Menikmati Sensasi Lezat Pecel Pincuk Madiun

by
Gravatar Image
Ikuti Saya

Dwi Purnawan

Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.
Gravatar Image
Ikuti Saya

SAAT membicarakan nasi pecel, pasti salah satunya yang terbayang adalah pecel pincuk Madiun. Kuliner khas asli Madiun. Menurut kabar berita, karena Madiun dipercaya sebagai kota kelahiran pecel.

Sehingga, saking eratnya jargon Madiun kota pecel, di beberapa ruas jalan menuju Kota Madiun terdapat patung seorang penjual nasi pecel sedang melayani pembeli.

Sehingga tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Madiun dan tidak mampir ke warung pecel. Salah satu yang cukup legendaris adalah Depot Nasi Pecel 99. Dinamakan demikian karena terletak di Jalan Cokroaminoto nomor 99, Kota Madiun.

Saat saya berada di kawasan itu, pada Rabu (26/12/2018), suasana sedang antri-antrinya. Sambil iseng saya lihat ternyata banyak orang terkenal mengunjungi kuliner ini. Terlihat di foto yang terpampang di dinding, tokoh-tokoh sekaliber Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, Pramono Anung dan para artis ibu kota juga sempat mencicipi kuliner ini. Bahkan ceritanya Pak SBY sampai menjadikan kuliner pencel pincuk Madiun ini kuliner favorit.

Lalu apa yang membuat pecel pincuk ini begitu banyak penggemarnya? Tentu yang berbeda adalah bumbu pecelnya yang mantap. Terbuat dari resep rahasia yang diracik sendiri oleh pemiliknya sehingga tidak ada yang tau bahan apa saja yang ada di dalamnya. Saat saya merasakan, kombinasi bumbu pecel, srondeng, nasi, petai cina dan kemangi dicampur jadi satu menjadikan harmoni rasa yang luar biasa.

Pecel Pincuk Madiun. (Dok. Jatengkita)

Dalam satu pincuk nasi pecel terdiri dari nasi dan beraneka ragam sayuran hijau, tauge, taburan lamtoro (petai cina), serundeng, daun kemangi, dan disiram dengan sambal pecel yang khas. Pincuk sendiri adalah daun pisang yang ditata membentuk segitiga terbalik, dimana bagian dalamnya dijadikan tempat untuk pecel.

Biasanya, bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica dan garam. Namun menurut berbagai sumber, yang menjadikan Pecel Pincuk Madiun ini begitu lezat adalah sambalnya yang dibuat dengan resep rahasia oleh pendirinya Karyono dan Herimurti.

Untuk harga pecel pincuk, satu porsi cukup murah yakni Rp 7 ribu. Bertambah kenikmatan saat makan pecel Pincuk ini dengan berbagai pilihan lauk, seperti sate telur puyuh, babat, tempe, dan masih banyak lagi. Ada juga menu lain seperti nasi rawon, ayam penyet.

About Author: Dwi Purnawan

Gravatar Image
Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *