Umbul Ponggok, Wisata Bawah Air Kekinian

Foto : Kabar Joglo Semar

Bagi Anda yang sedang mencari referensi tempat liburan keluarga yang menarik dan lain dari biasanya, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan tempat wisata bawah air yang terletak di Jalan Delanggu-Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Ponggok. Ada berbagai aktivitas menarik yang dapat Anda dan keluarga lakukan. Bagi Anda yang penasaran mengenai tempat wisata ini, berikut ulasannya

Foto : Desa Ponggok

Aktivitas Menarik Umbul Ponggok

Umbul Ponggok memiliki sejumlah aktivitas menarik, mulai dari foto underwater, diving, sampai dengan snorkling. Untuk kegiatan foto underwater (bawah air), Anda dapat mencoba berfoto dengan berbagai benda unik didalam kolam yang dapat Anda sewa, seperti motor klasik C70, sepeda ontel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop. Salah satu spot foto favorit wisatawan adalah tempat duduk ala taman yang didekorasi dengan bunga berbentuk hati. Selain benda-benda tersebut, terdapat juga berbagai jenis ikan didalam kolam yang dapat Anda ajak untuk berfoto juga.

Jika Anda yang menyukai aktivitas menyelam, Anda juga dapat mencoba untuk diving  maupun snorkling. Untuk kegiatan tersebut kita bisa menyewa perlengkapan menyelam yang disediakan oleh  pengelola. Airnya yang sejuk karena langsung dari sumber mata air akan menambah sensasi menyegarkan ketika mencoba menyelam ke dalam kolamnya. Dasar kolamnya yang dipenuhi pasir, karang, hingga berbagai jenis ikan akan memberikan sensasi seperti berenang di laut.

Selain aktivitas bawah air, Umbul Ponggok juga memiliki sejumlah wahana air yang ramah bagi anak, salah satunya adalah perahu kayuh. Anda dapat mengajak putra dan putri Anda mencoba menaiki perahu kayuh untuk mengelilingi kolam seluas 50×25 meter ini. Selain menaiki perahu kayuh, tersedia juga kolam ranang yang lebih dangkal dan aman bagi anak. Namun, satu hal yang perlu dipastikan adalah tetap awasi anak-anak ketika bermain agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan.

Fasilitas Umbul Ponggok

Umbul Ponggok memiliki sejumlah fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya:

  • Sejumlah kolam mata air alami
  • Penyewaan alat diving: tabung oksigen, kaki katak (fin), wet suit & googles.

Terdapat paket underwater Walker Dive

  • Penyewaan alat snorkling: pelampung (life jacket), kaki katak (fin), masker snorkle. Alat snorkling dapat disewa secara terpisah sesuai dengan kebutuhan.
  • Penyewaan kamera
  • Toilet umum
  • Wahana permainan
  • Toko makanan
  • Tempat istirahat
  • Asuransi

Jam Buka Umbul Ponggok:

Jam buka: pukul 08.00-16.00 wib

Harga Tiket:

  • Tiket Masuk: Senin-Jum’at Rp 10.000

   Sabtu-Minggu & Libur Nasional     Rp 15.000

  • Harga Sewa:

Snorkle mask         Rp 15.000

-Kaki katak             Rp 10.000

-Pelampung            Rp 10.000

  • Paket Diving & Walker Dive

-Paket Diving         Rp 250.000/orang

*Fasilitas: perlengkapan diving, instruktur diving, dokumentasi foto dan video, durasi 60

  menit.

-Paket Walker Dive Rp 150.000/orang

*Fasilitas: perlengkapan walkerdive, operator walker dive, dokumentasi foto dan video,

  durasi 60 menit.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Umbul Ponggok pada masa pandemi ini, harap tetap memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker kecuali saat berenang dan menyelam, mencuci tangan, serta jangan lupa tetap menjaga kebersihan lokasi wisata. Semoga bermanfaat.

Simak juga video liputan Jalan-Jalan Jateng di sini https://www.youtube.com/watch?v=SShWBJ8tQEA&t=1s 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.