Menikmati Pagi di `Peler` Waduk Mrica

by

BANJARNEGARA, Jatengkita.id – Orang setempat menamai tempat ini dengan kata `PELER`. Bendungan Jenderal Soedirman atau dikenal dengan Waduk Mrica adalah salah satu wisata alam di Banjarnegara yang menyuguhkan air, sekaligus perbukitan dan aktifitas nelayan atau petani.

Waduk Mrica di Banjarnegara adalah sebutan populer bagi Bendungan PLTA Panglima Besar Sudirman yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Waduk Mrica dibuat dengan membendung Kali Serayu, mengubur 32 desa subur di 7 kecamatan, termasuk siphon cantik peninggalan Belanda yang menjadi bagian ingatan masa kecil saya.

Waduk Mrica tercatat memiliki panjang 6,5 Km, terpanjang di Asia Tenggara, dengan luas waduk 1.250 Ha. Selain sebagai pengatur dan pemasok air ke saluran irigasi untuk mengairi area persawahan di wilayah Banjarnegara, waduk ini memiliki pembangkit listrik tenaga air yang mampu memasok listrik sebesar 184,5 MW bagi daerah Jawa Bali.

Terletak di Kecamatan Wanadadi Banjarnegara. Bendungan yang telah berusia puluhan tahun lamanya adalah penyetok listrik se Jawa-Bali.

Warga sekitar, memanfaatkan waduk tersebut untuk mencari udang yang bisa dikonsumi keluarganya juga dijual untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Walaupun telah mengalami sedikit pendangkalan, semoga alam ini tetap terjaga sehingga kebermanfaatannya tidak akan terputus.

About Author: Pratama Widodo

Gravatar Image
Bercerita lewat gambar dan tulisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *