Masuk Musim Hujan, Ini Tips Terjang Banjir Paling Aman!

  • Share
Antara Foto
Antara Foto

JatengKita.id– Hujan lebat sudah mulai mengguyur awal September ini ya lur! Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memang memperkirakan musim hujan datang lebih awal dibandingkan normalnya, yaitu September hingga November 2022.

Bagi sedulur yang tinggal di Kawasan dataran rendah pasti sudah mulai ketar-ketir dengan ancaman banjir. Terutama bagi sedulur yang mempunyai mobilitas tinggi. Mau-tidak mau harus besiap merelakan motor atau mobilnya berenang di jalanan lagi!

Tetapi, menerjang banjir tidak boleh sembarangan lho lur, karena air dapat masuk ke mesin dan menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan kita.

Tetapi apabila sedulur berada dalam situasi terpaksa untuk menerjang banjir, berikut tips aman terjang banjir yang bisa sedulur coba.

1. Cek Sikon

Sedulur ada baiknya perhatikan kondisi genangan air di depan sebelum memutuskan menerjang banjir. Pastikan ketinggian banjir tidak lebih tinggi dari knalpot motor sedulur. Bagi sedulur yang mengendarai mobil, pastikan air genangan tidak lebih dari 30 cm, atau separuh tinggi ban mobil.

Selain itu sedulur juga perlu memastikan apakah ruas jalan tersebut aman untuk dilewati. Gunakan pohon dan tiang listrik sebagai patokan pembatas jalan, agar motor atau mobil Sedulur tidak terperosok di saluran air atau terkena masalah lain.

2. Gunakan Persneling Satu

Bagi sedulur yang menggunakan motor bebek, usahakan untuk mengarahkan persneling ke gigi paling rendah atau gigi satu. Hal tersebut penting untuk menghindari masuknya air ke dalam mesin yang dapat menyebabkan motor mogok.

3. Perhatikan Laju Kendaraan

Saat mulai menerjang banjir, lajukan kendaraan sedulur secara konstan dalam kecepatan yang tidak terlalu tinggi maupun rendah. Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi alias ngebut bisa menyebabkan timbulnya efek ombak yang akan berimbas ke water hammer (kondisi saat air masuk ke ruang pembakaran atau sistem pelumasan)

Sementara itu, melajukan kendaraan dengan kecepatan sangat rendah juga berbahaya bagi kendaraanmu lho lur! Pada kendaraan sepeda motor, rendahnya kecepatan bisa meningkatkan kemungkinan air masuk melalui pipa knalpot. Parahnya, hal tersebut dapat merusak komponen mesin atau elektronik yang penting.

4. Lolos dari Banjir, Segera Keringkan Rem

Setelah Sedulur berhasil lolos dari genangan air banjir, jangan lupa untuk mengeringkan rem motor agar bisa digunakan lagi.

Injak rem secara perlahan untuk mengeringkan rem. Sebagai perhatian, lajukan kendaraanmu dalam kecepatan sedang saja ya lur, untuk menghindari terjadi masalah yang tidak diinginkan.

5. Jangan Langsung Hidupkan Mesin Setelah Mogok

Kalau saat menerjang banjir kendaraan terlanjur mogok, jangan panik apalagi langsung berusaha menghidupkan mesin ya lur. Selain mesin akan susah hidup , hal itu juga sangat berbahaya untuk mesin. Karena bisa memicu kerusakan mesin dan perangkat elektrial.

Nah itu dia tadi tips aman menerjang banjir. Semoga bermanfaat ya lur, jangan lupa keselamatan nomor satu! Jika dirasa membahayakan keselamatanmu dan kendaraanmu, jangan ragu untuk melipir dan menunggu air surut.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.