Dua Spot Wisata Keren Main Air di Pekalongan

  • Share
Adventureaja
Adventureaja

JatengKita.id- Pekalongan tak hanya menawarkan pesona batiknya yang khas dan indah, ia juga menawarkan pesona alam menarik untuk dikunjungi lho lur!

Sedulur yang suka bermain air, wajib menambahkan dua spot wisata menarik ini di daftar destinasi wisata! Berada di Kabupaten Pekalongan, kedua spot wisata ini tak akan membuat kantong jebol karena harga tiketnya relatif murah. Cocok sekali membawa keluarga besar bermain bersama lur! Berikut Informasi selengkapnya!

1. Black Canyon Petungkriyono

Foto : @rizky_arf23
Foto : @rizky_arf23

Mendengar Namanya saja pasti akan mengingatkan sedulur dengan wisata legendaris Amerika, Grand Canyon.  Jika Grand Canyon memperlihatkan bentang alam ngarai dengan tebing-tebing berwarna kemerahan, Black Canyon justru merupakan nama dari air terjun indah di pekalongan yang dikelilingi oleh tebing-tebing berwarna hitam. Lebih menariknya, kedung dan sungai yang mengalir sangat jernih dan berwarna kehijauan lho lur!

Berlokasi di Desa Kayupring, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, berjarak kurang lebih 30 km atau satu jam perjalanan dari pusat Kota Pekalongan. Sedulur tidak usah khawatir perjalanan akan terasa jenuh,  karena rute menuju tujuan berliku dan naik-turun khas perbukitan. Jalanan-pun sudah diaspal seluruhnya.

Kawasan Petungkriyono berada di ketinggian 600-1200 mdpl. Maka tak heran jika beberapa pengunjung sering menyebutnya sebagai negeri di atas awan. Kawasan tersebut juga dikelilingi oleh hutan yang masih sangat terjaga. Wah belum sampai ke air terjunnya saja sudah dibikin terpukau ya lur!

Wisata alam Black Canyon meyuguhkan keindahan air terjun dan paduan indah antara tebing-tebing tinggi berwarna hitam serta aliran sungai Welo yang bewarna jernih kehiajauan. Aliran air sungai Welo tergolong cukup deras, maka untuk sedulur yang ingin menguji adrenalin, dapat mencoba berbagai permainan menantang seperti River Tubing (mengarungi sungai dengan ban karet), River Tracking (Susur Sungai), hingga Body Rafting (Arung Jeram tanpa Perahu Karet). Tidak perlu khawatir dengan keamanan selama bermain ya lur! Wisata Grand Canyon juga memfasilitasi Life Guard untuk membantu dan memandu bermain.

Jika tak puas hanya bermain air, pengunjung juga diperbolehkan untuk camping di Kawasan tersebut. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp.10,000 untuk registrasi setiap tenda. Bagi Sedulur yang lebih nyaman menginap di Homestay, dapat bergeser sediikit ke Dusun Tinalum.

Black Canyon dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedulur cukup membayar Rp.5,000 saja untuk memasuki Kawasan tersebut, serta membayar Rp.10,000 untuk menyewa pelampung.

2. Wisata Lolong Adventure

Adventureaja
Foto : Adventureaja

Wisata air popular lain yang wajib sedulur kunjungi adalah Wisata Lolong Adventure. Berlokasi di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, wisata ini dapat dijangkau dengan 30 menit perjalanan dari pusat kota, Kajen.

Sedulur yang berencana berkunjung tidak perlu khawatir tersasar, karen banyak rambu-rambu yang megarahkn dengan jelas objek wisat ini. Akses jalannya-pun sudah baik dan beraspal.

Perjalanan menuju lokasi wisata tersebut juga sama sekali tidak membosakan, karena kan disuguhi pemandangan alam yang begitu indah. Bahkan saat masuk ke gapura Desa lolong-pun pengunjung dapat melihat perkebunan karet dan durian.

Lolong Adventure merupakan objek wisata rafting atau arung jeram yang dikelola oleh kelompok anak muda dari Pokdarwis Desa Lolong. Kondisi sungai di Lolong Adventure sangat jernih dan pas untuk aktivitas rafting. Saat debit air sedang, rafting dengan jarak 9 km dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Sementara saat debit air tinggi, rafting dengan jarak tempuh 12 km hanya memerlukan waktu 3 jam.

Sedulur tidak perlu khawatir dengan keamanan rafting di Lolong Adventure, karena masing-masing pengunjung akan dibekali pegaman dan didampingi oleh pemandu yang bersertifikat.

Biaya rafting sendiri dibanderol dalam range harga Rp.150,000 – Rp.250,000 tergantung dengan paket yang dipilih. Sementara itu tiket masuk ke Kawasan wisata ini gratis.

Wah menarik ya, bisa jadi ide melepas penat di akhir pekan bersama keluarga.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.