Inilah 8 Destinasi Wisata di Bandungan yang Cocok Kamu Kunjungi di Akhir Pekan

Warga Semarang dan sekitarnya pasti tidak asing dengan nama Bandungan. Bandungan yang kita kenal sebagai lokasi strategis dengan banyak pilihan wisata adalah sebuah kecamatan yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Maka tak heran jika kita bisa melihat berbagai macam penginapan dibangun disekitar wilayah ini karena memang telah terkenal sebagai tempat wisata semenjak masa kolonial Belanda.

Bandungan berbatasan di sebelah utara dengan Kecamatan Bergas, di sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Bawen, selatan berbatasan dengan kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Jambu, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Sumowono. Bandungan sendiri memiliki luas 48,23 km² terbagi menjadi 9 desa dan 1 kelurahan. Pada umumnya suhu di Bandungan antara 16°-19°celcius sehingga akan terasa relatif sejuk saat anda melakukan kegiatan wisata di wilayah ini. Karena suhu yang cukup sejuk, anda dapat dengan mudah menemukan bunga bermekaran disepanjang jalan seperti lokasi toko bunga ataupun tanaman liar yang tumbuh di sekitar rumah warga.

Membahas mengenai desa wisata Bandungan tidak akan lengkap jika belum mengenal apa saja obyek wisata yang terdapat disana. Berikut akan kita jelaskan satu persatu, yuk kita disimak untuk menentukan kemana nih obyek wisata yang akan kita kunjungi!

  1. Candi Gedong Songo
Foto : Pengda kota Semarang

Candi yang bercorak Hindu ini berada di lereng Gunung Ungaran berada di ketinggian 1200 mdpl di dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan ini dikenal sebagai salah satu bangunan candi tertinggi yang berada di Indonesia. Secara geografis, letak candi ini berada di koordinat -7.210290, +110.342010, ditemukan oleh Raffles pada tahun 1740 abad ke VIII Masehi, pada awalnya Raffles menemukan  tujuh candi, kemudian pada abad ke 20 ditemukan dua candi lainnya. Sehingga disebut Candi Gedong Songo (Sembilan bangunan). Melalui bentuk relief yang ditemukan dari candi tersebut ditemukan bukti bahwa candi in dipercaya dibangun pada abad ke -7 pada masa kekuasaan Raja Mataram kuno yaitu Putera Sanjaya, namun para peneliti masih belum dapat memastikan kapan tepatnya candi ini selesai dibangun.

Keberadaan candi di daerah Gunung Ungaran, tidak mengherankan karena masyarakat Hindu memang meyakini daerah gunung adalah tempat keberadaan dewa, menganut kepercayaan Parswadewata, yaitu persembahan untuk roh nenek moyang yang bersatu dengan Siwa, pada candi disimbolkan dengan Lingga-Yoni yang dikawal oleh tiga dewa (Durga, Ganesha, dan Agastya). Namun jika Anda berkunjung kesana, Anda hanya akan menemukan lima komplek candi, sehingga masih memunculkan misteri yang belum terungkap.

Mitos dan kepercayaan yang beredar di lingkungan masyarakat seikitar candi salah satunya adalah masyarakat percaya bahwa Candi Gedong Songo merupakan baian dari kisah pewayangan saat terjadinya perang besar antara Rama dan Dasamuka atau Rahwana, disinilah tempat dimana Hanoman mengubur hidup – hidup Rahwana atau Dasamuka saat hendak menyelamatkan Dewi Sinta. Kepercayaan lain yang beredar bahwa semasa hidup Ratu Sima sering melakukan semedi di candi ini untuk menenangkan diri dan menemukan jalan keluar dari permasalahan yang dialami semasa kekuasaannya.

Fakta yang menarik dan sering menjadi perhatian bagi para wisatawan yang berkunjung adalah keberadaan pemandian air hangat belerang alami yang dapat anda nikmati yang dapat ditemui didekat candi IV dan V hanya dengan 5000 rupiah saja. Anda juga dapat menikmati pemandangan wilayah Ungaran yang sejuk dengan suhu 19 derajat – 27 derajat sangat cocok untuk berkeliling naik kuda. Selain itu di wilayah  Candi Gedong Songo juga disediakan area camping, jasa fotografi, dan juga area penginapan yang sering dijadikan untuk lokasi acara dari berbagai instansi. Untuk wisatawan yang akan datang berkunjung wisata ini buka setiap hari pukul 07.00 – 16.00 dengan biaya tiket weekday Rp 10.000 dan tiket weekend Rp 15.000 saja.

  • Ayana Gedong Songo
Foto: Plesir.net

Sebuah objek wisata yang dibuka pada 11 Juni 2018, lokasinya masih berada satu kompleks dengan Candi Gedong Songo. Tepatnya 100 hingga 150 meter dari loket pintu masuk di Candi I. Untuk memasuki area Ayana Gedong Songo ini, wisatawan dikenakan biaya per orang 20 ribu rupiah bagi dewasa, sedangkan untuk anak – anak diharuskan membayar biaya sebesar 10 ribu rupiah per orang, untuk anak dibawah 2 tahun tidak dikenakan biaya.

Tempat wisata yang buka sejak pukul 08.00 -17.00 ini mengusung tema kekinian dan instagramable, wisata Ayana ini digemari mulai dari kalangan muda yang ingin foto berlatar belakang yang cocok untuk kebutuhan sosial media sampai keluarga yang ingin bersantai menikmati keindahan dan kesejukan disekitar seperti pemandangan di kawasan pegunungan Merbabu, Ungaran dan Telomoyo.

Ayana Gedong Songo ini menyediakan 35 spot foto yang meliputi bubble tent dengan properti boneka dan bantal, balon udara, hammock, tempat duduk cantik di kolam, tempat duduk eksotis dan lain sebagainya. Jika berkunjung kesana tidak perlu khawatir karena di Ayana tersedia beragam fasilitas yang tersedia disana berupa area parkir yang luas, mushola, toilet, warung makan disekitar lokasi juga mudah ditemukan terutama oleh – oleh makanan khas semarang.

Selain itu terdapat juga penginapan yang dapat disewa dikawasan tersebut jika masih ingin berlama – lama untuk berwisata. Umumnya jika anda berniat mengambil foto saat disana, baiknya menghindari datang di hari libur nasional agar lebih leluasa. Bagi anda yang penasaran seperti apa aslinya boleh nih dikepoin di instagram @ayanagedongsongo.

2. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Foto : Umbul Sidomukti.com

Merupakan sebuah wisata alam dengan nuansa pegunungan di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang yang telah dirancang dengan baik oleh pengelola dengan berbagai fasilitas yang menarik seperti outbond training, tempat renang alami, camping gound, dan lain sebagainya berdiri semenjak tahun 2007 engan tag line “The Unforgettable Adventure Place”. Yuk kita intip seperti apa saja fasilitas yang ada :

  • Area taman renang alam dilengkapi dengan berbagai macam wahana yang memacu adrenalin adalah pilihan tepat bagi anda yang menyukai air, adapula outbond dan cafeteria yang nyaman saat kita tengah lapar setelah beraktivitas fisik.
  • Pondok Kopi kegemaran kalangan muda dan keluarga, dengan cuaca sejuk makanan lezat, dan kopi sembari menikmati sejuknya udara memang paling pas menjadi penyemangat suasana hati dikala butuh liburan namun hanya terbatas waktu.
  • Resto Panorama, menjadi resto kesukaan keluarga dengan menu favorit masakan Chinese dan western dengan suasana yang nyaman dan juga terletak didekat wahana panahan dan berkuda tentu saja memikat wisatawan untuk berkunjung.
  • Pondok Lesehan ikan bakar, bernuansa sejuk dan berkapasitas besar. Sangat menarik bagi penikmat bakaran terutama cocok jika digunakan untuk kegiatan dengan kapasitas besar seperti reuni, gathering, dan juga arisan keluarga
  • Villa Pondok Panorama dan Pondok Wisata, menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menginap. Nuansa villa dengan model rumah kecil dan pondok wisata yang bermodel cottage menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan yang masih ingin mengahbiskan waktu di lingkungan Umbul Sidomukti ini.

3. Setiya Aji Flower Farm

Foto : Pinhome

Taman bunga yang terletak di Dusun Ngasem, Kabupaten Bandungan, sekitar 30 km ari pusat kota Semarang jika melalui Jl Semarang- Surakarta. Tempat ini cocok untuk anda yang mencari foto dengan latar belakang berbagai bunga warna – warni yang indah, cukup dengan tiket berharga Rp 7.500 saja, anda dapat berlama – lama menghabiskan waktu disana.

Menariknya taman ini juga sering dijadikan untuk foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah, tidak heran jika kalian berkunjung disana banyak pengunjung yang membawa fotografer pribadi. Untuk menuju kesana disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa motor untuk menghindari macet.

Anda bisa datang diwaktu pagi hari terutama di musim kemarau. Pastikan untuk memakai alas kaki yang nyaman untuk aktivitas di luar, menjaga agar tidak menginjak tanaman disana, dan membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga keindahan taman bunga ini. Jika datang saatnya sholat, tidak perlu khawatir karena disana juga disediakan mushola kecil, pastikan membawa perlengkapan ibadah anda juga. Bagi anda yang penasaran seberapa indah lokasi ini, bisa dilihat di instagram @setiya_aji_flower_farm.

4. Taman Bunga Celosia

Foto : Taman Bunga Celosia

Taman bunga yang satu ini memang terdengar tidak asing lagi dikalangan wisatawan yang ingin berlibur, dibangun tahun 2017 sampai sekarang masih terus dikembangkan agar memberikan kebahagiaan dan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Berlokasi di Jln. Wisata Candi Gedong Sono Km 0.5, Desa Candi Kecamatan Bandungan ini buka dari pukul 07.30 – 17.30.

Jika anda hendak masuk akan dikenakan tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah untuk hari biasa, dan akhir minggu dikenakan tiket 25 ribu rupiah saja. Tidak hanya bunga yang akan anda lihat disini, karena fasilitas disini sangat beragam mulai dari spot foto instagramable seperti little korea, lorong bunga. Banyak juga wahana permainan yang disediakan seperti taman domba dan kelinci, kolam renang, trampoline, ATV, Istana balon dan lain – lain. Sehingga anda tidak perlu khawatir karena taman bunga celosia ini sangat cocok untuk anak – anak.

Selain itu anda juga dapat melaksanakan pertemuan dengan menyewa gedung aula pertemuan, untuk anda yang suka mengambil foto ala korea dan jepang juga terdapat fasilitas penyewaan hanbok dan kimono disertai dengan fotografer yang siap mengabadikan momen. Jika anda ingin membawa pulang tanaman, disini juga disediakan tanaman yang dapat anda beli, untuk tahu lebih lanjut anda dapat menengok instagram @taman_bunga.celosia

5. Wisata Alam Legok Madu

Legok Madu bukan hanya sekedar taman, berjarak 1 km dari taman bunga celosia tepatnya di Dusun Ngipik, Bandungan, Semarang ini menyajikan hamparan tanaman yang indah dan berbagai spot foto yang unik seperti replika gerobak cireng, sekelompok angsa raksasa, tempat tidur raksasa dan replika kapal yang dengan bebas dapat anda abadikan dengan hanya mengeluarkan biaya karcis sebesar Rp 10.000 saja. Saat anda datang ke tempat ini, anda dapat merasakan seperti masuk ke dalam dunia film Alice in Wonderland dengan berbagai replika berukuran raksasa. Pastikan anda datang pada jam buka pukul 08.00 – 18.00. Bagi kamu yang penasaran bisa tengok saja instagram @legokmadu.

6. Wisata Kampung Krisan Clapar

Foto : Pesona Indonesia

Kampung ini mendapat julukan Krisan karena melimpahnya tanaman krisan yang lebih dikenal sebagai golden flower di area perkebunan disini, wisata kampung krisan ini sebenarnya adalah taman bunga yang berada di berada di Kecamatan Bandungan, tepatnya di Jalan Kendalisodo, Dusun Clapar, Desa Duren, Semarang. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 saja untuk menikmati keindahan kebun bunga khusus krisan ini memiliki luas tujuh hektar dengan minimal 20 jenis bunga krisan berbagai warna yang mampu memanjakan mata anda. Selain itu anda juga dapat menikmati pemandangan indah dari area sawah yang sulit ditemui saat kita diarea perkotaan.

Bosan hanya melihat pemandangan saja ? tentu anda dapat mencoba aktivitas seperti belajar menanam bunga dan bagaimana cara memanennya juga. Setelh itu anda dapat membawa oleh – oleh bunga krisan yang dibungkus cantik oleh pengelola, bahkan anda dapat berjumpa ratusan marmut lucu yang ada di taman marmut  dan membawa salah satu darinya untuk menjadi hewan peliharaan baru, tentu seru bukan, wisata ala keluarga yang ramah dikantong namun tetap menyenangkan dan penuh dengan informasi. Bagi yang penesaran seperti apa keindahan kebun bunga ini bisa di cek di instagram @kampungkrisanclapar.

7. I’AMpelgading Homeland

Foto : Dosen Wisata

Masih dikawasan Bandungan, I AMpelgading Homeland ini berlokasi di Kedung Wangen, Banyukuning, Kec. Bandungan dengan ketinggian 1300 mdpl menjadikan suasana disini sangat cocok untuk berswafoto diatas ketingain. Salah satu obyek wisata ynag masih dibilang baru ini hanya membutuhkan tiket Rp 5.000 saja untuk menikmati cuaca dan bersantai. Disana disediakan berbagai jenis gazebo, toilet dan juga warung makan. Meskipun terkesan sederhana, namun banyak sekali hasil foto yang estetik dan menarik jika anda sangat mahir dalam mengabadikan momen. Jam operasional di I AMpelgading Homeland sendiri yaitu sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB setiap hari.

Selain berswafoto disana, anda juga dapat mencoba pengalaman trekking di area tersebut, outbond dan fasilitas persewaan jeep juga dapat anda rasakan saat berkunjung. Tentu saja karena masih cukup baru, anda dapat menikmati waktu cukup lama tanpa terganggu dengan antrian pengunjung seperti obyek wisata pada umumnya. Bagi anda yang penasaran, kunjungi saja instagram @ampelgading_homeland.

8. Mawar Camp Area

Foto: pengindolan

Untuk anda yang baru mencoba aktivitas mendaki atau tidak ingin langsung mendaki di gunung yang cukup tinggi, Mawar camp ini cocok untuk anda. Terletak di kawasan Gunung Ungaran, dari sini anda sudah dapat menikmati pemandangan indah pegunungan Ungaran. Berlokasi di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, kawasan basecamp ini sering ramai pengunjung. Bukan hanya karena sedang naik daun di Semarang, namun karena memang fasilitas dan pemandangan yang ditawarkan mampu menarik pengunjung bukan hanya dari dalam Semarang, namun juga dari daerah disekitarnya. Untuk sampai disini jika anda melakukan perjalanan dari Semarang, maka masuk saja di kawasan Bandungan, setelah sampai Pasar Jimbaran, ikuti saja petunjuk arah ke Basecamp Mawar yang juga sejalur dengan Pondok Kopi dan Umbul Sidomukti.

Jika anda hendak menginap selama dua hari satu malam akan dikenakan biaya Rp 7.000 per orang, Rp 9.000 untuk tiga hari dua malam, Rp 11.000 untuk empat hari tiga malam, dan Rp 12.000 untuk lima hari empat malam. Anda dapat menyewa peralatan berkemah seperti tenda, matras atau sleeping bag yang telah disediakan. Basecamp ini telah dilengkapi fasilitas berupa mushola, toilet dan juga warung makan yang buka 24 jam. Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan disana meliputi menikmati sunset dan sunrise  yang indah, menikmati pemandangan dan berfoto disekitar lampu hias di area basecamp, atau hanya sekedar berjalan – jalan di area kebun teh dan kopi dapat juga anda lakukan dengan teman – teman atau keluarga, pastikan juga anda datang di jam operasional pukul 13.00 – 19.00 WIB.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.