Besok Libur, Ayo Meluncur Ke 4 Wisata Purwokerto Ini!

  • Share
Foto : Tribun Travel

JatengKita.id- Hayoo siapa yang masih sering tertukar antara Purwokerto dan Purwakarta? Atau jangan-jangan ada yang mengira keduanya adalah nama dari tempat yang sama? Wah-wah kurang main nih!

Purwokerto adalah ibu kota Kabupaten Banyumas Jawa Tengah sob! Sementara Purwakarta adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Nah loh beda banget kan?

Mumpung besok libur, Mimin kasih rekomendasi destinasi seru yang wajib kamu jelajahi untuk kenalan lebih dekat dengan Kotanya Universitas Jenderal Soedirman ini. Biar nanti nggak tertukar lagi ya sob!

1. The Village Purwokerto

Foto : Tribun Travel

Sobat yang ingin berfoto dengan latar yang nggak biasa bisa menjajal spot wisata satu ini. Vibes-nya benar-benar Eropa banget! Bahkan saking miripnya, sekilas orang akan mengira kamu berlibur ke Eropa ketika melihat fotomu di The Village.

The Village menyuguhkan suasana Eropa melalui desain arsitektur bangunan dan layout area tersebut. Terdapat rumah-rumah dengan atap curam, bangunan seperti benteng yang bertembok bata merah, sungai-sungai kecil, dan jalanan paving block yang dihiasi lampu jalan antik.

Selain itu terdapat Bird Dome atau kubah kaca yang difungsikan sebagai rumah bagi berbagai jenis koleksi burung di The Village. Begitu kamu memasukinya kamu pasti akan langsung teringat rumah kaca di Barbie as the Island Prinncess hingga museum Louvre di Perancis karena tampilan kaca dan besi penyangganya.

Wah berkunjung ke sini pasti rasanya seperti teleportase ke Eropa ya sob!

Jika kamu berkunjung pada rentang waktu 10.00-18.00 WIB kamu akan dikenai tarif masuk sebesar Rp.28,000, semetara bila berkunjung pada malam hari yakni mulai pukul 18.00-22.00 kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.10,000 saja.

2. Curug Gomblang

Foto : JejakPiknik.com

Sobat yang lebih suka hunting pemandangan alam, bisa memilih spot wisata satu ini. Curug Gomblang merupakan air terjun yang berada di kaki Gunung Slamet. Meski tak terlalu tinggi, curug ini menawarkan pesona eksotis dengan hijau dan asrinya hutan yang mengelilingi area tersebut.

Tardapat banyak bebatuan besar yang dapat kamu jadikan tempat untuk duduk dan mengambil foto berlatar air terjun. Sobat yag ingin berunjung ke sini jangan lupa untuk membawa baju ganti ya, karena jernih dan segarnya air Curug Gomblang pasti akan membuatmu tertarik untuk segera menceburkan diri, dan berenang!

Akses menuju curug ini terbilang mudah untuk dijangkau, karena sudah dapat dilewati oleh motor maupun mobil. Sepanjang perjalanan menuju air terjun ini-pun kamu tidak akan merasa bosan karena akan disuguhi suasana sejuk dan nyanyian burung dan serangga khas hutan perawan.

Tiket Masuk curug ini juga sangat terjangkau lho sob, hanya sebesar Rp.10,000. Wah malah lebih mahal es boba ya daripada wisata se menarik ini!

3. Telaga Sunyi

Foto : Pegi-Pegi

Konon nama Telaga Sunyi diambil karena telaga tersebut sering dijadikan tempat bertapa untuk mencari ketenangan batin atau memburu ilmu kanuragan. Seperti namanya, Telaga Sunyi menawarkan keindahan di tengah kesunyian hutan di sekelilingnya.

Telaga tersebut dikelilingi oleh tebing-tebing yang di salah sudutnya mengalirkan mata air yang bersumber dari Gunung Slamet.

Air di Telaga Sunyi sangat jernih dan memantulkan warna biru kehijauan. Bahkan saking jernihnya, Sobat bisa melihat bebatuan di dasar telaga tersebut loh!

Telaga Sunyi Sendiri memiliki cekungan sedalam tiga meter, tak heran banyak pengunjung yang memanfaatkan kedalaman dan kejernihan air telaga untuk ber-snorkling. Wah seru banget ya!

Sobat tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ditawarkan. Telaga Sunyi menyediakan tempat istirahat, mushola, toilet, bahkan hingga ruang ganti. Tiket masuknya-pun tergolong sangat terjangkau, yakni hanya Rp.13,000 saja.

4. Bukit Tranggulasih

Foto : IDN Times

Nah, sobat yang doyan camping, pasti bakal cocok banget nih sama spot wisata yang satu ini.  Bukit Tranggulasih menawarkan pesona keindahan lanskap perbukitan hiaju yang menakjubkan. Dari atas bukit, kamu bahkan juga bisa melihat hamparan dataran rendah, kilang minyak Cilacap, lautan, hingga batas horizon. Wah keren ya, pantas banyak yang hunting sunrise hingga sunset di sini.

Bermalam menunggu sunrise di sini sudah pasti akan menyenangkan dan jauh dari kata bosan. Karena saat malam hari, pengunjung dapat menikmati indahnya kelap-kelip lampu kota dari ketinggian. Gemintang-pun terlihat jelas loh dari puncak Bukit Tranggulasih, pasalnya daerah tersebut masih asri dan jauh dari polusi udara.

Bagi kamu yang  tidak memilki perlengkapan camping seperti tenda tidak perlu khawatir, karena dapat menyewanya di sini. Range harga persewaan dipatok mulai dari Rp.35,000 hingga Rp.75,000 tergantung dari ukuran tenda yang kamu pilih. Kamu-pun tidak perlu lagi repot mendirikan tenda sendiri, karena pihak penyewaan akan membantu kamu mendirikan tenda dengan gratis.

Bagaimana dengan tiket masuknya? Tenang kamu cukup membayar Rp.5,000 saja. Murah meriah banget ya sob!

Wih keren-keren banget ya sob! Yuk siap-siap gas ke Purwokerto besok !

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.