Ini Dia Hidden Gem-nya Tegal

  • Share
image source : Klik Times

JatengKita.id- Siapa tak kenal Tegal? Daerah yang bertetangga dengan Brebes, Pemalang, dan Banyumas ini kondang lantaran konsep warung kulinernya yang melegenda. Teryata eh ternyata, selain punya konsep bisnis kuliner yang menarik serta sajian kuliner yang lezat, Tegal juga memiliki sajian wisata alam yang menggoda untuk dikunjungi.

Sedulur mungkin mengenal beberapa objek wisata terkenal seperti Pemandian Air Panas Guci dan Pantai Alam Indah. Tapi tahukah Sedulur, Tegal juag punya hidden gem wisata-nya sendiri lho. Penasaran? mari simak ulasannya berikut!

1. Curug Cantel Bumijawa Tegal

image source : Regional Kompas

Curug Cantel yang terletak di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal ini memiliki ketinggian 60 meter. Curug indah satu ini diapit oleh tebing-tebing kehijauan yang tinggi. Berfoto atau berswafoto dengan latar belakang Curug Cantel dijamin aestethic abis lur!

Meski tergolong sebagai objek wiisata yang baru, namun akses jalan menuju spot satu ini sangat mudah lho lur! Jalanan menuju lokasi sudah teraspal dengan baik dan dapat dilalui mobil. Jika Sedulur berangkat dari pusat Kota Tegal, maka Sedulur hanya perlu menambah perjalanan sejauh 46 kilometer untuk dapat menikmati sajian alam yang menenangkan satu ini.

Trekking dari parkiran sampai curug-pun sudah berupa jalan setapak berbatu yang ditata sedemikan rupa, sehingga memudahkan pengunjung untuk melewatinya. Lebar jalan setapak kurang lebih satu meter, cukup luas untuk bersimpangan jalan antar sesama pengunjung. Jangan khawatir bosan, pasalnya pemandangan dan kondisi alam yang asri nan sejuk malah akan memberikanmu sensasi dan kenangan tersendiri. Dijamin bakal good mood sepanjang jalan.

Tsst satu lagi, tiket masuknya juga sangat terjangkau lho, cuma Rp.5,000 aja! cocok banget pasti buat main rame-rame se-RT!

2. Bukit Bintang Desa Guci

image source : Klik Times

Hidden Gem selanjutnya ada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Spot wisata ini berupa perbukitan dengan puncak yang berhias padang ruput yang memanjakan mata.

Seduulur yang suka hunting-hunting foto sunrise, ada baiknya datang ke lokasi sejak sebelum fajar terbit. Atau lebih baik lagi, jika Sedulur berkemah di sini. Alam yang maish tegolong bersih tentunya akan membuat langit malam dipenuhi banyak bintang. Jadi tidak akan ada ruginya lur!

Selain itu, wisata di Bukit Bintang Guci ini juga menawarkan spot foto cantik untuk kamu dan dan teman. Karena berada di kawasan Guci, maka kamu akan mendapati spot wisata lain yang berdekatan lur! seperti Jembatan Kaca Guci, dan Curug Permadi.

Untuk menuju lokasi ini, kamu perlu mendaki sedikit dari parkiran lur. Sayangnya kondisi tanah yang tergolong masih cukup labil membuatmu harus ekstra berhati-hati. Ada baiknya Sedulur datang saat cuaca tidak hujan, atau pada siang hari.

Wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi aupun umum dari alun-alun Kota Tegal sejauh 43 kilometer, atau kurang lebih satu setengah jam. Tiket masuknya sendiri dibanderol dengan harga Rp.20,000. Tertarik berkunjung?

3. Danau Beko Margasari

image source : sikidang

Siapa sangka lahan bekas penambangan batu bisa jadi danau aestethic seperti ini. Lokasi danau ini ada di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Mulanya, lahan bekas galian di desa tersebut terbengkalai begitu saja. Alhasil cekungan-cekungan akibat galian sebelumnya lama-kelamaan penuh terisi oleh air hujan. Namun sumber lain menyebutkan bahwa air yang menggenang tersebut berasal dari dalam tanah galian. Tak Kurang dari lima cekungan di lokasi tersebut kini telah sempurna terisi oleh air dan berubah menjadi danau-danau kecil nan cantik.

Warna permukaan danau sendiri cenderung hijau kebiruan. Sementara latar pemandangan sekitar berupa hamparan perbukitan hijau dan tebing-tebing batuan di sekeliling danau. Melihantnya sekilas mungkin akan mengingatkanmu dengan Grand Canyon lokal di Semarang.

Lagi-lagi tiket masuk yang dipatok tak mahal, yakni hanya Rp.5,000 saja. Kamu sudah bebas mengeksplor kawasan ini tanpa batasan waktu. Waah patut dicoba ya!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *