7 Pantai Indah di Jawa Tengah Ini, Wajib Kamu Kunjungi

  • Share

Tidak hanya Bali dan Jawa Timur, Jawa Tengah juga memiliki potensi wisata bahari yang mampu menopang perekonomian warganya. Dilansir dari jatengprov.go.id bahwa Jawa Tengah mempunyai 33 buah pulau – pulau kecil, sebanyak 32 tersebar di Laut Jawa dan satu pulau di Samudera Hindia, yakni Nusa Kambangan.

Selain itu di Jawa Tengah juga memiliki 331 desa pesisir yang berada di Pantai Utara serta 95 desa pesisir yang berada di Pantai Selatan. Sebanyak 172.214 orang berprofesi sebagai nelayan, kemudian 15.445 orang sebagai petanam garam dan hadir pula 8.761 unit UMKM pengolah hasil perikanan.

Potensi yang luar biasa ini tentu menjadikan suatu peluang agar bidang kelautan dan perikanan terus maju dan berkembang. Pemprov Jawa Tengah juga berupaya untuk memberikan bantuan dan pendampingan Seperti bantuan alat tangkap ikan, koperasi nelayan, UMKM, budidaya perikanan, sampai pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Program lain yang turut dilaksanakan yakni, melakukan promosi pariwisata agar menarik para wisatawan. Salah satu destinasi yang paling gemar dikunjungi wisatawan adalah pantai. Ada beberapa pantai indah nan eksotik yang patut dikunjungi. Apa saja itu?

  1. Pantai Menganti
Foto : Greatnesia.com

Apabila ingin melihat indahnya pantai yang dikelilingi bukit hijau, maka tidak perlu pergi jauh ke luar negeri. Sebab di tanah air pun ada, tepatnya di Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Untuk menuju ke sana memang harus melintasi jalur terjal serta berkelok – kelok. Namun, hal tersebut tidak akan membuat Anda menyesal karena setelah sampai di Pantai Menganti, semuanya akan terbayar lunas dengan pesona keindahan alamnya.

Jika dari pusat Kota Kebumen jaraknya sekitar 40 km, setelah itu ke arah selatan dengan perjalanan satu jam dengan rute Kebumen-Petanahan-Puring-Karangbolong-Menganti. Atau bisa juga mengambil rute Kebumen-Gombong kemudian mengikuti arah jalan ke Jatijajar. Sampai di sana pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 10.000 saja untuk menikmati keindahan Pantai Menganti.

Selain bisa menikmati keindahan pantai dan pemandangan perahu – perahu yang tertambat di dekat air lautnya, para pengunjung juga bisa menikmati santapan khas laut yang tersaji di warung atau rumah makan dekat dengan pantai ini.

2. Pantai Karang Pandan

Foto : Ngalam.co

Berkunjung ke Nusa Kambangan jangan lupa untuk mapir ke Pantai Karang Pandan. Pantai Karang Pandan ini, tepatnya terletak di Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang letaknya di sebelah timur pulau dan masih jarang dijamah oleh wisatawan. Selain itu di seberang pantai dapat melihat pulau cantik yang disebut Pulau Majethi.

Untuk rute menuju ke sana, para pengunjung harus naik perahu terlebih dahulu dari Pantai Teluk Penyu, Cilacap. Harga tarif sewa perahu di sana cukup beragam, tinggal sesuaikan dengan kantong Anda ya?

3. Pantai Bopong

Foto : Indonesia Traveler

Salah satu surganya wisata pantai di Jawa Tengah adalah Kebumen. Selain ada Pantai Menganti yang elok dikelilingi perbukitan, ternyata ada pantai lain dengan nama unik yaitu Pantai Bopong. Secara sekilas pantai ini terlihat biasa saja, seperti pantai pada umumnya. Namun nyatanya, pantai ini memiliki ciri khas yaitu adanya laguna. Laguna cantik ini berada tidak jauh dnegan bibir pantai. Laguna ini membentuk sebuah pulau mini yang terbentuk dari aliran air sungai.

Harga tiket masuk di Pantai Bopong sangat terjangkau, pengunjung hanya membayar tiket parkir Rp. 2000 saja untuk kendaraan beroda dua sedangkan untuk kendaraan beroda empat hanya Rp. 5000.

Untuk lokasinya terletak di Surorejan, Kecamatan Puring, kabupaten Kebumen. Apabila dari Kota Kebumen untuk menuju ke sana maka harus menempuh 24 km ke barat daya dan 20 km jika dari Gombong. 

4. Pantai Pecaron

Foto : Pantainesia

Bagi para penikmat suasana hening, damai dan tenang maka hal itu bisa didapatkan dengan berkunjung ke Pantai Pecaron. Pantai ini terletak di Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini memang sedikit tersembunyi dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Namun, keindahan alamanya bisa menenangkan penatnya pikiran. Perbukitan hijau yang berada mengelilinya dan suara gemericik air sungai yang bermuara di pantai ini semakin menambah keindahan di Pantai Pecaron ini.

Agar dapat menuju ke sana, pengunjung hanya mengikuti Jalan Raya Karangbolong ke Kecamatan Ayah. Sesampainya di Srati, maka carilah belokan dengan jalan yang menajak (Tanjakan Tutukan). Lalu ikuti arah petunjuk jalan hingga sampai di Pantai Pecaron. 

Hal yang menarik dari The Hidden Paradise ini adalah ketika masuk pengunjung tidak dipungut biaya melainkan hanya membayar parkir sebesar 2 ribu rupiah per motor. Pantai ini juga pernah ditayangkan di acara MTMA “My Trip My Advanture” pada tahun 2015.

5. Pantai Karang Jahe

Foto : Bara Outdoor

Kebanyakan pantai di Jawa Tengah ini berada di jalur selatan, namun siapa sangka jika di jalur pantura pun terdapat pantai juga. Pantai ini adalah Pantai Karang Jahe, yang berlokasi di Rembang. Tepatnya berada di Jl. Pantai Karang Jahe, Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Untuk menuju ke sana jika dari arah Semarang maka ambil arah jalur Pantura hingga ke Rembang. Kemudian lurus mengikuti jalan sampai menuju ke Jalan Rembang – Lasem KM 7,5 Punjulharjo. Anda akan menemukan baliho yang dipampang di sebelah kiri jalan. Adanya baliho ini sebagai tanda bahwa sudah dekat ke kawasan Pantai Karang Jahe. Jaraknya kurang lebih 800 m dari baliho.

Harga tiket masuk ke sana cukup dengan membayar biaya parkir kendaraan saja. Kendaraan roda dua dikenai biaya parkir sebesar Rp. 5000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp. 15.000. Namun, jika membawa rombongan bus akan dikenai Rp.25.000 hingga Rp. 50.000, bergantung dengan besar kecilnya bus.

Setelah tiba di sana pengunjung akan disuguhkan hamparan pasir putih di sepanjang pantai dan pepohonan cemara yang membuat teduh dan nyaman suasana. Pengunjung juga bisa melakukan diving atau snorkeling. Sehingga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan pemandangan aneka warna terumbu karang cantiknya. 

6. Pantai Pulau Panjang

Foto : Sikidang

Menyambangi Jepara maka jangan sampai terlewatkan untuk berkunjung ke Pantai Pulau Panjang. Lokasi Pantai Pulau Panjang ini berada di Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Untuk ke sana hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dari Jepara dan harga tiket masuknya pun beragam mulai dari kisaran Rp 30.000 hingga Rp. 100.000. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Hal yang perlu diketahui sebelum ke sana, yaitu pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Air lautnya yang biru dan hamparan pasir putihnya menjadi daya tarik tersediri bagi para pengunjung. Apabila ingin berkeliling sambil mendengar deburan ombak pantai, Anda bisa menyewa perahu atau jika ingin bersantai saja maka bisa sambil duduk di gazebo yang berderet di pinggir pantai.

7. Pantai Bandengan

Foto : iTrip

Pantai Bandengan merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Jepara, tepatnya di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pantai ini cukup mudah dijangkau karena berada di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Jepara. Kurang lebih sekitar 7 km dari Kota Jepara. Rute untuk menuju ke sana dapat melalui Demak atau Kudus yang searah dengan Jepara. Jika masih kesulitan, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps di smartphone. 

Harga tiket masuk ke Pantai Bandengan ini digolongkan ke beberapa kategori. Apabila datang pada weekday untuk dewasa dikenai tarif masuk Rp. 5.000 sedangkan anak – anak Rp. 2000. Kemudian untuk kategori weekend dewasa dikenai tarif Rp. 7.000 sedangkan anak – anak Rp. 3000. Namun, jika ke sana saat ada event atau syawalan maka untuk dewasa dikenai tarif masuk Rp. 10.000 dan anak – anak Rp. 7000. Ditambah lagi dengan tarif parkir kendaraan yang dibawa, untuk motor tiketnya seribu rupiah. Lalu untuk minibus tarif parkirnya Rp. 4.500 dan bus sebesar Rp. 10.000..

Pantai ini memang salah satu tempat tujuan wisata andalan di Jepara. Sebab pantainya yang bersih dan terdapat fasilitas untuk pengunjung seperti toilet, gazebo serta warung – warung makan. Hal ini tentu menjadikan orang yang datang berbondong – bondong dan betah berlama – lama di sana.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *