4 Kebun Teh Cantik di Jawa Tengah, Cocok untuk Healing

Sumber: IDN Times

JatengKita.id- Kebun teh tak pernah membosankan untuk dikunjungi. Nuansa hijau asri-nya memanjakan mata sekaligus menenangkan hati. Selain itu, lokasi geografis kebun teh yang berada di daerah dataran tinggi, membuat udara di sekitarnya terasa sejuk dan segar.

Ini dia, kebun teh cantik di Jawa Tengah yang bisa kamu dan orang tersayang kunjungi di akhir pekan.

1. Kebun Teh Tambi

Sumber: IDN Times

Wonosobo tak ada habisnya menyuguhkan pesona asri khas pegunungan. Kebun teh Tambi menjadi salah satu buktinya. Sesuai namanya, kebun teh tambi berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Kebun teh tambi menjadi salah satu spot wisata favorit segala kalangan usia. Pasalnya seluruh mata memandang terhampar pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Bagaimana tidak, latar belakang teh tambi adalah dua gunung megah Sindoro dan Sumbing. Gelaran hijau kebun teh tak bisa diragukan lagi, begitu asri dan cantik. Belum lagi udara khas Wonosobo terasa sangat sejuk dan segar. Benar-benar tempat yang cocok untuk melepas penat.

Kamu tak perlu takut kesulitan menyusuri kebun teh, pasalnya pihak pengelola telah menyediakan jembatan kayu yang nyaman dan aman dilalui oleh pengunjung. Tentunya fasilitas tersebut juga mampu menunjang kebutuhan foto aestethic untukmu!

Tiket masuk ke Kebun Teh Tambi sama sekali tidak mahal. Hanya Rp.10,000 untuk satu orang. Jauh lebih murah dibanding harga minuman atau snack favoritmu bukan?

2. Kebun Teh Kaligua

Sumber: Kecamatan Bumiayu

Brebes ternyata juga memiliki kebun teh cantik yang sayang untuk kamu lewatkan lho! Lokasinya sendiri berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Kebun teh ini berada di tengah area agrowisata kebun teh Kaligua, tepatnya 20 Km sebelah timur kota Kecamatan Bumiayu atau 15 km dari pertigaan Kaligua (dekat Flyover Kretek).

Kebun Teh Kaligua dimiliki oleh PTPN IX dan merupakan warisan Cultur Onderneming dari Belanda. Dahulu, Fan Jhon Pletau co, ditunjuk sebagai perwakilan yang ditempatkan di Indonesia. Sementara pengelolaannya dipegang oleh seorang pengusaha bernama Van De Joeng.

Kawasan kebun teh Kaligua sendiri memiliki ketinggian bervariasi antara 1.500 – 2.050 mdpl. Tak heran, suhu udara area tersebut terasa begitu sejuk. Suhu tertinggi-nya saja hanya menyentuh angka 20 derajat selsius. Sementara suhu terendahnya dapat mencapai angka 4 derajat selsius. Sobat yang tak biasa berada di lingkungan bersuhu dingin tentunya harus menyiapkan pakaian hangat sebelum memutuskan berangkat.

Jangan ragukan pemandangannya. Kebun Teh Kaligua memiliki latar belakang cantik yakni Gunung Slamet. Jika bosan berkeliling kebun teh, kamu juga bisa menjajal menyusuri goa peninggalan jepang dan aneka wahana agrowisata lain di kawasan tersebut.

3. Kebun Teh Kemuning

Sumber: Yanacircle

Berlokasi tak jauh dari Kota Solo, kebun teh Kemuning menawarkan pemandangan alam yang memukau. Kebun teh Kemuning bisa kamu jangkau 42 kilometer dari jantung kota Solo, atau sekitar satu jam perjalanan saja. Lokasi tepatnya berada di Dusun Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanyar.

Hamparan hijau kebun teh bagaikan permadani sejauh mata memandang. Kamu tidak akan bosan seharian memandangi kebun teh. Udara sejuk khas pegunungan ditambah view yang begitu asri mampu memenangkan dan merefresh pikiran. Dijamin kamu akan malas beranjak pulang.

Kebun Teh Kemuning tak hanya menyajikan keindahan kebun teh saja lho, Pihak pengelola menyediakan aneka paket wisata berupa kegiatan-kegiatan menarik hingga menantang untuk menemanimu menikmati pemandangan sekitar dengan cara yang unik, dan berbeda. Liburanmu tentu saja akan jauh lebih berkesan.

Pengunjung kebun Teh Kemuning tak perlu capek-capek berjalan kaki untuk menikmati keindahan kebun teh dari dekat. Pasalnya terdapat paket wisata perjalanan dengan menaiki mobil Jeep lho. Satu unit mobil jeep dapat dinaiki oleh empat smapai lima orang penumpang. Tak tanggung-tanggung pengunjung akan diajak berkeliling selama delapan jam menyusur kawasan perkebunan. Wah benar-benar puas bukan.

Kamu yang tertarik memacu adrenalin bisa menjajal kegiatan Paralayang di atas kebun teh Kemuning. View kebun teh yang cantik tentu akan terlihat berlipatganda lebih indah jika dilihat dari ketinggian dengan latar belakang langit biru. Tenang saja, bagi pengunjung yang belum berpelangaman akan terbang dengan ditemani oleh pemandu paralayang profesional, sehingga tak perlu lagi khawatir dan takut mencoba.

4. Kebun Teh Medini

Sumber: Mytrip123

Kebun Teh Medini, mendiami kawasan lereng Gunung Ungaran dengan luas 386 hektar. Lokasi tepatnya berada di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Kebun teh ini sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya di tahun 1901. Saat ini kebun teh dikelola oleh Pabrik Teh Rumpun Sari Medini.

Saat cuaca cerah, kamu bisa menikmati keindahan hamparan kebuh teh hijau dan pepohonan besar di sekelilingnya. Latar belakang pemandangan dari kebun teh Medini sudah tentu akan membuat dirimu berdecak kagum. Ya, Gunung Ungaran berdiri gagah seolah ingin menjadi tokoh utama dalam pandanganmu. Namun bila cuaca sedikit mendung ataupun berkabut, kamu tetap akan dapat menikmati kebun teh dengan jarak pandang tertentu. Menariknya suasana dapat menjadi lebih indah, sendu dan mistis di saat yang bersamaan.

Tak berbeda dengan kebun teh Kemuning, kebun teh Medini juga mempunyai goa peninggalan jepang. Goa tersebut hanya berbentuk lubang-lubang besar tanpa tanda khusus. Selain itu tak ada petugas atau penjaga khusus yang akan memandumu menelusuri goa. Oleh karena itu, jika kamu ingin mencoba menelusuri goa, ada baiknya kamu mengunjungi goa tersebut secara beramai-ramai dengan penerangan yang memadai dan kehati-hatian yang ekstra, karena biar bagaimanapun suasana goa begitu gelap. Selain itu hawa mistis dan lembab sangat kuat terasa.

Aktivitas lain yang bisa kamu coba adalah berkemah. Area perkemahan tersedia di tengah-tengah kebun teh dan biasa disebut Kawasan Perkemahan Promasan. Berkemah di kawasan ini tentunya dapat menjadi alternatif bagi kamu yang enggan untuk berlelah-lelah mendaki Gunung Ungaran. Wisatawan biasa mendirikan tenda dan menginap di Promasan untuk mendapatkan momen sunrise. Pasalnya pemandangan sunrise di Promasan benar-benar ciamik dan tak terlupakan.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *