7 Kegiatan Yang Bikin Betah di Rumah Saat PPKM

  • Share

Jatengkita.id – Indonesia tengah alami gelombang kedua penyebaran virus covid-19. Lonjakan kasus semakin hari terus bertambah, bahkan banyak rumah sakit yang kembali dipenuhi oleh pasien covid-19. Untuk menekan penularan dan penyebaran virus corona (Covid-19) ini, pemerintah Indonesia kembali menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, berlaku mulai tanggal 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021. Adanya PPKM ini mewajibkan seluruh masyarakat untuk melaksanakan kegiatan dari rumah saja. Meskipun beberapa sektor pekerjaan juga masih diperbolehkan beraktivitas di luar rumah dengan ketentuan dan protokol kesehatan yang ketat.

Gambar : Covid.go.id

Nah, berbicara mengenai kegiatan yang dapat dilakukan di rumah saat PPKM, aktivitas apa saja yang sudah kamu lakukan selama hampir sepekan ini? Bagi para pekerja yang melaksanakan WFH pastinya memiliki pengalaman menariknya tersendiri. Untuk mengisi kegiatan di rumah selama PPKM, berikut ide kegiatan yang bisa dilakukan baik sendiri dan juga bersama keluarga.

  1. Membuat Perencanaan Kegiatan
Gambar : Freepik.com

Selama PPKM ini ada baiknya membuat perencanaan kegiatan ketika di rumah. Hal ini akan membuat kamu lebih bersemangat dan termotivasi untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulailah kegiatan dari pagi hari dan lakukanlah apa yang disenangi terlebih dahulu. Hal ini akan membangun perasaan bahagia bagi dirimu. Seperti melakukan hobi atau hal – hal baru yang membuat kamu penasaran akan hal itu.

Tulislah pada secarik kertas kemudian susun jadwal per harinya dan tempel di dinding kamar. Buatlah seindah mungkin agar tampak sedap dipandang mata, ya?!

2. Berolahraga

Foto : Shutterstock

Olahraga menjadi hal yang wajib rasanya bagi setiap orang, terutama saat pandemi seperti ini. Selain menjadikan tubuh bugar tentu yang tak kalah penting menjaga kesehatan mental. Karena dengan berolahraga akan memberikan stimulasi otak untuk membentuk serotonin dan endorfin, yang dapat membuat suasana hati bahagia. Karena ruang gerak terbatas, kamu bisa memilih melakuakn olahraga-olahraga ringan, yang bisa kamu lakukan sendiri atau bersama keluarga di rumah. Berolahraga bisa kamu lakukan di pagi hari sembari berjemur menikmati cahaya matahari pagi yang kaya akan vitamin D.

3. Mendekor Ruang Kamar atau Ruang Kerja

Foto : Radea

Hal lainnya yang bisa dilakukan sebagai variasi untuk mengisi aktivitasmu selama di rumah adalah mendekor ulang ruang kamar atau ruang kerja. Kamar dan ruang kerja yang nyaman tentu akan mempengaruhi produktivitas seseorang. Ruangan yang nyaman akan memberikan manfaat energi positif dan relaksasi pikiran dari penatnya kegiatan harian.

Untuk mendekor kamar bisa dilakukan dengan mengecat ulang dinding kamar dengan warna yang menyejukkan mata, atau bisa dengan menata beberapa barang yang ada di dalam kamar. Usahakan juga sirkulasi udara lancar dan pencahayaan cukup sehingga ketika berkegiatan di dalam kamar menjadi lebih bersemangat.

4. Melakukan Perawatan Tubuh

Foto : BP Guide

Kebanyakan orang akan setuju jika meluangkan waktunya untuk merawat tubuh. Terutama bagi para wanita yang sangat membutuhkannya. Merawat tubuh sebenarnya tidaklah sulit hanya saja dibutuhkan ketelatenan. Misalnya, dengan meluangkan waktu setiap beberapa hari sekali untuk maskeran, luluran ataupun spa. Bahan – bahan yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan kantong. Bahkan, bahan yang digunakan juga diperoleh di dapur, seperti kunyit, atau kopi.

5. Membaca Buku

Foto : Beauty Journal

Menyelami kata demi kata dalam membaca buku akan terasa asik dilakukan di masa PPKM seperti sekarang ini, apalagi kalau kegiatan ini dilakukan bersama keluarga. Selain akan menambah pengetahuanmu, membaca buku akan membuat seseorang menjadi termotivasi dalam menjalani hari. Misalnya, dengan membaca cerita sejarah orang – orang terdahulu atau cerita inspiratif perjalanan hidup seseorang. Membaca juga akan membuat seseorang terhibur, misalnya dengan membaca cerita – cerita lucu, ataupun cerita-cerita fiksi.

6. Berkebun

Berkebun menjadi salah satu pilihan alternatif selama pandemi ini. Selain dapat menyalurkan hobi, berkebun juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan lho. Misalnya saja dengan menanam sayur mayur kemudian dijual ke tetangga atau bisa juga untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada yang membutuhkan. Sayuran yang menyehatkan tubuh, selain itu juga tanaman-tanamannya akan membawa ketenangan dan sejuk saat dipandang.

7. Mencoba Memasak Berbagai Kreasi Masakan

Foto : Resep Koki

Membuat menu masakan yang enak di rumah juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, khususnya bagi para ibu rumah tangga. Para working mom yang sebelumnya mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di kantor atau di tempat kerja, dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas memasakanya selama PPKM ini berlangsung. Kegiatan memasak ini akan melatih kemampuan seorang ibu untuk selalu ingin belajar dan berkarya. Mulai dari memasak yang sederhana hingga rumit sekalipun akan terasa menyenangkan untuk dilakukan. Kamu bisa memilih berbagai macam menu, mulai dari yang sederhana atau membuat masakan khas nusantara yang menggugah selera, dan tentunya makanan-makanan yang menyehatkan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *