7 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jawa Tengah

  • Share

Jatengkita.id – Terkenal dengan tempat wisatanya yang memesona, Jawa Tengah juga merupakan salah satu tempat tujuan bagi para pelajar untuk menimba ilmu. Tak heran jika sekolah hingga perguruan tinggi menjamur di sana. Mulai dari perguruan tinggi negeri hingga swasta pun ada. Menawarkan beragam program studi yang berguna untuk menunjang pengingkatan kualitas sumber daya manusia. Ada apa saja?

  1. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki akreditasi A. Hal tersebut berdasarkan SK BAN-PT Nomor 1485/SK/BAN-PT/Ak-Surv/PT/V/2017, berlaku sejak 20 Desember 2016 hingga 20 Desember 2021.  Lokasinya berada di Jl. Imam Bonjol No. 207, Pendrikan Kidul Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131. UDINUS mempunyai 5 fakultas yang dimulai dari jenjang Diploma, Strata Satu, dan Pascasarjana. Untuk keterangan yang lebih detail, bisa langsung kunjungi www.dinus.ac.id

2. Universitas Islam Sultan Agung

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) merupakan universitas yang tertua dan terkemuka di Jawa Tengah. Universitas ini telah menyandang World Class Islamic University dan perguruan tinggi swasta berakreditasi A berdasarkan BAN-PT. Selain itu UNISSULA juga terakreditasi internasional oleh Accreditation Service for International Colleges (ASIC) UK dan The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow (ABEST21).

UNISSULA lokasinya berada di Jl. Kaligawe Raya KM 4, Terboyo Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50112. Untuk saat ini mempunyai 11 fakultas dan 39 program studi yang terdiri dari jenjang D3, S1, S2, S3 hingga Profesi. Keterangan lengkapnya dapat diakses melalui www.unissula.ac.id

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah yang berakreditasi A dan masuk ke dalam 400 top university di Asia bersama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya di tanah air. UMS ini  berlokasi di Jl. A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169.

Pada mulanya UMS ini adalah IKIP Muhammadiyah Surakarta kemudian berubah namanya menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), hingga kini telah memiliki 12 fakultas serta 10 program pasca sarjana dan doktoral. Untuk alamat situs website resminya dapat diakses melalui www.ums.ac.id

4. Unika Soegijapranata Semarang

Unike Soegijapranta adalah perguruan tinggi swasta pertama di Jawa Tengah yang berhasil mendapatkan akreditasi A. Berlokasi di Jalan Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Duwur, Semarang, Jawa Tengah. Hingga saat ini Unika Soegijapranata mengelola 1 Program Studi Diploma III, 21 Program Studi Sarjana, 2 Program Studi Profesi, 8 Program Magister dan 2 Program Doktoral.

Universitas ini awalnya merupakan kelanjutan dai Universitas Katholik Indonesia Atmajaya cabang Semarang, yaang kemudian berubah menjadi Institut Teknologi Katolik Semarang pada tahun 1973. barulah pada tanggal 5 Agustus 1982, I.T.K.S ini, berubah nama menjadi Universitas Katolik Soegijapranata. Untuk situs resminya dapat diakses melalui www.unika.ac.id.

5. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berdiri pada tahun 1956 dan merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia yang memiliki akreditasi B. Untuk lokasinya terletak di Jalan Diponegoro 52-60 Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711.

UKSW telah menyediakan 15 fakultas yang kampusnya tersebar disejumlah tempat di kota Salatiga. Adapun jenjang pendidikannya mulai dari Diploma, Sarjana hingga Doktoral telah dibuka. Lebih lengkapnya bisa dikunjungi alamat websitenya di www.uksw.edu.

6. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah. Berlokasi di Jl. Raya Dukuhwaluh Po Box 202, Kabupaten Banyumas. UMP ini memiliki akreditas B dan menempati rangking 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbaik di Jawa Tengah. Selain itu, UMP juga telah berperan aktif melakukan kerjasama intenasional dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia. Banyak fakultas dengan beberapa program studi ditawarkan bahkan program profesi pun ada. Untuk lebih lengkapnya bisa diakses melalui halaman website resminya di www.ump.ac.id.

7. Universitas Semarang

Universitas Semarang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang juga diminati banyak orang. Sesuai dengan namanya lokasinya tentu terletak di Semarang, tepatnya di Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 59160.

Pada awal mulanya kampus ini bernama Politeknik Semarang namun berubah menjadi Universitas Semarang dan dikelola Yayasan Alumni Universitas Diponegoro. Dalam menghadapi tantangan global 30 persen pembelajaran di kampus ini menggunakan bahasa Inggris. Mahasiswanya juga diberikan bekal pengetahuan dan kemampuan untuk cakap dalam bidang teknologi dan informasi. Apabila kamu tertarik mendaftar atau ingin mengetahui lebih dalam Universitas Semarang ini bisa kunjungi website resminya di www.usm.ac.id.  

Yang mana kampus pilihanmu?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *