Jendral Soedirman Ternyata Lahir di Rembang Purbalingga

by
Pengunjung sedang melihat relief Jenderal Soedirman

PURBALINGGA, Jatengkita.id – Siapa yang tak kenal Jenderal Soedirman. Beliau adalah pejuang nasional yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Sangking besar namanya, sampai-sampai banyak kota di penjuru negeri ini mengabadikan namanya sebagai jalan utama.

Tak heran karena Soedirman adalah panglima terbesar dalam sejarah revolusi dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sebagai seorang Panglima Besar, Jenderal Soedirman dikenal sebagai pejuang perang gerilya yang disegani kawan dan ditakuti lawan.

Lahir di Rembang Purbalingga, dengan nama Soedirman pada tanggal 24 Januari 1916 hari Senin Pon, dalam kalender jawa bertepatan dengan tanggal 18 Maulud 1846 Wuku gulungan.

Oleh karena itu, dapa masa pemerintahan Bupati Purbalingga Goentoer Darjono membangun sebuah monumen di tempat kelahiran Jenderal Soedirman.

Monumen tersebut molai dibangun pada tanggal 6 Februari 1976 ini sebagai “tetenger” tanda pengingat dan juga penghargaan atas jasa-jasa perjuangan beliau dalam menegakkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rumah berbentuk joglo dengan dinding yang terbuat dari anyaman bambu berdiri ditengah-tengah kompleks menumen, hampir seluruh bagiannya mengalami pemugaran dengan material baru. Meskipun bentuk dan posisi rumah tetap dipertahankan.

Selain rumah kelahiran Soedriman, di lokasi itu juga terdapat perpustakaan, masjid dan aula yang berfungsi sebagai gedung serbaguna. Pada hari biasa tidak banyak pengunjung yang datang ke museum, para pelajar yang tengah mencari tugas tentang sejarah lahirnya Pangsar Soedirman.

Di museum tertulis amanat atau pesan Soedirman. ‘Janji sudah kita dengungkan, tekad sudah kita tanamkan, semua ini tidak akan bermanfaat bagi tanah air kita, apabila janji dan tekad ini tidak kita amalkan dengan amalan yang nyata’. (Amanat Pangsar Jenderal Soedirman tanggal 7 Juni 1946).

Di museum juga ada diorama Soedirman sejak lahir hingga perang gerilya.
Diorama ditampilkan suasana kelahiran bayi Soedirman dengan digendong oleh ibunya dan disambut oleh masyarakat.

About Author: Pratama Widodo

Gravatar Image
Bercerita lewat gambar dan tulisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *