Campsite Pantai yang Recommended, Ada yang di Jawa Tengah lho!

FOTO : @rizkieaji

Siapa yang bisa menolak keindahan panorama di tepi pantai?

Terutama ketika matahari terbit dan tenggelam. Belum lagi panorama bawah lautnya yang sangat unik dengan terumbu karang dan ikan berwarna-warni berenang mengelilinginya.

Itu sebabnya, pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan, mulai dari berenang, bermain pasir, selfie, snorkling, bahkan camping bersama keluarga.

Menghilangkan kepenatan tentu bisa dilakukan dengan camping di pantai. Pikiran anda bisa lebih segar dengan tidur di alam bebas. Esok harinya, anda bisa bermain dan berlarian di pantai, berenang, surfing serta melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Hilangkan sejenak pikiran mengenai masalah anda, jauh dari rutinitas yang membosankan.

Berikut rekomendasi campsite pantai yang cantik versi Jatengkita!

  1. Pantai Klayar 
Foto : Indonesia Kaya

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, atau sekitar 40 km ke arah barat kota Pacitan. Salah satu keunikan dari pantai ini memiliki sebuah celah di batu karang. Bibir pantai yang dihiasi pohon kelapa ini akan menambah sensasi saat bermalam di Pantai Klayar. Pantai Klayar terkenal dengan pasir pantainya yang putih dan halus.

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Klayar yaitu menaiki ATV. Di Pantai Klayar ini kita juga mendapatkan pemandangan matahari terbit (sunrise)  dan tenggelam (sunset). Harga Tiket masukl (HTM) Pantai Klayar dibanderol Rp. 15.000 untuk pengunjung dewasa.

2. Camping Ground Karimun Jawa

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan dengan jumlah pulau hingga 27 pulau. Dari pulau utama yang paling besar dan kita kenal yakni, Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Salah satu primadona di sana yakni hutan mangrove dan perkampungan suku Bugis-nya.

Salah satu lokasi yang bisa juga kamu gunakan untuk camping yakni di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pengunjung akan mendapati pemandangan yang sangat indah dan menawan. Anda bisa memberdayakan untuk mendirikan tenda dengan catatan mencari informasi apakah pantai tersebut boleh digunakan untuk kemping atau tidak. Kini, sudah ada beberapa pantai yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Jika pun harus membayar, pasti kisaran harganya jauh lebih murah.

Ketika sedang di pantai, momen yang sangat sayang dilewatkan adalah sunset. Jadi, pastikan kita menemukan spot pantai yang tepat supaya bisa melihat sunset dengan jelas. Jangan lupa untuk mengabadikan momen matahari terbenam dengan berfoto. Jadikan sunset sebagai background yang cetar.

Lokasi yang dapat kita jadikan tempat melihat sunset adalah Pantai Ujung Gelam, Pelabuhan Rakyat Karimun jawa, Pelabuhan Baru Karimun jawa, gardu pandang Tracking Hutan Mangrove dan lainnya.

3. Pantai Kesirat

FOTO : Paket Wisata Jogja

Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. HTM Rp. 5000. Lokasi camping di pantai Kesirat berada di sebuah tebing pantai yang cantik dengan pemandangan laut selatan pulau Jawa. Area camping bisa memuat 30-60 tenda. Jadi, masih luas untuk camping berkelompok. Pihak pengelola pantai Kesirat memberikan fasilitas camping yang lumayan lengkap. Ada tempat parkir yang luas, ada warung makan, toilet, gazebo dan spot foto berupa perahu yang terbut dari bambu.

Rupanya tak hanya ikan-ikan kecil yang menghuni pantai tebing ini, Pantai Kesirat yang termasuk salah satu pantai di kawasan panggang, merupakan tempat singgah ikan-ikan besar. Konon menurut para pemancing di Kesirat, hiu tutul, paus maupun lumba-lumba sering terlihat ketika musim migrasi tiba.

4. Pantai Sanglen

Terdengar asing didengar namun Pantai Sanglen menyimpan keindahan yang memanjakan mata. Berlokasi di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tak jauh dari area pantai terdapat sebuah bukit dengan hiasan pepohonan yang masih rindang serta berwarna hijau alam, kamu dapat naik ke atas bukit melalui tangga yang sudah disediakan.

Jam operasional Pantai Sanglen dibuka setiap hari Senin hingga Minggu dan selama 24 jam non stop. Yang harus kamu perhatikan apabila terlalu malam beranjak dari pantai ialah kondisi jalan yang belum dilengkapi dengan lampu penerangan.

Untuk biaya parkir sendiri jika kamu menggunakan sepeda motor harus membayar Rp. 5.000,- per unitnya, sedangkan untuk mobil dengan membayar Rp. 10.000 per unit.

Pemandangan yang masih asri dan kawasan yang masih alami membuat tempat ini sangat tepat untuk dipilih sebagai tempat refreshing dan camping dengan teman-teman sembari melepas penat.

Pantai ini juga tidak terlalu ramai seperti pantai lainnya sehingga akan terasa sebagai pantai milik pribadi.

Mengingat destinasi pantai ini mengharuskan ditempuh dengan jalan kaki dari tempat parkir, selain harus menyiapkan fisik, anda juga harus menyiapkan kendaraan yang prima karena jalanan yang masih cenderung berbahaya dengan batu-batuan yang ganas.

5. Pantai Menganti

Pantai Menganti adalah pantai di selatan Jawa Tengah, terletak di kabupaten kebumen. Dari Pantai Ayah, anda menempuh sekitar 30 menit untuk menuju ke Pantai Menganti ini. Anda bisa mendirikan tenda sendiri untuk menghemat biaya nya.

Jadi untuk total biaya per orang adalah Rp. 15.000,- untuk masuk dan mendirikan tenda di pantai menganti. Untuk biaya parkir sendiri adalah gratis!

Selain anda bisa menikmati sunset dan batu karang di Pantai Menganti, jangan sampai anda melewatkan spot lainnya di daerah kawasan dekat pantai menganti, kebumen jawa tengah diantaranya:

  • Pantai Ayah
  • Goa barat (Goa Jatijajar)
  • Pantai Suwuk
  • Pantai Karangbolog, dll

6. Pantai Buyutan

FOTO : Pantainesia

Tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Bali, Pantai Buyutan memiliki panorama dan suasana yang menyegarkan lagi menenangkan. Bahkan, terdapat sumber air tawar dari mata air alami yang bisa dimanfaatkan wisatawan dan penduduk setempat. Inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan, selain pula untuk berenang, surfing, hingga diving di tempat ini.

Lokasinya terletak di Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps). Nuka 24 Jam Pantai ini cocok dijadikan lokasi tujuan untuk Camping. Harga tiket masuk hanya Rp. 10.000/orang dewasa dan Rp.5000/anal-anak.

Untuk menuju Pantai Buyutan, akses jalan beraspal. Namun, sekitar 3 km sampai ke pantai, jalan tidak beraspal mulus. Kendaraan roda dua dan roda empat tetap bisa lewat. Sementara, bus belum bisa masuk. Jika membawa mobil tipe sedan, hati-hati karena jalan turun ke bibir pantai sedikit curam dengan belokan patah.

Fasilitas di pantai Buyutan ini cukup lengkap. Ada kamar mandi, toilet, dan banyak warung. Namun di sana tidak terdapat listrik, jadi jangan lupa membawa sumber penerangan.

Pengunjung camping biasanya suka menikmati sunset menjelang malam. Lalu, membuat api unggun dan bakar-bakar makanan. Kemudian, saat pagi waktunya melihat sunrise yang cantik. Di perairan sekitar pantai juga ada sejumlah pulau karang. Pemandangannya benar-benar bagus di sini. Cocok untuk camping bersama keluarga, teman-teman, pasangan atau komunitas.

Tertarik coba yang mana nih?

Response (1)

  1. Well, that is true!I don’t imagine that there is one printer that will fit Every person so I made a aid on how you can find the perfect healthy for you and your needs.

Leave a Reply

Your email address will not be published.