Wajib Mampir! Inilah Pesona Tenteram Karanganyar

  • Share

Jatengkita.id – Provinsi Jawa Tengah memang terkenal dengan beragam obyek wisatanya. Khususnya untuk wisata alam seperti air terjun, pegunungan dan perkebunan teh. Semua destinasi yang disebutkan tadi, ternyata dapat kita temukan di Kabupaten Karanganyar lho!

Daerah dengan luas 800,200 km2 ini menyajikan pesona alam yang memanjakan mata sehingga cocok sekali bagi setiap orang yang ingin rehat sejenak untuk beralih dari penatnya rutinitas harian. Pemandangan alam yang hijau, suara gemericik air terjun yang mengalir ditambah lagi dengan sahutan burung – burung kecil, sungguh membuat pikiran menjadi tenang. Sehingga akan meningkatkan kembali produktivitas seseorang dan menjadikan diri lebih bersyukur terhadap Sang Pencipta yang telah menciptakan alam yang indah sedemikian rupa.

Rasanya tidak perlu berlama – lama lagi untuk mengeksplor keindahan wisata alam di Karanganyar ini, ya? Yuk, segera kita bahas satu per satu.

  1. Sakura Hills-nya Karanganyar

Ingin menikmati pemandangan bunga sakura ternyata tidak perlu jauh – jauh pergi ke Jepang. Selain karena sedang pandemi seperti sekarang ini, tentunya biaya perjalanan ke sana juga perlu dipikirkan secara matang. Jangan sampai hanya karena ingin melihat bunga sakura saja menjadi “kanker” atau kantong kering.

Mungkin salah satu solusinya, bisa datang ke Sakura Hills. Letaknya di daerah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya Rp 30.000/orang dan dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pemandangannya yang begitu memesona juga menjadi daya tarik wisatawan untuk melakukan swafoto. Udaranya yang sejuk dengan dekorasi sakura juga menjadikan ciri khas pegunungan dengan nuansa Jepang namun sebenarnya adalah di Jawa.

  1. Grojogan Sewu

Sesuai dengan  mottonya yaitu Tenteram (Tenang, Teduh, Aman, Rapi, Makmur), Kabupaten Karanganyar ini memiliki wisata alam air terjun yang populer dengan nama Grojogan Sewu. Grojogan diambil dari Bahasa Jawa yang memiliki arti sebagai air terjun dan Sewu memiliki arti Seribu.

Namun, makna seribu ini bukanlah air terjunnya ada seribu akan tetapi anak tangga yang digunakan untuk menuju ke wisata alam Grojogan Sewu itu. Menyusuri jalanan ke sana juga harus berhati – hati karena akan menjumpai kera – kera yang tiba – tiba menghampiri. Untuk harga tiket masuknya berkisar Rp.15.000/orang dan buka setiap hari. Alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

  1. Tenggir Park

Salah satu tempat wisata unik dan menarik untuk dikunjungi adalah Tenggir Park. Di sana wisatawan akan disuguhkan pemandangan rumah Honai khas Pulau Cendrawasih atau Papua di camping groundnya. Pastinya akan menjadi spot foto yang menarik dan juga bisa menikmati sejuknya udara di sana. Karena letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Lawu dan di sekelilingnya ditumbuhi pohon – pohon pinus hijau yang menjulang tinggi.

Harga tiket masuk ke Tenggir Park hanya Rp. 10.000/orang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Adapun alamat lengkapnya berada di Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

  1. Telaga Madirda

Karanganyar yang memiliki fauna resmi jalak gading ini, juga mempunyai tempat wisata yang cocok bagi keluarga, seperti salah satunya adalah Telaga Madirda. Kegiatan seru bersama dengan keluarga pun dapat dilakukan, misalnya dengan bermain kano di Telaga yang tenang dan asri, mengadakan kegiatan berkemah dengan anak – anak, atau melakukan serangkaian kegiatan jelajah alam di sekeliling Telaga Madirda.

Tentu saja kegiatan – kegiatan itu sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi orang tua untuk mengenalkan alam pada anak – anaknya, memberikan edukasi untuk senantiasa hidup berdampingan dengan alam dan menjaga alam. Karena dari alam ini manusia dapat melangsungkan kehidupannya.

Terkait harga tiket masuknya adalah gratis, hanya saja cukup dengan membayar biaya parkir saja sekitar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Tempat wisata Telaga Madirda dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.30 WIB. Alamat lengkapnya berada di Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

  1. Kebun Teh Kemuning
Foto : Victoria Armada
Foto : Victoria Armada

Seperti permadani hijau jika dilihat dari jauh itulah yang tergambar jika mengunjungi Perkebunan Teh Kemuning. Pemandangan yang terhampar adalah kebun teh yang memiliki luas 487,82 hektar. Disarankan sekali untuk ke sana terutama bagi seseorang yang sangat butuh piknik akibat lelah dengan hiruk pikuk rutinitas yang menyita pikiran. Udaranya yang sejuk membuat pikiran menjadi terbuka dan membuat suasa hati menjadi tenang.

Jika ingin ke sana harga tiket masuknya sangat terjangkau sekali, hanya dengan Rp. 3000 saja. Tempat ini dibuka setiap dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Alamat lengkapnya berada di Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Namun, jika ingin menyaksikan sunrise maka pengunjung dapat datang lebih awal sekitar pukul 04.00 WIB.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *