6 Buah Ini Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan

musim hujan
Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan (FOTO : Pixabay)

Jatengkita.id – Musim hujan telah tiba, pastinya di musim ini cuaca akan sering mendung dan bahkan hujan deras melanda setiap hari. Saat musim hujan sebagian orang akan lebih bersiap siaga karena umumnya saat pergantian musim kondisi badan jadi tidak menentu, walaupun sakit dapat dialami seseorang kapan dan dimanan saja.

Perubahan musim khususnya saat musim penghujan lingkungan cenderung jadi lembap sehingga menyebabkan bakteri dan virus.

Hujan, Sepatu Bot, Payung, Basah

Hal tersebut bisa saja menyebabkan berbagai penyakit. Biasanya, saat pergantian dari musim panas ke musim hujan, baik anak-anak maupun orang dewasa banyak yang jatuh sakit.

Hal ini karena saat musim hujan virus dan bakteri bisa berkembang lebih cepat. Sehingga, perubahan kondisi cuaca dapat mempengaruhi tubuh menjadi lebih rentan sakit.

Pada musim ini, banyak sekali keluhan yang sering muncul khususnya keluhan pada saluran pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokkan, hingga demam. Penyakit-penyakit tersebut adalah keluhan penyakit yang sering muncul di musim hujan.

Pada saat pergantian musim seperti musim hujan, biasanya suhu udara menurun, udara menjadi lebih dingin dari biasanya.

Dingin, Saya Akan, Termometer Klinis

Saat udara menjadi dingin bisa menyebabkan replikasi atau pertumbuhan kuman menjadi lebih cepat berkembang, tentu hal ini dapat meningkatkan risiko terinfeksi.

Suhu udara yang menurun dan kelembapan yang meningkat saat hujan membuat virus hidup lebih lama dan bakteri cepat menyebar.

Oleh karena, untuk menjaga kesehatan di musim hujan, perlu mengonsumsi berbagai buah-buahan yang bisa menjaga dan meningkatkan imunitas.

Berikut deretan buah yang wajib dikonsumsi saat musim hujan agar imunitas tetap terjaga dengan baik.

  1. Jambu Biji

Buah satu ini sudah tidak asing lagi di telinga, apalagi pertumbuhannya hampir menyebar di seluruh Indonesia. Buah ini sering dijuluki “superfood” karena kandungan nutrisinya yang luar biasa.

Buah Jambu Merah dengan daun dengan latar belakang taman buram, buah Jambu Biji Merah Muda Segar di keranjang kayu di atas latar belakang pertanian alami. foto stok

Jambu biji dianggap sebagai buah yang populer di negara-negara Asia Tenggara. Buah tropis ini menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi ketika musim hujan.

Buah yang memiliki banyak biji ini termasuk dalam keluarga Myrtle, jambu biji cocok dikonsumsi saat musim hujan karena kaya akan vitamin C,  hal ini tentu baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Kandungan serat pada buah jambu biji cukup tinggi, yakni 5,4 gram.

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji mendukung pencernaan yang sehat dan membantu mengontrol kadar gula darah. Buah jambu biji adalah buah tropis yang kaya akan manfaat kesehatan dan memiliki rasa yang lezat.

  1. Pepaya

Buah pepaya merupakan buah tropis yang tidak hanya buahnya saja yang dapat dimakan, tetapi daun pepaya juga dapat digunakan sebagai sayuran hijau yang kaya akan nutrisi.

Buah, Pepaya, Pepaya, Pepaya, Pepaya

Pepaya merupakan buah yang cocok di makan saat musim hujan. Hal ini karena pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin A yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Vitamin A memperkuat lapisan lendir pelindung di dalam tubuh sehingga mengurangi risiko infeksi. Selain itu, pepaya merupakan salah satu sumber terbaik vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, kulit yang sehat, dan proses penyembuhan.

Tak lupa bahwa buah ini juga mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan dan dapat membantu mengurangi risiko sembelit. Buah Pepaya bukan hanya lezat, tetapi juga penuh dengan berbagai manfaat untuk kesehatan.

  1. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang banyak peminatnya di Indonesia, buah mangga mudah ditemukan baik di supermarket, warung sayur, maupun pasar.

Buah Mangga, Hd Mangga, Buah Mangga

Ada beberapa mangga yang paling populer di Indonesia yakni mangga harum manis, mangga gedong gincu, mangga lali jiwo, mangga indramayu, dan mangga manalagi. Warna kulitnya maupun dagingnya juga beragam, ada mangga berwarna hijau, kuning, hingga merah keunguan.

Mangga merupakan buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan. Buah ini kaya akan vitamin A dan vitamin C yang diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Rasanya yang manis, aroma yang sedap, dan tekstur yang lezat menjadi camilan yang enak terutama di musim hujam. Apalagi buah ini mengandung mineral yang penting untuk imunitas, yaitu zink dan selenium. Sehingga bisa mengurangi radikal bebas dan peradangan di dalam tubuh.

Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat. Tentunya buah ini mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalium, dan serat. Selain itu, buah mangga juga rendah lemak jenuh dan juga kolesterol.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang lezat dan sehat, jeruk merupakan salah satu buah yang paling dikenal dan sering dikonsumsi di dunia.

Jeruk, Buah-Buahan, Persimpangan, Bagian

Buah segar yang satu ini memiliki beragam jenis seperti jeruk manis, jeruk nipis, jeruk bali, dan jeruk keprok. Tentunya setiap jenis memiliki rasa dan aroma yang unik, buah ini juga sering digunakan dalam berbagai hidangan kuliner seperti saus, salad, hingga minuman jus.

Jeruk kaya akan vitamin C, vitamin C ini baik untuk menjaga kekebalan tubuh saat hujan. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu, jeruk mengandung serat makanan yang tinggi, serat ini membantu dalam pencernaan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit usus.

  1. Tomat

Tomat biasanya dijadikan sebagai bahan masakan dan kaya akan manfaat. Tomat adalah salah satu buah yang paling umum digunakan dalam berbagai hidangan.

Tomat, Buah, Makanan, Memanen

Termasuk ke dalam keluarga Solanaceae, yang juga mencakup tanaman seperti kentang, terong, dan paprika, tomat baik dikonsumsi saat musim hujan. Halini karena tomat memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tomat mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan sejumlah senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain menjaga kondisi tubuh saat hujan, tomat baik untuk kesehatan tulang, buah ini kaya akan mineral yang dibutuhkan untuk kepadatan tulang, seperti kalsium, dan fosfor.

Jadi, tomat adalah salah satu bahan dasar penting dalam berbagai resep masakan yang kaya akan nutrisi dan cocok dikonsumsi ketika musim hujan.

  1. Apel

Secara umum buah apel memiliki warna merah atau hijau. Daging buah apel  juga cenderung keras tetapi enak saat dinikmati, buah apel menjadi salah satu buah yang disukai oleh banyak orang.

Apel, Buah-Buahan, Tanah Pertanian

Buah yang bisa menggoda dari segi kulit serta bentuknya ini begitu populer, buah apel mengandung sejumlah gula alami yang dapat membuat imun lebih terjaga. Apel mengandung berbagai nutrisi luar biasa seperti serat dan antioksidan.

Buah apel termasuk jenis buah yang sering dipilih sebagai makanan sehat dan cocok dimakan saat musim hujan. Apel mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk imun, yaitu vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin E pada buah apel mampu melindungi kekebalan tubuh dengan cara memperkuat lapisan sel-sel imun.

Sebagai buah yang populer tentu rasa hingga manfaatnya tak perlu diragukan lagi untuk dikonsumsi dan tentunya eksistensi dari buah ini menjadi favorit bagi banyak orang di seluruh dunia.

Baca Juga 7 Manfaat Buah Strawberry, Segar dan Sehat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *