Masih Ragu? Ini Alasan Cowok Perlu Pakai Skincare!

  • Share
Foto : iStock

JatengKita- Banyak alasan pria enggan merawat wajah, mulai dari tak ingin terlihat feminin, tak ingin repot, tak peduli, hingga pede kalau kulitnya “tangguh”. Sobat mungkin sering mendengar istilah “kulit badak” ditujukan untuk pria. Faktanya kulit pria memang memiliki kepadatan kolagen 25% lebih tinggi dibandingkan perempuan. Kolagen ini membuat kulit pria terlihat lebih kuat dan muda alias tidak cepat mengalami penuaan sebagaimana perempuan.

Eitss Tapi Jangan Kepedean dulu! Menurut Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski), kulit pria lebih rentan terserang beberapa gangguan penyakit dan permasalahan kulit lho! Kok Bisa?

Masalah Kulit Pria

1. Minyak Berlebih

Ternyata pori-pori kulit pria lebih lebar dibandingkan kulit wanita. Hal inilah yang menjadikan kulit pria cenderung lebih berminyak. Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, terpapar debu dan polusi, masalah jerawat dan komedo bisa saja datang. Minyak wajah (sebum) terakumulasi dengan kulit mati dan kotoran akan menyebabkan penyumbatan yang bisa jadi biang jerawat dan komedo. Masalah-masalah tersebut terjadi karena kamu tidak rajin membersihkan dan menghidrasi kulit.

Loh kulit berminyak masih perlu dilembabkan?

Kamu pasti berpikir kalau kulit berminyak berarti kulit sudah sangat lembab. Anggapan itu tentu salah besar ya sob! Dilansir dari Halodoc, minyak kulit dan hidrasi wajah adalah zat yang berbeda. Ibarat minyak dan air saja, pasti berbeda kan? Minyak di kulit adalah zat lilin yang sering disebut sebum. Sementara hidrasi adalah proses saat zat air diserap oleh epidermis untuk membantu mempertahankan elastisitas dan ketahanan kulit.

Pelembab adalah cara ampuh mengontrol minyak berlebih lho. Karena pada dasarnya kulit berminyak adalah reaksi alami wajah yang kurang mendapatkan kelembapan. Jika kulitmu bersih dan cukup terhidrasi, maka tidak akan ada lagi kulit kilang minyak!

2. Kulit lebih Sensitif

Meski kadar kolagen pada kulit pria lebih tinggi, tapi terkadang kulit pria lebih sensitif terhadap lingkungan dibanding wanita. Terutama sinar ultraviolet yang dipaparkan oleh matahari. Jenis sinar tersebut dapat menyebabkan penuaan dan kusam pada kulit.

Apa sih yang harus dilakukan?

1. Bersihkan Kulit

Sobat jangan hanya mencuci muka saat akan pergi beraktivitas yaa, karena sejatinya kulit sangat perlu dibersihkan justru saat kamu pulang beraktivitas. Kamu nggak mau kan, kotoran dan polusi di jalan terperangkap bersama minyak kulitmu. Wah bisa-bisa auto komedoan dan jerawatan nanti

Bersihkan wajah dengan sabun wajah. Tidak harus sabun dengan label “Men” kok. Sesuaikan saja jenis kulitmu dengan lebel peruntukan di sabunnya. Biasanya selalu ada tulisan untuk jenis kulit apa kok, diteliti ya sob!

2. Hidrasi Kulit

Perbanyak minum air putih ya sob, selain itu cobalah untuk mulai memakai krim pelembab. Jika kamu susah menemukan krim pelembab khusus untuk pria, tak usah ragu gunakan produk lain, yang penting sesuaikan pelembab dengan jenis kulitmu ya. Sekali lagi diteliti ya sob, krim pelembabnya cocok untuk jenis kulit apa.

Pakailah setiap selesai membersihkan wajah. Caranya keringkan wajah terlebih dahulu, kemudian aplikasikan krim secara merata kemudian tepuk-tepuk dan tunggu hingga kering dan meresap sempurna.

3. Pakai Sunscreen!

Saat cewek takut gosong terkena sinar matahari, cowok justru maju menantang matahari ya sob haha. Kebanyakan pria memang tak peduli kulitnya kemerahan atau bahkan menghitam akibat terpapar sinar matahari.

Tapi tahukah kamu, sinar mathaari ternyata bahaya banget lho. Sinar matahari bisa sebabkan kanker kulit, kekusaman kulit, dan penuaan dni. Wah mending jangan asal nantang lagi deh sob! Kesehatan kulitmu penting!

Kalau kamu bingung pilih sunscreen model apa, mimin rekomendasikan untuk menggunakan minimal SPF 15 PA++ merek apapun. Cara mengaplikasikannya sama seperti saat memakai pelembab ya sob, tepuk-tepuk dan tunggu sampai meresap. Kamu nggak penegen kan pergi dengan kondisi muka masih basah dan ada whitecast (sisa aplikasi krim yang berwarna keputihan) karena sunscreen?

Nah itu dia tadi sob, tips tangkal masalah kulit cowok. Mulai sekarang jangan ragu pakai skincare ya sob! Skincare beda sama Make-Up (bedak, lipstick) kok, nggak akan bikin kamu jadi cantik feminin seperti perempuan.

Tips lain kalau kamu malu beli di minimarket, kamu bisa beli di e-commerce. Atau kamu malah malu memakainya di depan teman-teman? Edukasi mereka dengan artikel ini saja sob, biar bisa skincare-an bareng!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.