5 Tips Mengatasi Duri Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

5 Tips Mengatasi Duri Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan
Duri ikan yang tersangkut di tenggorokan bisa menyebabkan sakit atau gatal, bahkan infeksi. (Foto : sajiansedap.grid.id)

Jatengkita.id – Ikan menjadi salah satu lauk paling banyak dikonsumsi karena kandungan proteinnya yang tinggi. Sebagai konsumen, tentu kita harus memperhatikan bahwa duri ikan bisa tertelan, loh. Karena itu, kita perlu paham cara mengatasi duri ikan di tenggorokan.

Berbagai macam jenis ikan yang sering dikonsumsi adalah ikan air tawar maupun air laut.Biasanya, ikan-ikan ini dijual di berbagai rumah makan maupun warung makan kecil.

Selain itu, ikan-ikan tersebut juga mudah ditemui di pasar seperti ikan lele, ikan nila, ikan gurami, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang suka makan ikan utuh alias langsung di masak tanpa di potong-potong. mungkin pernah tertelan duri ikan hingga tersangkut di tenggorokan.

Masalah seperti ini memang seringkali terjadi ketika seseorang terlalu menikmati ikan hingga tak terasa durinya ikut termakan. Akhirnya menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal di tenggorokan, hingga sakit saat menelan lagi.

Namun tak perlu khawatir, karena kondisi seperti ini bisa diatasi dengan cara yang mudah dan simpel.

Kita tahu bahwa duri ikan biasanya kecil dan tajam, duri ikan biasanya ketika sudah masuk akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah.

Namun, seringkali duri ikan yang masih tersangkut di tenggorokan menimbulkan masalah tersendiri bagi yang mengalaminya. Berikut ini ada beberapa tips mengeluarkan duri ikan dari tenggorokan yang bisa dicoba bila terjadi hal yang sama pada dirimu.

  1. Makan Buah Pisang
8 Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter
(Foto : alodokter.com)

Buah pisang mudah didapat dan pastinya murah dikantong, buah ini juga bisa membantu jika duri ikan tersangkut di tenggorokan.

Memakan pisang dapat mendorong duri ikan yang masih tersangkut di tenggorokan dalam perut.

Caranya cukup mudah, kamu bisa mengupas buah pisang dan mengambil satu gigitan besar dan tahan di mulut setidaknya selama beberapa menit. Kemudian telan dalam satu tegukan besar.

  1. Minum Soda

Minuman bersoda atau juga dikenal sebagai air karbonasi adalah air yang “disuntikkan” gas karbon dioksida. Minuman soda telah menjadi salah satu minuman ringan yang sangat populer di Indonesia.

Sekarang ini banyak minuman soda dengan berbagai merek dan variasi diperjualkan. Minuman bersoda banyak digemari di Indonesia karena rasanya yang manis, menyegarkan, dan adanya sensasi menggelitik di lidah ketika di sruput.

Diketahui bahwa menggunakan minuman bersoda untuk mengatasi makanan yang tersangkut di tenggorokan seperti ikan bisa teratasi.

Ketika soda memasuki perut, ia melepaskan gas. Gas inilah yang membantu menghancurkan tulang dan membangun tekanan yang dapat melepaskan makanan yang sedang tersangkut.

  1. Roti dan Air

Ketika duri ikan masih terasa nyangkut, meskipun kamu sudah berusaha minum air ataupun makan sesuatu seperti pisang, namun duri masih tetap pada posisinya maka cobalah makan roti yang dicelupkan ke dalam air.

Metode ini merupakan cara terbaik untuk mengeluarkan makanan yang tersangkut di tenggorokan. Lakukan dengan merendam roti ke dalam segelas air dan tunggu sekitar satu menit, lalu ambil satu gigitan besar dan telan utuh.

Cara ini bisa memberikan beban pada tulang ikan dan mendorongnya ke bawah sehingga ikan bisa meluncur ke dalam perut dan sudah tidak berada di tenggorokan lagi.

  1. Menelan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang bisa dikonsumsi secara langsung. Minyak zaitun juga kaya nutrisi dan manfaat, mengonsumsi minyak zaitun ternyata dapat membantu memenuhi asupan lemak sehat.

Nah, saat kita mengalami sakit akibat duri yang tersangkut di tenggorokan ternyata minyak zaitun bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Menelan satu sendok hingga dua sendok minyak zaitun bisa jadi cara yang efektif untuk mengatasi keselek atau tersangkut duri ikan.

Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelumas alami yang mampu untuk melembabkan tenggorokan dan membuat duri ikan turun dengan sendirinya ke dalam perut. Boleh sekali dicoba karena cara ini sangatlah mudah.

  1. Makan Nasi
Mengenal Manfaat Nasi Dingin untuk Penderita Diabetes
(Foto : klikdokter.com)

Tips yang terakhir adalah makan nasi. Jika semua cara sudah kamu lakukan namun tidak membuahkan hasil, mungkin tips yang satu ini bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat.

Nasi memiliki tekstur yang lembut dan dapat membantu untuk mendorong duri ikan masuk ke dalam saluran pencernaan.

Caranya dengan membentuk nasi hangat menjadi bola-bola kecil. Kemudian, telan nasi tersebut tanpa dikunyah terlebih dahulu.

Pastikan juga untuk menyiapkan segelas air putih untuk membantu mendorong nasi dan duri ikan masuk ke dalam saluran pencernaan.

Nasi dan ikan yang di masukkan secara bersamaan dapat membantu untuk menurunkan duri ikan dan membuatnya ikut mengalir bersama menuju ke dalam perut.

Baca juga : 16 Olahan Ikan Ala Rumahan yang Bisa Bikin Nagih

Rekomendasi untuk anda : Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *