Berwisata Asyik ke Kota Solo

by
Taman Sriwedari. (Foto: Wisna Atika)

SOLO, Jatengkita.id – Kota Surakarta, yang lebih terkenal dengan nama Kota Solo, merupakan kota kecil yang berada di tengah Provisini Jawa Tengah. Untuk kamu yang belum pernah ke Solo? Sempatkanlah , mengunjungi kota ini. Kota yang dikenal dengan kearifan sejarah dan budaya, kuliner, dan orang-orang yang ramah, santun, dan sangat lembut dalam berbicara.

Wisata di Solo dan sekitarnya layak buat dicoba. untuk penginapan, ada banyak hotel di Solo, mulai dari yang murah sampai yang berkelas bintang lima. Sebelum berangkat ke Solo,apa saja wisata yang bisa dikunjungi di Kota Solo ini?

Berikut beberapa destinasi wisata yang cocok bersama keluarga, teman teman, ataupun sekadar jalan jalan.

1. Taman Balekambang

Festival Payung di Taman Belakambang. (Foto: Dok Jatengkita)

Taman Balekambang adalah taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Oleh karena itu, dua patung dari putri ini juga diletakkan di dalam taman. Taman balekambang beralamat di Jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari.

Disini kalian bisa duduk santai sembari bermain dengan rusa, memberi makan rusa dengan sayuran. Sudah tersedia kok sayuran nya, cukup membeli kangkung ataupun wortel, bisa foto sambil memberi makan rusa. Bisa jadi tempat edukasi dan piknik bersama keluarga.

2. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah sebuah kompleks taman e ABR di Kecamatan Lawiyan, Kota Surakarta. Sejak era Pakubuwana X, Taman Sriwedari menjadi tempat diselenggarakannya tradisi hiburan Malam Selikuran. Sriwedari juga pernah menjadi lokasi penyelenggaraan PON I pada tahun 1948. l. Beralamat di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan.

Taman Sriwedari. (Foto: Wisna Atika)

Disebelah taman sriwedari, tepatnya dipinggir jalan juga terdapat pohon yang rindang, dan terdapat jajanan. Bisa duduk dibawah pohon sembari menikmati cemilan. Hmm bisa dibayangin sepoi sepoi gimana gitu kan?

Disini juga terdapat spot foto yaitu bisa dibilang ikon Kota Solo. Ya, tulisan “I LOVE SOLO” bisa selfie dan share di Instagram kalian, kalau kalian sudah pernah main di Kota Solo. Menarik bukan?

3. Pasar Triwindu

Anda suka barang antik? Disinilah tempatnya anda mencari koleksi atau barang barang antik. Banyak sekali barang barang antik yang bisa anda dapatkan disini. Selain bisa membeli barang barang antik, disini juga bisa untuk hunting foto atau pun prewedding.

Pasar Triwindu Solo. (Foto: Wisna Atika)

Tetapi tetap hati hati ya, karena tempatnya antar ruko sempit dan sangat terbatas untuk bergaya, banyak barang barang yang mudah pecah. Lokasi pasar Triwindu ini berada di Jalan Gatot Subroto, Keprabon, Banjarsari.

4. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana atau Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Beralamat di Baluwarti, Pasar Kliwon. Lokasinya tidak jauh dari Pasar Klewer.

Keraton Surakarta ini merupakan sebuah kerajaan jawa yang memerintah beberapa abad yang lalu, dan keraton ini sudah menjadi Ikon Kota Solo. Tempat ini sangat cocok untuk belajar mengenal sejarah tanah jawa dengan atribut museum.

Selain itu, tempat ini sangat bagus buat rombongan pelajar melihat situs budaya Kraton Solo. Dan bisa jadi tempat jalan-jalan bareng dengan keluarga. Tempat ciamik untuk hunting foto juga lho. Disekitaran keraton banyak juga yang jual berbagai macam jajanan.

5. Wisata Kereta uap di tengah kota

Bagaimana rasanya naik sepur uap kuno dengan asap yang mengepul di udara dan suara tuutt.. tuutt.. yang khas? Rasa penasaran kamu akan segera terjawab oleh Sepur Kluthuk Jaladara.

Lokomotif buatan Jerman pada 1896 ini masih aktif beroperasi sebagai sepur wisata. kereta ini bisa kamu temukan di Kota Solo loh. Pengoperasian kereta tersebut bila dulu ada jadwal khusus. Yakin sabtu dan minggu, atau kadang menunggu hingga jumlah penumpang tertentu baru bisa dioperasikan, tapi kini berbeda.

Diatas merupakan salah satu contoh dari sekian banyak wisata yang ada di Solo. Wisata rekomendasi untuk kalian yang main di Solo hanya sekedar jalan-jalan ataupun piknik bareng dengan keluarga.

Tetap jaga kebersihan lingkungan sekitar dan jangan merusak apapun yang ada di tempat tersebut yaaa? Jadi, yuk main ke Kota Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *