Dijuluki Kota Lawet, Ini Keunikan Kebumen yang Perlu Kamu Tahu

  • Share

Bagi Anda pecinta pantai mungkin pernah memasukkan Kebumen sebagai salah satu daerah dengan destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi. Yap, kota yang berada di Jawa Tengah ini terkenal memiliki sejumlah objek wisata pantai yang terkenal akan keindahannya. Selain memiliki destinasi wisata pantai yang menarik, Kebumen yang juga menggunakan bahasa jawa ‘ngapak’ ini memiliki sejumlah keunikan lain, mulai dari julukan Kebumen sebagai kota Lawet dan tugu Lawetnya yang bersejarah, destinasi wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi, sampai berbagai makanan khas unik dan lezat yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota ini.

Kebumen Kota Lawet

Kota yang memiliki semboyan Beriman (Bersih, Indah, Manfaat, Aman, dan Nyaman) ini dijuluki sebagai kota Lawet. Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan istilah Lawet. Lawet merupakan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat untuk menyebut nama burung Walet. Dahulu penduduk setempat sering memburu sarang burung Walet yang terkenal memiliki kandungan tinggi glikoprotein guna meregenerasi kolagen, yang dipercaya mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Guna memperingati perjuangan para masyarakat dalam mencari sarang burung Lawet maka dibangunlah Tugu Lawet atau juga dikenal dengan Tugu Kupu Tarung. Pada masa itu, mencari sarang burung lawet merupakan perjuangan yang berat karena para pengunduh harus pergi mencari sarang tersebut di goa-goa yang terletak di tebing karang pesisir selatan Kota Kebumen. Biasanya goa-goa tersebut terletak di sepanjang pesisir selatan kecamatan Ayah dan Buayan. Tugu Lawet terletak di Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kusuma, dan Jalan Pemuda, dimana mulai dibangun pada tahun 1975 dan selesai pada tahun itu juga.

Dengan tinggi mencapai 15 meter, tugu ini memiliki bentuk tidak beraturan yang mana dimaksudkan untuk menggambarkan kontur karang pesisir selatan Kebumen yang terjal. Terdapat lima patung manusia di Tugu Lawet ini yang menggambarkan para pengunduh sarang burung Lawet. Di puncak tugu terdapat dua ekor burung Lawet raksasa. Dahulu, tugu lawet merupakan simbol kemakmuran penduduk Kebumen, namun tugu Walet tidak lebih dari sekedar tugu nostalgia masa kejayaan tersebut. Pada akhirnya eksploitasi alam yang tidak terkendali akan menimbulkan kerusakan alam dan penyesalan.

Wisata Menarik Kebumen

Kebumen memiliki sejumlah wisata menarik yang dapat Anda kunjungi ketika pergi kesana, salah satunya adalah wisata alamnya. Kebumen terkenal memiliki sejumlah wisata pantai yang memesona, seperti pantai Logending dan pantai Karang Bolong. Pantai Logending juga dikenal dengan nama pantai Ayah. Pantai ini terletak di Kecamatan Ayah dan berjarak 53 km dari pusat Kabupaten Kebumen. Pantai indah memiliki keindahan yang asri dan dikelilingi hutan yang rindang. Pantai ini memiliki berbagai fasilitas menarik, mulai dari penyewaan perahu wisata yang dapat Anda sewa untuk mengelilingi pantai, tempat perkemahan dan bermain anak-anak, area parkir kendaraan, sampai fasilitas kamar mandi dan cuci.

Selain pantai Logending, terdapat juga pantai Karang Bolong. Pantai Karang Bolong terletak di Kecamatan Buayan. Pantai ini memiliki pasir abu-abu dan memiliki batu karang yang indah. Terdapat sejumlah bukit tinggi yang mengeliling pantai dan juga deretan pohon kelapa yang menambah kerindangan pantai ini. Di pantai ini terdapat tiga buah gua yang biasa dihuni oleh para burung Lawet, yaitu Gua Pasir, Gua Karangduwur, dan Gua Karang Bolong. Selain ketiga gua tersebut ada satu gua yang terkenal sering dikunjungi wisatawan, yaitu gua Jatijajar. Gua ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dan terletak di Kecamatan Ayah. Gua Jatijajar memiliki kedalaman sekitar 250 meter. untuk masuk kedalam gua ini Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000.

Bagi Anda para penyuka tantangan, Anda bisa mencoba wisata Arung Jeram Padegolan. Arung jeram ini memiliki variasi rute mulai dari landai biasa sampai menantang. Arung jeram Padegolan berada di sungai Padegolan yang berada di bawah aliran Bendungan Waduk Wadaslintang, Kecamatan Prembun. Jika Anda ingin mencoba arung jeram ini Anda bisa datang langsung ke desa Sendang Dalem yang merupakan titik awal arung jeram.

Wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Benteng Van der Wijck. Bagi Anda yang menyukai sejarah dan menginginkan spot foto yang unik, datang ke benteng ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Benteng ini berada di Kota Gombong dan berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Kebumen. Benteng Van der Wijck merupakan benteng peninggalan Belanda dan memiliki tembok berwarna merah. Pada awal mulanya benteng ini digunakan oleh militer guna membendung perlawanan pasukan Diponegoro. Saat ini selain dijadikan objek wisata, sebagian kimpleks benteng Van der Wijck digunakan sebagai Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD.

Makanan Khas Kebumen

Ketika berwisata ke suatu daerah tentu kita tidak boleh melewatkan untuk mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Kebumen memiliki sejumlah kuliner khas dan lezat yang siap memanjakkan lidah Anda. Yang pertama ada Nasi Penggel, kuliner ini terdiri atas nasi yang dilengkapi dengan kikil atau jeroan sapi. Nasi Penggel juga biasa disajikan dengan tambahan sayur nangka dan kuah santan. Nasi berbentuk bola-bola kecil dan disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk. Biasanya satu porsi terdiri dari tujuh hingga delapan nasi penggel.

Selanjutnya ada Soto Ayam Petanahan. Dinamakan soto Petanahan karena kuliner soto ini berasal dari pantai Petanahan, Kebumen. Yang khas dari soto Petanahan ini adalah penyajiannya yang menggunakan potongan ketupat dan dilengkapi dengan suwiran ayam serta tauge. Kuah soto berwarna kuning kental dan bercita rasa rempah yang kuat.  Anda dapat menikmati soto Petanahan seraya menikmati keindahan pantai yang memesona.

Kuliner khas lain dari Kebumen adalah sate Ambal. Sate Ambal merupakan sate ayam kampung yang berasal dari kecamatan Ambal, Kebumen. Sate ini memiliki bumbu yang encer berwarna kuning kecoklatan. Yang menjadikan kuliner ini unik adalah bumbu sate yang dipadukan dengan tempe rebus yang kemudian dihancurkan hingga halus. Perpaduan ini menambah cita rasa nikmat pada sate.

Yang terakhir ada Lanthing. Lanthing merupakan makanan ringan khas Kebumen yang terbuat dari singkong dan berbentuk angka delapan. Lanthing memiliki berbagai varian rasa, mulai dari original, bawang goreng, sampai balado. Makanan ringan ini cocok untuk dijadikan teman perjalanan Anda maupun oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Kebumen memiliki banyak pesona wisata, sejarah, serta kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Mengunjungi salah satu kota yang berada di Jawa Tengah ini, akan memberikan banyak pengalaman menarik dan berkesan bagi Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *