Menuju Kota Gastro History, Kuliner Khas Salatiga ini Wajib Dicoba

  • Share

Jatengkita.id – Jawa Tengah memiliki sejumlah kota dengan wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Kota Salatiga. Mungkin dari kita jarang menjadikan Kota Salatiga sebagai tujuan wisata ketika berkunjung ke daerah Jawa Tengah karena kurang begitu mengenal nama kota tersebut. Kota Salatiga memiliki sejumlah tempat wisata menarik, seperti Desa Wisata Tingkir Lor, pendakian Gunung Merbabu, wisata Kopeng, D’Emmerick, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini Kota Salatiga diusulkan menjadi Kota Gastro History bersama dengan Kota Jakarta sebagai kategori Creative Cities of Literature dalam Unesco Creative Cities Network (UCCN) 2021. Menurut Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO, dipilihnya Kota Salatiga sebagai Kota Gastro History karena Salatiga dinilai memiliki berbagai potensi pendukung, salah satunya kuliner legendaris dan berkualitas baik.

Dilansir dari Kumparan, Menteri Pariwsata Ekonimi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa, Kota Salatiga merupakan kota dengan pusat gastronomi utama di Nusantara, seperti Pusat Studi Tempe, Pusat Dinamika Usaha Mikro & Kecil (CEMDES) dan Program Studi Teknologi Pangan. Guna mewujudkan hal tersebut, Sandiaga Uno juga meminta kepada pemerintah daerah agar meningkatkan kualitas makanan lokal menjadi lebih baik lagi.

Wali Kota Salatiga Yulianto sebagaimana dikutip dari Cakram.com menyampaikan bahwa, pemerintah kota Salatiga akan berfokus untuk mengangakat makanan olahan dari singkong sebagai makanan khas dari Salatiga. Menurut Yuliyanto, partisipasi masyarakat dan UMKM khususnya di dalam bidang industri makanan olahan singkong telah memberikan banyak kontribusi aset mencapai Rp 15 miliar per tahunnya.

Jika Anda berkunjung ke Kota Salatiga ada banyak kuliner menarik dan legendaris yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke Kota Salatiga, diantaranya yakni,

  1. Sate Sapi Suruh
Foto : Kulinerku Salatiga

Sate sapi suruh menjadi salah satu kuliner sate unik karena memakai daging sapi yang sangat jarang digunakan dalam olah sate di daerah lain. Selain itu, keunikan sate ini adalah karena sate disajikan dengan disiram bumbu rempah khas berwarna kekuningan. Sate sapi suruh juga memakai bumbu kacang kuning alami berbeda dengan bumbu sate kebanyakan yang memiliki warna bumbu kacang cokelat. Rasanya yang lezat dan empuk menjadikan sate sapi suruh sebagai kuliner paling laris di Kota Salatiga.

2. Gecok Kambing

Foto : inibaru.id

Bagi Anda pecinta kuliner olahan daging kambing, Anda wajib mencoba gecok kambing khas Salatiga ini. Gecok kambing sendiri sekilas mirip dengan rawon atau tongseng, namun olahan daging kambing ini memiliki ciri khas dengan ditambahkannya kelapa sangrai kedalam bumbunya.  Pada awalnya makanan ini ditemukan di Desa Tlogo yang merupakan perbatasan diantara Semarang dan Salatiga.  Namun kini, makanan tersebut menjadi salah satu makanan khas dari Kota Salatiga.

3. Soto Ayam Esto

Foto : Anggunn’s Diary

Seperti kebanyakan daerah di Indonesia, Salatiga juga memiliki kuliner soto legendaris, soto ayam esto. Soto ayam ini sudah ada semenjak tahun 1953 dan menjadi favorit masyarakat Salatiga. Soto ayam esto hampir sama dengan kebanyakan soto ayam di daerah lain, namun yang membedakannya adalah kuah soto yang lebih kental  dan juga wangi serta rempah yang begitu kuat.  Kuah soto dipadukan dengan santan kelapa sehingga kuahnya lebih kental daripada soto kebanyakan.

4. Enting-enting

Enting-enting merupakan salah satu camilan ringan khas Kota Salatiga. Camilan ini berasal dari kacang tanah yang disangrai terlebih dahulu kemudian ditumbuk kasar lalu disiram dengan gula cair dan dikaramelisasi. Kemudian jika sudah mengeras akan dicetak dengan bentuk segitiga atau kotak memanjang. Enting-enting bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Salatiga untuk dibawa pulang ketika Anda berkunjung ke kota ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *