10 Bahan Alami Hilangkan Bekas Luka di Kulit

Bahan Alami Hilangkan Bekas Luka di Kulit (FOTO : iStockphoto)

Jatengkita.id – Bekas luka di kulit seringkali membuat kita merasa risih. Baik luka karena terjatuh, tergores, tersandung, dan lain sebagainya. Ingin menghilangkannya? Apa saja bahan alami yang efektif hilangkan bekas luka tersebut?

Luka yang disebabkan aktivitas harian semacam ini bisa jadi memicu bekas luka yang butuh waktu lama agar bisa hilang.

Untungnya, ada cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami yang bisa diandalkan. Akan tetapi menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami bisa menjadi proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran.

Sebelum menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkan bekas luka, perlu diperhatikan bahwa ketika memiliki luka diperlukan perawatan untuk mencegah infeksi, komplikasi, dan meminimalisir adanya bekas luka, serta menjaga luka tetap lembut selama proses penyembuhan dapat membantu meminimalkan bekas luka.

Biasanya dilakukan dengan cara penggunaan salep antibiotik yang dioleskan pada tahap awal penyembuhan, sehingga akan menjaga kulit di sekitar luka tetap lembut dan lentur.

Setelah luka cukup sembuh dan tidak ada risiko infeksi, salep antibiotik dapat diganti dengan bahan alami untuk menghilangkan bekas lukanya.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat membantu memudarkan atau menghilangkan bekas luka:

  1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya mengandung zat antiinflamasi dan mengandung banyak nutrisi yang membantu mempercepat penyembuhan luka. Potong gel lidah buaya dan oleskan langsung pada bekas luka. Setelah sekitar 30 menit bersihkan gel dengan air dingin. Ulangi pemakaian aloe vera ini dua kali setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi peradangan. Oleskan sedikit minyak kelapa pada bekas luka dan pijat lembut selama beberapa menit.

Baca Juga Punya Masalah dengan Jerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya 

3. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengurangi warna gelap pada bekas luka. Oleskan jus lemon segar pada bekas luka dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, khususnya area wajah. Namun, tidak hanya itu, ternyata jeruk nipis ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Hal tersebut karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam jeruk nipis yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, serta mengembalikan elastisitas kulit.

Akan tetapi, ketika menggunakannya, akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan cahaya matahari. Jadi, jangan terlalu sering dalam menggunakan jeruk nipis pada kulit yang terdapat bekas luka.

Cukup digunakan seperlunya dengan mengoleskan jeruk nipis yang sudah dibelah ada bekas luka secara merata, dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan Epigallocatrchin Gallate (EGCG) atau katelin yang merupakan zat yang bersifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Zat tersebut dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti menghilangkan bekas luka. Cukup menggosokkan ampas teh hijau pada bekas luka secara lembut dan rutin setiap hari.

6. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu dalam proses penyembuhan dan memudarkan bekas luka. Oleskan madu pada bekas luka dan diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air.

7. Minyak Rosehip

Minyak rosehip kaya akan antioksidan, asam lemak, dan vitamin A, yang dapat membantu regenerasi kulit dan mengurangi bekas luka. Oleskan beberapa tetes minyak rosehip pada bekas luka dan pijat dengan lembut.

8. Minyak Jojoba

Minyak jojoba dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit serta mengurangi tampilan bekas luka. Oleskan beberapa tetes minyak jojoba pada bekas luka dan pijat dengan lembut.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki kandungan asam suksinat yang dapat mengontrol peradangan yang disebabkan oleh jerawat, selain itu, cuka sari apel  juga dapat mencegah pembentukan bekas luka. Dalam penggunaannya dapat mengoleskan ke bekas luka, dan biarkan mengering. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur dan bersihkan saat bangun pagi.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin K dan vitamin E yang baik untuk kulit. Selain kedua vitamin tersebut, minyak zaitun juga mengandung antioksidan dan asam yang tinggi yang efektif dalam menghilangkan bekas luka.

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun berguna untuk memudarkan bekas luka hitam di kaki. Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol (antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan).

Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke area bekas luka. Lakukan secara rutin, agar bekas luka perlahan memudar.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, dan beberapa bahan alami mungkin lebih cocok daripada yang lain. Jika memiliki kondisi kulit khusus atau alergi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum menggunakan bahan alami ini.

Selain itu, jaga kebersihan area bekas luka, hindari menggaruk luka, dan gunakan sunskrin untuk melindungi area tersebut dari sinar matahari langsung.

Perlu diingat pula bahwa proses menghilangkan bekas luka bisa memerlukan waktu yang cukup lama, jadi bersabarlah dalam melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *