Arpusda Pati, Bukti Perjuangan untuk Literasi

  • Share

Rumah Belajar favorit selain sekolah, begitulah sebutan yang biasa disampaikan oleh para pengunjung di Arpusda Pati. Bangunan yang merupakan salah satu bangunan tertua di kota Pati ini, menjadi saksi kemajuan kota Pati dari masa ke masa. Arpusda yang bergaya bangunan jawa dan masih dijaga keasliannya ini secara resmi dibuka di tahun 1984,  kemudian berada dibawah naungan dari Dinas Kearsipan Perpustakaan Kabupaten Pati tahun 1996 untuk kemudahan dan upaya maksimal dalam  memberikan pelayanan publik bagi warga Pati.

Bermula sebagai rumah baca dan kantor kepengurusan Arsip Kabupaten Pati, Arpusda Pati semakin maju mulai dari penambahan koleksi buku, penataan buku yang semakin baik, peningkatan fasilitas ruang baca. Salah satu fasilitas favorit warga Pati terutama anak – anak  yaitu perpustakaan keliling yang dari dulu sampai sekarang masih terus dilaksanakan, sebagai upaya untuk mendekatkan warga Pati terhadap kesadaran akan pentingnya budaya literasi. Perpustakaan keliling bukan hanya beroperasi keliling sekolah, namun juga ke daerah pusat fasilitas publik seperti alun – alun kota Pati atau stadion olahraga Joyokusuma.

Berkunjung ke Arpusda Pati  dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata edukasi terutama bagi keluarga, berkunjung bersama teman atau bahkan hanya menikmati waktu sendiri bersama  koleksi buku yang beragam. Anak usia sekolah sering terlihat datang ke perpustakaan yang beroperasi senin – jumat pukul 8 pagi sampai pukul 2 siang ini. Biasanya pengunjung datang dengan teman atau keluarga mereka untuk menikmati  membaca buku yang menarik atau sekedar bertanya apakah buku yang kamu baca menyenangkan atau apakah kamu menemukan buku untuk referensi mengerjakan tugas kita.

Pembiasaan kecintaan pada buku sejak kecil adalah bentuk stimulasi yang tepat untuk meningkatkan minat baca yang dapat menunjang meningkatkan pengetahuan. Bagi yang bosan dengan buku juga disediakan fasilitas wifi dan komputer yang dapat digunakan.Apabila keseruan menghabiskan di Arpusda dan waktu untuk shalat telah datang, disediakan pula fasilitas mushola. Menyenangkan sekali menikmati waktu di perpustakaan untuk tetap meningkatkan produktifitas di masa pandemi ini, setelah terdapat kebijakan tatap muka pembelajaran di sekolah. Semakin bertambahnya usia, bukannya mengalami pengunduran karena telah banyak sumber pengetahuan digital, namun Arpusda Pati memberikan peningkatan yang berarti seperti meluncurkan aplikasi perpustakaan digital iPatiPintar pada Februari 2021 yang berisi koleksi umum, konten lokal, buku sekolah elektronik, dan buku panduan Covid untuk menjawab kebutuhan literasi masyarakat Pati dan sekitarnya dengan mudah, nyaman dan aman.

oleh : Hsnwidati

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *