Piala Dunia Termahal Sepanjang Sejarah Akan Dimulai Tanggal 20

  • Share
image source : Doha News

JatengKita.id- Piala dunia yang digelar di Qatar tahun ini dinobatkan sebagai piala dunia termahal dalam sejarah sepak bola. Kompetisi akbar tersebut dijadwalkan akan mulai digelar pada tanggal 20 November 2022 mendatang.

Untuk pertama kalinya, negara Arab menjadi tuan rumah perhelatan piala dunia. Pertandingan yang biasanya dimulai pada bulan Juni hingga Juli, harus digeser menjadi akhir tahun lantaran ekstrimnya cuaca panas di Qotar pada pertengahan tahun lalu.

Keputusan penundaan jadwal tersebut tentunya juga berimbas ke durasi periode penyelenggaraan yang harus dipangkas menjadi hanya 28 hari saja lantaran berlangsung di tengah-tengah kompetisi klub yang sedang berjalan. Pemangkasan tersebut menempatkan piala dunia kali ini sebagai peringkat dua piala dunia terpendek sejak 1978 yang digelar oleh Argentina. Saat itu, negara Tango tersebut merampungkan piala dunia hanya dalam waktu 25 hari saja.

Dilansir dari CNN Indonesia, demi menyelenggarakan hajatan akbar sepakbola dunia tersebut, Qatar rela menggelontorkan dana hingga US$220 miliar atau setara Rp3,4 kuadriliun untuk menggelar Piala Dunia 2022. Jumlah tersebut bahkkan terpaut sangat jauh jika dibandingkan dengan pecahan rekor sebelumnya. Pada Tahun 2014 lalu Brazil berhasil menyabet rekor piala dunia termahal dengan budget sebesarUS$15 miliar atau setara Rp232 triliun. Wah jauh banget ya lur!

16 Digit angka yang dikeluarkan oleh Qatar sebenarnya bukan hanya untuk membayar biaya pembangunan stadion, melainkan juga untuk membiayai rencana Qatar 2030 yang lebih luas. Dana fantastis yang dikeluarkan tersebut termasuk untuk pembangunan pusat inovasi dengan hotel, jaringan kota yang canggih, stadion hingga bandara.

Pecahan rekor lainnya datang dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) yang mampu menyumbangkana 6 negara perwakilan, yakni Iran, Jepang, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Australia.

Sementara itu, demi memeriahkan hari pertama pembukaan piala dunia, Qatar mengudang sejumlah penyanyi kenamaan pada pembukaan piala dunia kali ini. Di antaranya, Shakira, Black Eyed Peas, hingga Bangtan Sonyeondann (BTS).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *