Gas Borobudur! Ada 2 Event Internasional Spektakuler Bulan Ini

  • Share
medcom.id
medcom.id

JatengKita.id– Borobudur sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bahkan hingga mancanegara. Candi terbesar di dunia tersebut menyuguhkan pesona kemegahan dan kedigdayaan kerajaan Mataram Kuno di masa lampau.

Borobudur juga memiliki pesona misteriusya sendiri. Banyak tanda tanya besar yang belum terpecahkan hingga kini, mulai dari relief yang melukiskan adegan kekerasan, misteri jam matahari raksasa, hingga kenyataan bahwa ilmuan belum dapat mengungkapkan bagaimana manusia di abad 7 yang belum mengenal perhitungan arsitektur mampu membangun bangunan semegah itu.

Oleh karena itu Borobudur selalu menjaadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terlebih banyak gelaran seni dan budaya spektakuler yang kerap diaselenggarakan di Borobudur. Di Bulan September ini bahkan terdapat dua perhelatan akbar yang menarik untuk diikuti. Yuk simak infonya!

1. Festival Indonesia Bertutur

Untuk pertama kalinya Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), menggelar Festival Indonesia Bertutur 2022 di kawasan Candi Borobudur. Festival bertaraf internasional tersebut digelar mulai tanggal 7 – 11 September 2022. Penyelenggaraan festival tersebut terinspirasi dari ragam sejarah dan warisan budaya Indonesia yang kemudian dituangkan dalam berbagai macam karya.

Indonesia Bertutur direncanakan akan digelar secara rutin setiap dua tahun sekali. Pada debut perdananya, festival ini mengusung tema “Mengalami Masa Lalu, Menumbuhkan Masa Depan”. Tercatat lebih dari 116 karya seni disajikan oleh 900 seniman dari 17 negara yang berbeda. Karya seni yang ditampilkan meliputi tarian, musik, film, dan media baru.

Perhelatan akbar tersebut mengkolaborasikan teknologi, seni, serta budaya dan dikemas secara modern. Hal itu tentunya akan menghadirkan sensasi pengalaman baru dalam menikmati seni.

Rangkaian acara festival dibagi menjadi 5 Kategori

  1. Virama (Panggung Senja & Aneka Kuliner)
  2. Anarta (Panggung Lumbini)
  3. Kiranamaya (Instalasi Festival Cahaya dan Panggung Aksobya)
  4. Layarambha (Festival Film Tari)
  5. Visaraloka (Pameran Expanded Media)

Beberapa musisi kenamaan tanah air-pun turut meramaikan Festival Indonesia Bertutur 2022 ini, sebut saja Tulus, Ardhito Pramono, hingga Grup Band Letto.

Bagi kalian yang tertarik untuk mengunjunginya, tidak perlu khawatir akan tiket yang mahal, karena festival ini gratis dan terbuka untuk umum. Yuk Gas Borobudur sekarang juga!

2. G20 Orchestra

Sesuai namanya, G20 Orchestra merupakan gelaran konser orkestra yang menampilkan kolaborasi musisi hebat dari berbagai anggota negara G20. Pertunjukan musik yang dikepalai oleh pianis senior, Ananda Sukarlan ini nantinya akan disajikan dalam bentuk musik klasik.

G20 Orchestra, selain sebagai bentuk diplomasi antar negara juga diklaim Ananda sebagai sebuah dokumentasi sejarah. Pertunjukan yang digelar di pelataran Candi Borobudur pada tanggal 12 September mendatang itu juga membawa misi memperkenalkan budaya dan musisi tanah air kepada dunia.

Orkestra ini dikabarkan akan menampilkan formasi yang diisi oleh sejumlah musisi klasik top dunia. Diantaranya adalah Antonio Popras, Yuri Bashmert, Santiago Clemenz dan masih banyak lagi. Dari Tanah air, turut menghadirkan Toby Winarto bersama deretan musisi muda hasil audisi Ananda Sukarlan.

Lagu-lagu yang dinyanyikan dalam pertunjukan musik ini mengusung tema perang dan akibatnya, keinginan untuk kemakmuran hingga kedamaian untuk semua negara di dunia.

Wah, bikin bangga ya!

Nah itu dia tadi gelaran akbar berlatar Borobudur di bulan ini yang wajib kamu kunjungi. Sampai jumpa di Borobudur!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.