Pesona Taman Indonesia Kaya Ex-Taman KB Semarang

by

SEMARANG, jatengkita.id – Warga Semarang dan sekitarnya pasti tak asing lagi dengan Taman KB. Taman yang berada di seberang gerbang SMA 1 Semarang ini setiap hari ramai dipadati pengunjung. Selain biasa digunakan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai acara, taman dengan banyak pohon tersebut juga menawarkan wisata kuliner khas Semarang. Warung tenda berjejer di sekitar taman, menawarkan makanan khas Semarang mulai dari Tahu gimbal sampai makanan ala Negeri gingseng dan Negeri Sakura.

Kini, Taman KB telah disulap menjadi Taman Indonesia Kaya dengan konsep yang jauh lebih modern, menarik dan bermanfaat untuk masyarakat. Taman hasil kerjasama Pemkot Semarang dengan CSR Djarum Foundation tersebut telah diresmikan pada Oktober lalu. Peresmian dilakukan oleh Walikota Semarang dan dihadiri wakil walikota serta perwakilan dari Djarum Foundation.

Sumber: ANTARA Jateng

“Tujuannya untuk mempercantik Kota Semarang. Semua telah melewati kajian dengan proses panjang, hingga akhirnya terwujud pembangunan Taman Indonesia Kaya,” kata Hendi, Walikota Semarang.

Selain itu, Pemkot Semarang juga menggalakkan pembangunan taman di berbagai wilayah di Kota Semarang. Hal ini dalam rangka merealisasikan program pemerintah yaitu Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat). Program Germas dicanangkan secara nasional melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Salah satu yang mendukung kegiatan Germas adalah pembangunan taman/open space yang bermanfaat dan bisa menjadi sarana olah fisik masyarakat sekitar.

Taman yang berada di Jl. Menteri Supeno ini merupakan taman dengan panggung terbuka pertama di Jawa Tengah. Hal ini disampaikan oleh Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian yang menghadiri peresmian bersama wali kota dan wakil walikota Semarang.

Destinasi baru yang dibangun Pemkot Semarang dan Bakti Budaya Djarum Foundation itu cukup luas mencapai 5000 meter persegi. Sejumlah fasilitas menarik dihadirkan untuk memanjakan para seniman serta masyarakat secara gratis. Mulai dari panggung terbuka berukuran jumbo dengan berbagai fasilitas pendukung seperti ruang make-up ber AC. Daya tampung kawasan ini mencapai 1000 penonton. Kabarnya, akan diadakan gelaran budaya secara rutin di panggung tersebut.

Sumber: IDNTimes

Paling menarik diantara lainnya adalah adanya dancing fountain atau air mancur menari. Air mancur yang dilengkapi warna-warni dari lampu LED ini akan menari mengikuti irama lagu yang dimainkan berupa lagu perjuangan Indonesia yang dijadwalkan akan menyala pada pukul 19.00 – 20.00 dan hingga pukul 21.00 di akhir pekan.

Seperti halnya Taman KB yang dilengkapi dengan pepohonan sebagai sumber oksigen di tengah kota Semarang, taman Indonesia Kaya juga tetap mempertahankan hal ini. Jadi, jika ingin sekadar menikmati udara sejuk di siang hari yang panas di Semarang, taman ini cukup direkomendasikan.

Jika hanya ingin berjalan bersama keluarga pun, bisa datang ke taman ini. Anak-anak bisa bermain di arena bermainnya. Sekadar untuk membaca buku atau mengerjakan tugas kuliah di tempat dengan suasana baru juga cocok.

Selain itu, berbagai sisi Taman Indonesia kaya juga didesain sedemikian rupa agar mengikuti konsep kekinian yang instagramable dan menarik pengunjung dari kalangan milenial. Mural, patung, dan berbagai ornamen dibuat supaya cantik dan menarik untuk difoto dan ditampilkan di media sosial. Jadi, buat Sedulur warga Semarang dan sekitarnya, sudah mampir ke Taman Indonesia Kaya belum? Yuk, berkunjung dan beraktivitas di taman, serta selalu menjaga kelestarian taman di sekitar kita.

Buat Sedulur dari luar kota Semarang, sempatkan untuk berkunjung ke taman ini, ya jika berwisata ke Kota Semarang dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *