Ini 5 Tempat Wisata di Jateng Paling Direkomendasikan Dikunjungi Saat Libur Lebaran

by
Kawasan Dieng. (Foto: Pratam Widodo/Jatengkita.id)
Gravatar Image
Ikuti Saya

Dwi Purnawan

Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.
Gravatar Image
Ikuti Saya

Jatengkita.id – Momen Libur Lebaran adalah saat – saat paling istimewa Anda bersama keluarga. Selain bersama sanak keluarga, tak jarang pula yang memanfaatkannya untuk mengunjungi objek wisata yang ada di dekat kampung halamannya. Jika Anda mudik ke Jawa Tengah, berikut adalah 5 tempat wisata yang paling direkomendasikan.

1. Dataran Tinggi Dieng

Kawasan Dieng. (Foto: Pratam Widodo/Jatengkita.id)

Di kawasan Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Daerah wisata ini berada pada ketinggian rata-rata 2.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu 10-15 derajat celcius di siang hari.

Selama di Dieng, Anda bisa mengunjungi Komplek Candi Arjuna, Museum Dieng Kailasa, Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, Tuk Bimo Lukar (mata air abadi), Telaga Merdada, hingga mengunjungi Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa yang berada pada ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut. Untuk wisata kuliner, Anda wajib mencicipi Mie Ongklok khas Wonosobo. Sementara untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli Kopi Purwaceng dan keripik jamur.

2. Candi Borobudur

Terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, candi ini sangat mudah diakses. Harga tiket masuknya pun relatif murah, hanya Rp30.000,00 (dewasa) atau Rp12.500 (anak-anak). Selain Borobudur, Anda juga bisa mengunjungi Candi Mendut dan Candi Pawon yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur. Anda juga bisa mengunjungi beberapa desa wisata yang ada di sekitarnya dengan “andhong” (Rp100.000,00, kapasitas 4 orang).

3. Kawasan Pantai Selatan

Foto via: sagoeleuser5.wordpress.com

Walaupun ombak di area ini tergolong cukup besar dan sangat berbahaya bila digunakan untuk berenang, area pantai selatan di Jawa Tengah tetap menarik untuk dikunjungi, terutama jika tujuan mudik Anda adalah kabupaten atau kota yang terletak di pesisir selatan, seperti Purworejo, Cilacap, Kebumen dan lain-lain.

Biasanya terdapat berbagai macam warung lokal dengan menu sederhana dan tak jarang pula ada yang menyediakan ikan bakar. Kontur pantai di area selatan umumnya landai dan luas, sehingga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Anda bisa mengunjungi Pantai Jatimalang di Purworejo, Pantai Suwuk di Kebumen, Pantai Teluk Penyu di Cilacap dan pantai Menganti di Kebumen.

4. Karimunjawa

Pulau Karimunjawa terkenal dengan pulau-pulau kecilnya yang cantik dan berpasir putih, serta alam bawah laut yang menakjubkan dengan karang yang indah dan ikan hias yang berwarna-warni. Karimunjawa mudah diakses dari kota mana pun di Jawa Tengah.

Anda tinggal menuju ke Pelabuhan Kartini Jepara dan melanjutkan perjalanan dengan speed boat (2 jam) atau kapal feri (4 jam). Penginapan yang ada di Karimunjawa pun sangat banyak dan beragam, mulai dari homestay sampai dengan resor mewah.

5. Solo City Tour

Foto: initempatwisata.

Selain terkenal dengan batik dan keraton-nya, wisata kuliner di Solo pun tidak boleh dilewatkan. Selama di Solo, Anda bisa mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta, Museum Batik Danar Hadi, Museum Radya Pustaka, Taman Sriwedari, Kampung Batik Lawean dan Pasar Klewer.

Anda juga bisa berwisata kuliner di Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan, Tengkleng Klewer Bu Edhi, Nasi Liwet Wongsolemu, Timlo Sastro di Pasar Gede, nongkrong di Angkringan Susu Shi-Jack dan wisata kuliner malam di Galabo. Selain itu, di Solo Anda juga bisa menaiki bis wisata (bis tingkat) Werkudara atau kereta wisata Jaladara.

 

 

About Author: Dwi Purnawan

Gravatar Image
Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *