4 Manfaat Pisang Rebus Ini Jarang Orang Tahu

Manfaat Pisang Rebus
Pisang Rebus - Manfaat Pisang Rebus Bagi Kesehatan (FOTO : iStockphoto)

Jatengkita.id – Salah satu buah di Indonesia yang mudah di dapat dan diolah adalah buah pisang. Pisang termasuk buah yang mudah sekali dijadikan ke dalam berbagai hidangan, salah satunya dengan cara direbus. Bukan sekadar camilan, pisang rebus juga punya manfaat lho! Simak selengkapnya.

Jenis pisang yang biasa diolah menjadi pisang rebus adalah pisang kepok. Manfaat pisang kepok rebus berasal dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, mulai dari vitamin, mineral, hingga antioksidan.

16 Manfaat Pisang Kepok Rebus, Tingkatkan Sistem Imun Tubuh - Hot  Liputan6.com

Pisang rebus paling mudah dibuat karena prosesnya tidaklah ribet dan pastinya simpel sekali, banyak juga yang suka dengan pisang yang direbus.

Pisang rebus memiliki tekstur yang lembut dan juga manis, sehingga siapa saja bisa menikmati hidangan yang satu ini. Selain enak dan mudah dibuat, ternyata hidangan ini baik untuk kesehatan tubuh.

Camilan ini sebagai asupan rendah kalori jadi favorit masyarakat sebagai sajian camilan yang mudah tapi tetap sehat, apalagi jika musim hujan seperti ini pastinya semakin lebih terasa enaknya karena cuaca yang mendukung.

Berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi pisang rebus:

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Pisang memang terkenal menjadi buah yang baik untuk pencernaan, hal ini juga berlaku untuk pisang yang direbus, pisang yang diolah menjadi pisang rebus biasanya menggunakan yang masih belum terlalu matang.

Karena pisang yang direbus jika mengambil buah pisang yang sudah terlalu matang maka hasil rebusannya justru tidak bagus alias jadi lembek.

Pisang memiliki kandungan serat, prebiotik dan probiotik yang dapat membantu pencernaan. Buah yang terkenal manis dan mengenyangkan ini bisa memperlancar sistem pencernaan seperti masalah sembelit.

berapa kalori pisang rebus

  1. Menurunkan tekanan darah

Buah pisang memang terkenal akan manfaatnya yang segudang, buah sejuta umat ini sangat baik untuk kesehatan seperti menurunkan tekanan darah.

Kadar kalium yang tinggi pada pisang rebus mampu untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Bagi penderita darah tinggi maka konsumsi pisang rebus bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Pisang menjadi salah satu buah penurun darah tinggi karena mengandung potasium didalamnya. Jadi, pisang rebus bisa menjadi buah pilihan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Dapat memperbaiki suasana hati

Ketika suasana hati sedang tidak menudukung pasti yang kita butuhkan adalah mengonsumsi makanan manis.

Ternyata manfaat pisang rebus untuk kesehatan berikutnya yakni membantu meningkatkan suasana hati, kalau sedang badmood kamu bisa konsumsi pisang rebus karna rasanya yang manis.

Pisang mengandung dopamin dan serotonin yang dapat membantu mengatur kadar hormon dan membuat suasana hati jauh  lebih baik. Jadi, mengkonsumsi buah pisang bisa memperbaiki mood menjadi lebih baik.

Tak perlu risau jika hati sedang tidak baik-baik saja, sebab suasana hati yang buruk selain coklat buah pisang bisa jadi pilihan yang tepat.

  1. Sebagai Pemanis Alami

Buah yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau ini bisa dijadikan sebagai pemanis alami. Jika ingin tetap makan-makanan yang manis, maka pisang jadi alternatif yang lebih sehat sebagai pemanis alami. Karena rasa manisnya ini ketika dikonsumsi tak perlu menambahkan pemanis lainnya seperti susu maupun gula.

Jadi pasti akan lebih sehat ketika mengonsumsi makanan dengan gula alami tanpa pemanis buatan didalamnya. Karena jika kita konsumsi gula secara berlebihan akan bisa meningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan juga peradangan.

Baca Juga 9 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Serta Resep Mengolahnya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *