi adalah banyaknya jeram serta batu-batu di sungai yang lebar.

Lagi-lagi, wisatawan tidak perlu khawatir karena kru yang mendampingi sudah profesional yang selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan. Sebelum bertubing, wisatawan diwajibkan untuk melakukan pemanasan dan harus mengenakan perlengkapan keamanan seperti helm, pengaman siku dan lutut. Untuk rute ini, harga yang dipatok juga sangat terjangkau hanya Rp50 ribu/orang.

Meski harga paket berbeda, namun wisatawan akan mendapat menu yang sama usai bertubing, yakni snack, jamu tradisional, madu, wedang jahe dan nasi kuning. Yang membedakan hanya rute irigasi dan ekstrem.

Tejo menuturkan, seluruh kru yang memandu tubing merupakan para pemuda Dusun setempat. Mereka berasal dari bermacam-macam latar belakang, ada pelajar, petani, pedagang, karyawan dan sebagainya. Kendati demikian mereka telah terlatih untuk menjadi pemandu tubing profesional.

Pria yang berprofesi sebagai pedagang buah dan petani ini mengaku, ide pendirian wahana tubing ini bermula saat ia menyaksikan Youtube terdapat wahana serupa di Bali. “Saya pikir kenapa wahana serupa tidak dibuat disini, karena disini sangat berpotensi dan tidak kalah menarik dengan Bali. Maka saya sampaikan ke pak Kades yang ternyata sangat merespon,” katanya.

Ide ini juga disampaikan ke karang taruna setempat dan ternyata para pemudanya sangat mendukung. Setelah dilakukan ujicoba dan belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman dibidang tubing, maka Mbelan River Tubing di buka untuk umum.

 

5. Muncul River Tubing

Lokasinya di Dusun Muncul, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Banyubiru, Rowoboni, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah 50664. Dikelola oleh Muncul Outbond
Telepon: (0298) 6052118
Berikut adalah jadwal buka nya :
Sabtu     07.30–16.00
Minggu 07.00–16.00
Senin     08.00–16.00
Selasa    08.00–16.00
Rabu      08.00–16.00
Kamis    08.00–16.00
Jumat    08.00–16.00

Menikmati sungai kecil dengan pemandangan sawah

Persiapan. River Tubing biasa dilakukan berkelompok. Keseruannya dan kebersamaannya tidak kalah dengan arung jeram

Tips River Tubing

1. Jika Anda akan melakukan River Tubing secara kelompok, tentukan suatu tempat bertemu/ berkumpul untuk berangkat bersama-sama ke lokasi wisata sungai ini. Rencanakan untuk berangkat dan datang lebih awal dari jadwal acara kegiatan.

2. Banyak tempat-tempat tubing yang menyediakan perlengkapan ban dan aksesoriesnya untuk anda sewa. Jika Anda berencana untuk menyewa, anda harus membawa uang tunai dan KTP atau SIM. Banyak tempat river tubing di Indonesia yang tidak menerima pembayaran secara gesek kartu debet ataupun kartu kredit.

TUBING, di Amrik sana harus memenuhi standar keselematan. Ada pegangan di kanan kiri, berupa tabung ban karet yang baru, bahkan ada model double tubing untuk bertubing secara berpasangan dan aneka model untuk kenyamanan. Kita di sungai2 Indonesia sudah harus puas melakukan river tubing memakai BAN BEKAS …

3. Jika Anda membawa ban Anda sendiri, sebaiknha Anda membawa juga pompa udara bertenaga 12-volt DC untuk mengisi dan mengempiskan ban karet Anda di lokasi wisata tubing, karena Anda akan lebih HEBOH repotnya jika membawa ban ban tersebut dalam kondisi mengembang/ sudah terisi angin dari rumah, dan akan lebih heboh lagi jika Anda harus mengisi angin dengan tiupan mulut Anda ….. 😀😀 secara maual.

4.. Jika disediakan tempat penyimpanan di lokasi tubing, tinggalkan semua barang berharga di loker atau di tempat layanan simpan yang disediakan penyelenggar. Jangan membawa barang-barang berharga Anda – karena sungai bisa menelan barang2 Anda tersebut !! Kunci mobil/ motor, perhiasan berharga, kacamata mahal, arloji, iPod dan ponsel adalah jenis barang yang mudah terlepas ketika Anda berada bersama air sungai yang mengalir deras. Jika Anda benar-benar harus merasa harus membawa barang2 tersebut, tempatkanlah dalam kantong plastik yang kemudian diamankan dalam wadah plastik tertutup, wadah tahan air khusus yang dirancang untuk melindungi barang2 berharga Anda..

5. Gunakan dan terapkan kembali sunblock sesering mungkin !! Anda akan berada di bawah sinar matahari untuk jangka waktu yang panjang dan tidak ada reruntuhan hari lebih cepat daripada sengatan matahari. Lip balm atau pelembab bibir adalah hal yang penting juga untuk Anda bawa dan gunakan. Bibir pecah-pecah setelah bersenang-senang bersama air tentu tidak menyenangkan.

6. Bawalah dan gunakan topi dan kacamata hitam yang berharga murah.. Pastikan untuk tidak memakai Raybans favorit Anda atau topi floppy yang mahal. Ini untuk meringankan perasaan anda jika nantinya kehilangan salah satu atau keduanya dalam perjalanan river tubing Anda. Ada baiknya menggunakan topi dan kacamata bertali yang bisa diikatkan atau digantungkan di leher Anda.

River Tubing memerlukan persiapan dan perlengkapan yang baik agar terjaga keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan menyusuri arus sungai. Bahkan jika arus sungai hanya kecil atau tenang, tetap dibutuhkan persiapan dN perlengkapan yang baik.
River Tubing memerlukan persiapan dan perlengkapan yang baik agar terjaga keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan menyusuri arus sungai. Bahkan jika arus sungai hanya kecil atau tenang, tetap dibutuhkan persiapan dN perlengkapan yang baik.

7. Pakailah sepatu air atau sepatu tua. Dasar sungai tak kenal ampun dan dapat benar-benar berbahaya bagi kaki Anda. Sandal jepit terlalu mudah untuk jatuh dan hilang sepenuhnya. Terus NYEKER sesudah acara selesai karena kehilangan sandal di akhir acara … 😀 pasti tidak menyenangkan.

8. Membawa pakaian pengganti yang kering dan bersih. Lakukan mandi di kamarmandi air bersih setelah selesai acara tubing. Jika tidak membawa pakaian pengganti, Anda akan sangat basah dan akan membasahi rumah Anda juga, pakaian basah dari sungai akan berbau tidak menyenangkan. Bawalah kantong plastik untuk menyimpan barang-barang Anda yang basah dalam perjalanan pulang.

9. Anda dapat menikmati minuman dan makanan ringan sepanjang perjalanan tubing Anda di sungai yang erusnya tenang. Jangan lupa membawa tas kantong untuk sampah Anda. SUNGGUH TIDAK KEREN JIKA ANDA MEMBUANG SEMBARANG SAMPAH DI SEPANJANG SUNGAI yang telah memberi Anda kesenangan ini. Bahkan di beberapa negara Anda dapat menerima denda jika melakukannya.

10. Jika ban pelampung Anda tidak memiliki pegangan built-in, Anda mungkin perlu membawa beberapa koozies minuman atau wadah minuman yang bisa mengambang bersama laju ban pelampung Anda 😀

11. Bawalah makanan ringan ..! Anda akan merasakan lapar selama perjalanan di sungai, jadi pastikan untuk membawa beberapa kesukaan yang bisa dimakan. Pikirkan dengan hati-hati tentang makanan apa yang Anda akan bawa. Makanan akan sangat mudah terciprat air, menjadi basah dan bahkan basah kuyup.

12. Jangan membawa wadah gelas atau styrofoam. Kaca sekadar berbahaya dan styrofoam dapat cenderung jatuh melayang dan membuat kekacauan sampah sembarangan pada sungai.

13. Anak-anak yang ikut river tubing harus mengenakan jaket pelampung. Bahkan perenang yang paling percaya diri pun bisa mendapat masalah ketika anda menekan patch air dan bergerak cepat diatas sungai. Anak-anak bahkan juga orang dewaa akan lebih merasa dengan adanya pelampung. Jika Anda menjelajah sungai dengan air yang beradus deras dan bergerak cepat, MEMAKAI HELM akan menjadi ide yang baik juga.

14. Minumlah air yang banyak …. !! Walau sedang berada diatas sungai, Anda akan sangat mudah untuk mendapatkan dehidrasi karena Anda berada di bawah sinar matahari, bahkan jika Anda hanya mengambang bersama arus sungai yang tenang….., jadi pastikan untuk membawa air dan minum air tersebut dalam perjalanan river tubing Anda.

One Response
  1. author

    desaklaten7 days ago

    ijin share ya di blog kami desaklaten.com

    Reply

Leave a reply "Ini Daftar Lokasi River Tubing Paling Seru di Jawa Tengah"