Asia Bawa Kejutan Lagi, Jepang Tekuk Jerman 2-1

  • Share
image source : CNN Indonesia

JatengKita.id- Lagi-lagi Asia membawa kejutan menarik dalam laga akbar Piala Dunia 2022. Negeri Matahari Terbit berhasil meraih kemenangan atas Jerman pada laga Group E  di Stadion Khalifa International, Doha, Rabu (23/11) malam WIB.

Jauh dari keraguan, Jepang justru tampil percaya diri menghadapi Jerman dengan berhasil memberikan tekanan dari awal pertandingan. Padahal jagoan Takumi Minamino dan Takehiro Tomiyasu belum diturunkan.

Dilansir dari CNN Indonesia, Jepang bahkan diketahui hampir saja berhasil membobol gawang Jerman di menit kedelapan usai Daizen Maeda sukses meneruskan umpan silang Junya Ito. Sayangnya gol tersebut tidak disahkan wasit karena Maeda sudah berada dalam posisi offside.

Melihat upaya Jepang, Jerman akhirnya terpicu melancarkan serangan balik. Beberapa peluang cantik sebenarnya sempat didapatkan dari permainan Joshua Kimmich dan Ilkay Gundogan, namun sayangnya  belum berbuah gol.

Keberuntungan akhirnya menghampiri Jerman pada menit ke-33. David Raum dilanggar di kotak terlarang sehingga tercipta penalti. Gundogan yang maju sebagai eksekutor berhasil menghadiahi satu gol manis untuk Jerman dengan mengecoh benteng terakhir Jepang, Shuichi Gonda. Gol tersebut otomatis membawa Jerman memimpin 1-0.

Di babak kedua, Jerman yang mendominasi pertandingan sebenarnya mempunyai banyak peluang emas untuk menggandakan gol. Dilansir dari ESPN setidaknya ada sembilan tembakan tepat sasaran yang dihasilkan pemain-pemain Die Mannschaft ke gawang Jepang.

Di saat itulah peran perisai Shuichi Gonda mampu mengamankan Jepang dari kekalahan telak. Kesembilan tembakan tersebut mampu ditepis oleh kiper berusia 33 tahun itu dengan heroik. Bagaimana tidak, pada menit ke-71 saja, Gonda membuat Jerman geregetan dengan melakukan empat penyelamatan dalam waktu 20 detik.

Posisi aman tersebut membuat Jepang tetap memiliki peluang positif untuk berbalik menyamakan kedudukan. Terbukti empat menit kemudian pemain pengganti Ritsu Doan berhasil membobol gawang yang dijaga oleh kiper yang juga perisai Bayern Muenchen, Manuel Neue.

Tak berhenti sampai situ, Samurai Biru bahkan bisa berbalik unggul pada menit ke-83 berkat sontekan pemain pengganti Takuma Asano. Skor-pun mengganda menjadi 2-1 yang bertahan hingga laga usai. Di menit-menit akhir pertandingan, Jepang memilih fokus bertahan.

Kemenangan tersebut membawa Jepang memecahkan rekor barunya karena untuk pertama kalinya membungkam Der Panzer. Hasil tersebut otomatis juga menempatkan Jepang di puncak klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *