Ini Dia, Event Seru di Jateng Sepanjang Bulan September

  • Share

Jatengkita.id – Pesona Jawa Tengah memang tidak ada habisnya! Ada banyak sekali tradisi, serta destinasi menarik di Jawa Tengah yang bisa kamu nikmati. Berada di tengah pulau jawa, tidak heran jika Jawa Tengah disebut-sebut sebagai pusatnya kebudayaan jawa.

Belum move on dari Dieng Culture Festival 2022 lalu, ternyata masih banyak acara-acara menarik sepanjang Bulan September ini di Jawa Tengah.

Buat kamu yang sedang mencari destinasi yang unik, menarik, dan bukan sekadar berwisata, atau ingin mengabadikan momen liburan bersama kawan dan juga pasangan, kami punya rekomendasi menarik acara-acara keren di Jawa Tengah pada bulan September ini, ada apa saja?

  1. Kompetisi Paralayang Telomoyo Cup VI 2022
FOTO : Republika

Kompetisi ini dijadwalkan digelar mulai 3 hingga 10 September 2022. Take off dari Puncak Gunung Gajah, dan titik p[endaratan di lapangan Muncul, Desa Rowoboni,  Kabupaten Semarang. Selesai dengan Kompetisi Paralayang, Perhelatan Telomoyo Cup VI ini juga akan menyelenggarakan Kompetisi Gantole pada 11 hingga 18 September 2022.

Perhelatan yang sudah digelar sejak awal September ini kabarnya diikuti oleh 44 pilot – sebutan untuk atlit dirgantara- dari sembilan Provinsi se-Indonesia. Kejuaraan terbuka ini juga dijadikan sebagai ajang untuk pemanasan sekaligus untuk menjajal kekuatan para rival yang akan turun pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh- Sumetera Utara 2024 mendatang.

  1. Solo International Performing Arts

Solo International Performing Arts (SIPA) merupakan festival seni pertunjukan tahunan yang diselenggarakan di Kota Solo sejak tahun 2009. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi kepada SIPA dengan mengumumkan SIPA sebagai salah satu dari 100 wonderful events pada Kalender Event 2020.

Penyelenggaraan SIPA tahun 2022 kali ini dijadwalkan mulai dari tanggal 8 hingga 10 September 2022, di Benteng Vastenburg, Surakarta, mulai pukul 19.00 WIB- selesai. Selama tiga hari penyelenggaraan SIPA, terdapat beragam pertunjukan tari, musik, dan teater yang berasal dari Indonesia dan mancanegara yang tampil pada panggung megah secara langsung.

Solo International Performing Arts (SIPA) 2022 ini akan hadir secara Hybrid Festival dengan tema “Art as The Spirit of Life Changing”. Kamu yang tertarik mengikutinya bisa melakukan reservasi tiketnya melalui laman Loket.com.

  1. Saparan Perti Desa Candirejo
FOTO : inibaru.id

Saparan Perti Desa merupakan kegiatan tahunan masyarakat Candirejo, Kabupaten Magelang, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Yang maha Esa. Kegiatannya di mulai dengan Bersih Desa, Genduri di Rumah Kepala Desa, Pengajian, Arak Tumpeng dan Bakti Sosial, Pentas Seni dan di tutup dengan pertunjukan wayang semalam suntuk.

Saparan Perti kali ini diselenggarakan mulai tanggal 8 hingga 10 September 2022 di Balkondes Candirejo, Kabupaten Magelang.

  1. Sendratari Ramayanan “Kumbakarna Senopati’

Pertunjukan seni Sendratari Ramayana kembali digelar di Solo, tepatnya di Kelurahan Serengan. Dengan lakon atau cerita Kumbakarna Senopati, pertunjukan ini akan diselenggarakan Jumat, 9 September. Untuk open gate, akan dimulai pada pukul 18.00-19.30 WIB.

Pertunjukan ini dapat disaksikan secara Langsung “Gratis” dan siaran langsung di YouTube BALKAM TV dan Disbudpar Surakarta.

5. Blangkon Fest 2022

Gelaran Festival Blangkon 2022 akan berlangsung 9-11 September 2022 di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung. Acara ini akan dibuka pukul 09.30 – 16.30 WIB.

Sesuai namanya, festival yang di gagas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta ini bertujuan untuk pelestarian budaya sekaligus edukasi budaya kepada generasi muda, tentang filosofi dari blangkon itu sendiri, yang bukan saja sebagai pelengkap busan adat Jawa, tetapi juga mengandung nilai filosofis yang menggambarkan strata sosial dan kebijaksanaan individu.

Terdapat 80 macam blangkon yang akan ditampilkan, diantaranya blangkon gaya Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

6. Indonesia Climbing Festival #2

 

Ajang temu para Climber dan Adventurer ini akan digelar pada 10 hingga 11 September 2022, di  Jojogan, Kejajar Dieng, Wonosobo.  Event ini diselenggarakan sebagai ajang reuni dan saling berbagi ilmu dengan para pemanjat tebing segala umur, produsen produk outdoor Lebel ID, juga sahabat komunitas penggiat alam bebas dan lingkungan.

Pada Festival Climbing Indonesia Seri 2 ini , seperti dilansir dari laman Instgram resmi Yayasan Vertical Rope Id @vertical_rope, pengambilan lokasi ICF Seri 2 atas kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, FPTI, Komunitas dan Pemerintah Desa Jojogan.

7. Rembang Creative Fair

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang akan mengadakan Rembang Creative Fair. Kegiatan Rembang Creative Fair ini akan digelar di Balai Kartini pada hari Minggu, 11 September 2022. Kegiatan kreatif yang akan digelar pada bulan September itu bakal diisi dengan lomba mewarnai dan lomba fashion show untuk umum.

8. Sukun Tour De Muria

Sukun Tour De Muria akan digelar pada 11 September 2022. Even yang akan diikuti oleh ratusan pesepeda sarat akan pengenalan potensi lokal yang ada di Kabupaten Kudus, Jepara, dan Pati. Even dengan hadiah total senilai Rp 75 juta itu merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun ke-75 PT Sukun Wartono Indonesia yang jatuh pada 19 Agustus 2022.

Tour De Muria sendiri akan melintasi jalur sepanjang 157 kilometer dari dimulai dari Alun-alun Simpang Tujuh Kudus dan berakhir di Pendopo Kabupaten Kudus.

9. Festival Kota Lama ‘Heritage Reborn’

 

Setelah sukses menggelar Pasar Apung, Bendungan Urban Downhill, Semarjamu, dan Semarang Introduction Market di bulan Agustus, selanjutnya  Pemerintah Kota Semarang juga akan menggelar  banyak even di bulan September, salah satunya yakni Festival Kota Lama Semarang.

Salah satunya adalah Festival Kota Lama 2022 yang dimana sebelumnya selama dua tahun diselenggarakan secara online. Dengan mengangkat tema ‘Heritage Reborn’, Festival Kota Lama Semarang akan diselenggarakan pada tanggal 15 sampai 25 September 2022.

Berbagai rangkaian kegiatan pun telah dirancang untuk dapat memeriahkan festival yang telah diselenggarakan selama 11 tahun tersebut. Even tahun ini akan dilaksanakan secara offline dan hybrid. Banyak acara yang diselenggarakan mulai dari seni tari, kuliner legendaris, panggung atraksi budaya, jelajah Kota Lama dan aktivitas komunitas di Kota Lama.

Selain itu, pengunjung nantinya dapat menikmati berbagai rangkaian acara yang akan digelar, seperti dialog nasional pelestarian “Kota Semarang Lama Cagar Budaya Nasional”, bersama BPPI serta Wayang On The Street di gedung Oudetrap. Ada pula Pasar Sentiling yang berlokasi di area Metro Poin, dan acara menarik lainnya.

Jadi, tertarik mengunjungi yang mana?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.