6 Alat Dapur yang Wajib Dimiliki untuk Pemula

Alat Dapur
Alat Dapur yang Harus ada di dapur (FOTO : iStockphoto.com)

Jatengkita.id – Bagi kamu yang belum mahir memasak dan ingin belajar, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dulu. Selain persiapan mental persiapan peralatan masak juga sangat penting dilakukan. Berikut ini beberapa alat dapur yang wajib dimiliki!

Apalagi buat kamu yang baru menikah, berada di dapur menjadi hal yang asing jika sebelumnya tidak terbiasa. Berada di sekitar dapur kalau tidak sering tentu akan kebingungan sendiri, bahkan jika sudah ada bahanpun masih bingung dengan apa yang harus di masak atau bisa juga masih asing dengan peralatannya.

Nah pembahasan kali ini, akan cocok sekali bagi kamu yang baru menikah dan pengen masak namun dengan melengkapi peralatan dapur yang baru.

Dapur jadi area yang kompleks karena banyak printilan yang biasanya tersimpan untuk alat masak, jika masih belajar memasak, kamu tidak perlu  memiliki peralatan masak yang komplit.

Karena kamu hanya perlu beberapa alat dapur saja untuk menunjang acara masak-masakmu.  Berikut ini perlengkapan dapur yang paling mendasar bagi pemula yang wajib dimiliki.

  1.     Panci

Alat dapur pertama yang wajib dilimiliki yaitu panci, sebenarnya panci dikatakan sebagai alat dapur yang multifungsi. Ukuran panci pun bervariasi, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Ada berbagai jenis panci yang bisa kamu gunakan, mulai dari panci sayur dan panci stock pot yang biasanya lebih tinggi dari panci sayur biasa. Panci jenis ini sering digunakan untuk merebus daging dan membuat kaldu.

Beragam Jenis Wajan dan Panci dan Cara Merawatnya | Endeus.TV

Bermacam-macam alat dapur yang memiliki jenis berbeda, salah satunya ada panic yang biasa dipakai untuk memasak beragam hidangan.

Panci sendiri kini mulai dibagi lagi sesuai kebutuhan. Menggunakan panci sesuai fungsinya bisa mempermudah memasak, lebih aman, dan juga nyaman.

  1.     Talenan

Talenan berfungsi untuk alas atau tatakan memotong sesuatu seperti daging, buah, sayur dan bumbu, bahan-bahan lainnya.

4 Tips agar Talenan Kayu Tidak Berlumut dan Berjamur - Food Fimela.com

Proses memotong bahan masakan lebih mudah menggunakan telenan, tanpa adanya telenan pasti akan kesulitan. Sehingga telenanan menjadi alat dapur yang wajib dimiliki, Jenis telenan juga bermacam-macam, mulai dari bahan kayu hingga bahan plastik.

Fungsi talenan kayu adalah sebagai alas buat memotong sayuran atau buah-buahan. Jika dibandingkan dengan bahan lain, fungsi talenan kayu bisa lebih awet untuk penggunaan jangka panjang karena teksturnya lebih kokoh.

Talenan plastik biasanya lebih ringan dan terdiri dari berbagai warna yang menarik. Fungsi utama talenan plastik adalah sebagai alas memotong daging. 

  1.     Pisau

Peralatan memasak yang satu ini memang bentuknya tajam, namun sangat bermanfaat. Pisau digunakan untuk memotong agar lebih mudah saat mengiris bahan masakan seperti cabai,  bawang, sayuran, hingga daging-dagingan.

Pisau, Mengatur, Cincang Board, Mengiris

Bahannya juga bermacam-macam, mulai dari stainless steel sampai keramik. Kamu bisa pilih sesuai keinginan, sebagaimana fungsinya untuk memotong ketersediaan pisau di setiap dapur rumah tangga umumnya menggunakan satu atau 2 pisau saja.

Menggunakan jenis pisau tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pemotongan akan mempermudah dan mempercepat pemotongan.

Ada beberapa jenis pisau yang bisa digunakan yakni pisau boning knife adalah pisau yang biasa digunakan untuk fillet, pisau jenis ini memiliki bentuk yang ramping memiliki ujung yang melengkung dan runcing.

Kemudian ada  Bread knife merupakan jenis pisau dapur digunakan untuk mengiris roti, secara bentuk bread knife memiliki ukuran yang lebih panjang dan bergerigi. Lalu ada Cleaver knife adalah jenis pisau yang berfungsi untuk berbagai jenis makanan, sayur, dan memotong tulang daging yang besar karena bentuknya yang lebar dan juga lebih kuat.

Terakhir ada fluting knife, jenis pisau ini memiliki ukuran kurang lebih 5-10 cm yang berguna untuk membuat hiasan pada piring agar makanan lebih terlihat indah dan menarik untuk disajikan. 

  1.     Sutil

Peralatan masak berikutnya yakni sutil, sutil atau sering disebut sebagai spatula menjadi bagian penting dari proses memasak.

Mainan, Peralatan Dapur, Dapur

Spatula yang satu ini tentu sudah tidak asing untuk para ibu di rumah yang suka berperang di dapur. Alat ini digunakan sebagai sendok pengaduk makanan dengan gagang yang panjang.

Tentunya memasak tanpa sutil akan terasa sulit, sehingga alat ini wajib dimiliki. Sutil memiliki beberapa variasi mulai dari Spatula kayu. Jenis kayu yang paling populer dibuat adalah kayu mahoni. Sebagian besar spatula kayu digunakan untuk menggoreng makanan, atau mengaduk tumisan di atas wajan.

Ada juga spatula stainless, jenis spatula ini dengan ujung sendok yang tumpul agar tidak menggores atau merusak permukaan wajan.

Pajang gagangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih yang bergagang panjang untuk memasak di atas wajan yang besar untuk menghindari panas.

  1.     Wajan Anti Lengket

Ada banyak jenis wajan salah satunya jenis wajan anti lengket. Alat yang satu ini punya banyak sekali varian dan juga ukuran.

Telur, Keranjang Telur

Biasanya wajan dengan ukuran sedang bisa dipakai untuk menggoreng dan menumis. Selain itu, wajan anti lengket juga memiliki jenis bahan yang variatif, mulai dari bahan keramik, cast iron, marble, dan stainless steel.

Menggunakan wajan anti lengket dapat mengurangi minyak atau bahkan tanpa minyak untuk menggoreng berbagai makanan. Semakin sedikit minyak yang digunakan untuk menggoreng, maka semakin baik untuk kesehatan.

  1.     Ulekan

Salah satu peralatan memasak yang tak boleh dilupakan yakni ulekan. Ulekan befungsi untuk menghaluskan bumbu.

Tips Memilih Cobek Batu yang Asli, Hasil Ulekan Jadi Nikmat

Meskipun dengan berkembangnya zaman banyak alat modern yang bisa mempermudah acara memasak kita di dapur terutama saat menghaluskan bumbu, tapi ulekan jadi barang wajib orang Indonesia yang harus ada di dapur lho.

Konon, meski bisa menggunakan blender sebagai alat penghalus bumbu, tapi rasa yang dihasilkan bisa jadi tak sama.

Ulekan biasanya digunakan untuk membuat sambal bertekstur kasar, ulekan seolah jadi alat masak yang umum ada di dapur orang Indonesia. Meskipun sudah banyak alat modern, uniknya lagi, alat untuk menghaluskan atau menggerus bahan makanan tradisional ini masih eksis hingga sekarang.

Baca Juga Nostalgia Bersama Deretan Alat Dapur Tradisional Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *