Mengenal Gudeg Ceker, Gudegnya Orang Solo

  • Share
Foto : kompas.com

JatengKita.id- Bila mendengar kata gudeg, Sedulur pasti langsung teringat dengan olahan nangka manis khas Jogja yang dipadukan dengan baceman telur dan sambal krecek. Hidangan warisan prajurit Kerajaan Mataram tersebut memang sudah kondang luar biasa baik di dalam negeri maupun mancanegara. Namun tahukah sedulur, Solo ternyata juga memiliki hidangan gudeg versinya sendiri loh! Wah seperti apa ya?

1. Tampilan

Jika gudeg jogja yang biasa kita kenal memiliki warna kecoklatan dan bertekstur kering, gudeg ceker tampil beda dengan kuah areh kental berwarna putih pucat kekuningan.

2. Penyajian

Gudeg Jogja biasanya disajikan dengan rebusan sayur nangka, aneka baceman telur, tahu, tempe, ayam, dan sambal krecek.

Sementara itu seperti namanya, gudeg ceker memang menghadirkan ceker sebagai bintang utama dalam sajianya. Eits, tapi bukan berarti menghilangkan nangka mudanya ya sob! Gudeg ceker tetap menggunakan nangka muda dengan mencampurkannya ke dalam kuah areh santan kental bersamaan dengan si ceker tadi. Kemudian untuk meramaikan kehadiran ceker dan nangka, gudeg juga biasanya ditemani olahan daun singkong, kacang tholo, dan aneka baceman.

Selain itu, berbeda dengan gudeg jogja yang mengguakan nasi putih biasa, gudeg ceker disajikan dengan nasi liwet gurih. Bahkan di beberapa tempat, terdapat variasi gudeg ceker yang menyandingkan aneka komponen gudeg dengan bubur lembut yang hangat. Wah kayaknya makin nikmat ya lur, pasti creamy kuah kentalnya serasi banget sama lembutnya bubur.

3. Cita Rasa

Sebagaimana kita tahu, gudeg jogja memiliki cita rasa manis dan legit yang cukup kuat (medok). Namun, gudeg ceker justru diketahui memiliki cita rasa yang cukup berbeda. Rasa gudegnya cenderung gurih dan tidak terlalu manis lho lur! Sedulur yang tidak terlalu suka olahan makanan jawa yang sangat manis bisa menjadikan gudeg ceker sebagai opsi kulineran di solo nih.

Wah mendadak jadi lapar ya lur!

Sedulur yang tertarik mencicipi gudeg ceker wajib datang ke Gudeg Cakar Bu Kasno di Jalan Monginsidi, Mergoyudan, Solo. Tapi sedulur harus siap bangun pagi, karena Warung Bu Kasno buka mulai pukul 01.30 dini hari sampai pukul 07.00 pagi saja lho lur!

Selamat mencoba!!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *