7 Cara Ini Bisa Membuat Tubuh Jadi Lebih Sehat

FOTO : Jurnalis Nuansa

Jatengkita.id – Banyak yang bilang bahwa kesehatan itu mahal harganya, itu sebabnya menerapkan gaya hidup sehat amatlah penting. Gaya hidup sehat tentu menjadi hal yang harus diterapkan setiap orang dalam kehidupannya sehari-hari. Hal tersebut agar tubuh tetap sehat dan jauh dari risiko terkena penyakit. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan berbagai penyakit muncul pada tubuh seseorang, di antaranya seperti gaya hidup yang tidak sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat yang paling mudah bisa dimulai dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi, begitu juga dengan berbagai aktivitas fisik yang kita lakukan. Namun, sering kali karena manusia lalai dalam menjaga kesehatan tanpa disadari terkadang gaya hidup sehari-hari yang salah dapat menyebabkan seseorang jatuh sakit. Untuk mencegah risiko terkena berbagai penyakit sangat dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat, padahal menjalani gaya hidup sehat merupakan suatu hal yang sudah seharusnya dilakukan setiap orang.

9 Pola Hidup Sehat Bingo!

Hal ini bukan saja demi kesehatan tetapi juga terkait dengan kelangsungan hidup secara keseluruhan. Jika kita memiliki tubuh yang sehat, akan menjadikan kita lebih produktif dan memiliki kesempatan menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain. Jika kamu berpikir bahwa menjalani pola hidup sehat adalah sesuatu yang sulit maka hal itu tidak lah benar, karena ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar gaya hidup lebih baik, sehat serta produktif. Karena dari gaya hidup yang kita jalani dengan baik dan sehat, akan banyak manfaat yang ditawarkan seperti imun tubuh jadi lebih stabil, terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, awet mudah, dan panjang umur.

Selain dengan pola makan yang teratur serta makan makanan yang bergizi, bentuk menjalani gaya hidup sehat lainnya yakni  istirahat yang cukup, tak lupa rajin berolahraga serta selalu berpikir positif agar terhindar dari permasalahan kesehatan batin atau kesehatan mental, agar kehidupan yang kita jalani terasa bahagia. Sebab kebahagiaan bukan hanya datang dari hal-hal yang menyenangkan saja yang memberikan ketentraman di hati, namun kesehatan jiwa dan raga yang terjaga dengan baik juga menjadi sumber lain dari kebahagiaan yang bisa diraih dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Sayangnya, kesadaran akan gaya hidup sehat ini masih kurang diperhatikan oleh sebagian orang, karena masih banyak orang yang menjalani gaya hidup tidak sehat seperti sering begadang, kurang aktif bergerak, kurang konsumsi air putih, pola makan yang salah, hingga mengonsumsi rokok dan alkohol. Beberapa contoh gaya hidup tidak sehat tersebut harus segera dihindari agar mendapatkan kualitas dan kesehatan yang baik.

Meskipun banyak faktor penghambat seperti  terlalu banyak begadang, ngemil, malas gerak, dan jarang olahraga, gaya hidup yang tidak baik seperti ini tentunya rentan membuat seseorang lebih berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Misalnya seperti gangguan metabolisme, masalah sendi dan tulang, penyakit kardiovaskular, hipertensi, kelebihan berat badan, dan masih banyak yang lainnya.

Oleh sebab itu saat ini, banyak orang ikut mengkampanyekan pola hidup sehat melalui kebiasaan sehari-hari yang dilakukan. Alih-alih menekankan pada diet ekstrem yang diyakini banyak orang mampu membakar lemak, dan membuat tubuh lebih kurus sehingga terlihat proposional, padahal sudah banyak yang berpendapat dan membuktikan dengan referensi ilmiah bahwa diet seperti ini tidak membuat sehat baik secara fisik maupun mental. Karena gaya hidup sehat sebenarnya adalah kesatuan dan kombinasi dari segala aspek kehidupan yang di dalamnya termasuk pola makan, olahraga, kesehatan mental, relasi dengan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang kemudian membuat setiap orang bisa jadi memiliki konsep dan penerapan gaya hidup sehat yang berbeda-beda. Berikut ini tujuh contoh gaya hidup sehat yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Perhatikan Makanan yang dikonsumsi

Konsumsi makanan yang sehat mampu menjaga tubuh dari berbagai penyakit, tubuh memerlukan makanan yang sehat untuk mendukung pertumbuhan dan fungsi kerja organ. Makanan sehat untuk tubuh memiliki manfaat yang luar biasa, kecukupan makanan bernutrisi seimbang juga meminimalisir risiko penyakit. Tubuh memerlukan berbagai asupan untuk menunjang kinerja organ tubuh dan kesehatan menjadi lebih baik.

Mengonsumsi makanan yang bergizi erat kaitannya dengan gaya hidup sehat, karena, pola makan yang tepat dan sehat dapat membantu mencapai berat badan ideal dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Jika memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya mengonsumsi makanan sehat sangatlah penting dilakukan. Pasalnya, pola makan yang sehat sangat berpengaruh pada kesehatan untuk mengontrol asupan makanan dan sebagai pengingat agar bisa membatasi saat mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan bergizi tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik saja, tetapi juga suasana hati.

Menyantap makanan sehat tidaklah sulit, apalagi banyak sekali makanan sehat di sekitar kita yang bisa didapat dan dikonsumsi dengan sangat mudah, yang mampu memberikan beragam kandungan nutrisi dalam jumlah yang memadai. Adapun jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari seperti buah-buahan (anggur, semangka, apel, jeruk, alpukat, pisang, buah-buahan bery) dan sayur-sayuran (brokoli, kale, wortel, sayuran berdaun hijau), daging, dan telur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan makanan laut lainnya, serta susu.

  1. Hentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari akan mempengaruhi gaya hidup seseorang, dengan gaya hidup tidak sehat seperti merokok akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Bahaya merokok bagi kesehatan bukan saja bagi perokok itu sendiri, tetapi juga bagi orang sekitar karena efek dari asap rokok atau perokok pasif.

Bagi orang-orang yang suka merokok, mereka belum tahu tentang pengertian kesehatan yang sesungguhnya. Karena bagi mereka merokok adalah hal yang sudah biasa alias hal lumrah, bahkan ada saja orang yang merasa jika sehari tanpa merokok mulut seakan kecut dan tidak enak. Padahal ada beragam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung dan paru-paru, penyakit paru obstruktif kronis, hingga kanker.

Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga tidak baik, apalagi dikonsumsi secara berlebihan mampu melemahkan otot-otot jantung. Akibatnya, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Kondisi ini ditandai dengan sejumlah gejala seperti sesak napas, detak jantung tidak teratur (aritmia), kelelahan, batuk berkepanjangan, bahkan hipertensi, stroke, dan serangan jantung. Sehingga kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol sebaiknya segera di hentikan demi kesehatan tubuh.

  1. Berikan Waktu yang Cukup untuk Istirahat

Istirahat adalah salah satu kebutuhan dasar manusia selain makan dan bernapas. Kebutuhan istirahat setiap orang juga biasanya berbeda-beda. Istirahat sangat penting bagi manusia karena dengan beristirahat kita dapat menyegarkan tubuh kita kembali. Dengan memiliki waktu istirahat, tubuh mengalami perbaikan diri, pertumbuhan dan lain lain, istirahat yang cukup merupakan kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan istirahat yang baik, seperti dengan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dan merelaksasikan diri. Pentingnya istirahat yang cukup agar mendapatkan kesehatan yang baik, karena bila kurang beristirahat maka sistem kekebalan tubuh tidak bisa terbentuk ulang sehingga menyebabkan rentan berbagai penyakit.

  1. Perbaiki Pola Tidur 

Tidur adalah kebutuhan mendasar bagi tubuh. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu dan sadar akan pentingnya pola tidur yang baik dan benar. Pentingnya jam tidur yang ideal bagi kesehatan tentunya memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan kualitas hidup seseorang. Memperbaiki pola tidur adalah penerapan gaya hidup sehat yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit.  Karena jam tidur yang ideal demi menjaga kesehatan tubuh dan otak untuk mengawasi kerja sistem-sistem di dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun kebutuhan tidur juga bisa berbeda-beda setiap orang, tergantung pada kondisi tubuh dan padatnya aktivitas harian seseorang. Oleh karena hal itu, pentingnya dalam menata waktu tidur malam mu dan memastikan bahwa hal tersebut cukup demi menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Apalagi setiap orang memiliki pola tidur yang berbeda, sehingga aktivitas dan kebiasaan tidur yang dijalaninya juga berbeda setiap harinya.

  1. Aktif Bergerak dan Rajin Berolahraga 

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, aktif bergerak dan olahraga juga memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Olahraga merupakan suatu kegiatan yang melibatkan fisik yang terencana dan terstruktur melalui gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Jika kamu memiliki kebiasaan duduk diam atau tidak melakukan aktivitas fisik yang berarti dalam satu hari, sekarang saatnya untuk berubah. Karena faktanya, aktif bergerak serta rutin berolahraga adalah gaya hidup sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Tidak hanya itu, aktivitas fisik juga bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan tidak mudah sakit. Olahraga secara teratur juga bermanfaat untuk dapat meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan organ jantung. Tidak perlu melakukan olaharaga yang berat dan menantang, kamu bisa memulainya dengan lebih banyak melakukan aktivitas fisik dan berolahraga ringan, seperti berjalan kaki atau jogging.

  1. Kelola Stres

Stres adalah hal yang sulit untuk dihindari, bahkan hampir setiap orang pernah mengalami stres. Stres merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun, kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Karena jika terlalu berlarut-larut tentunya dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan. Stres juga bisa berdampak negatif bila sering terjadi secara berkepanjangan, atau dibiarkan tanpa penanganan, ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress.

Agar stres tidak semakin berat atau menimbulkan masalah kesehatan sangat penting bagi orang agar bisa mengurangi dan mampu mengendalikan stres dengan baik. Karena terkadang dalam kondisi normal, stres bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu, bisa belajar mengelolanya dengan cara meluangkan waktu untuk rileks sebentar, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Selain itu, bisa dengan cara mensyukuri hal-hal yang sudah dimiliki dan apa yang telah dicapai agar membuat jiwa lebih tenang.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres agar tidak berkepanjangan, sebab bila terlalu dipikirkan setres bisa memicu berbagai penyakit. Beragam cara mudah untuk mengatasi stress di antaranya: melakukan meditasi selama 10–20 menit, bisa dilakukan sebanyak 4–5 kali dalam seminggu, hal ini agar bisa menenangkan pikiran, kegiatan meditasi ini dapat menurunkan kadar hormon stres, yaitu kortisol, sehingga kamu akan jauh lebih tenang.

Selain itu bisa juga melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti menggambar, memasak, berkebun, bermain bersama hewan perliharaan, atau sekadar bernyanyi, kegiatan seperti ini akan membuat seseorang merasa bahagia dan melupakan masalah yang ada, dengan begitu tubuh dan pikiran bisa lebih rileks.

  1. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif dapat membantu kita dalam mengatasi pikiran negatif, dengan berpikir positif akan mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika kita dapat mengembangkan sikap positif kita bisa mengontrol hidup kita dengan lebih baik, karena pada dasarnya positive thinking dalam hidup itu amatlah penting. Karena dengan pola pikir yang positif, seseorang dapat mengembangkan pola hidup yang lebih baik dan lebih sehat. Contohnya dapat mengatasi stress dengan baik dan menghindari diri dari perilaku yang tidak sehat.

Dengan adanya kebiasaan tersebut, kesejahteraan hidup seseorang seecara keseluruhan pun akan meningkat. Karena ternyata banyak manfaat tersembunyi yang bisa diraih hanya dengan mengaktifkan pikiran positif dan membuang fikiran negatif. Berpikir positif mampu memberi pengaruh yang baik bagi kondisi psikologis dan membuat kita lebih menikmati hidup. Berpikir positif menjadi salah satu cara agar berpikir logis dengan memandang sesuatu dari segi positif baik terhadap dirinya sendiri, orang lain, maupun lingkungannya.

Selain itu, dengan berpikir positif akan melahirkan kebiasaan-kebiasaan yang lebih semangat dari sebelumnya dalam menjalani kehidupan. Karena jiwa yang positif akan mendapatkan hasil yang positif, sebaliknya jika berpikir negatif maka tentunya akan menebarkan suasana negatif, seseorang yang selalu berpikir positif akan mampu bertahan lebih kuat ketika mengalami kondisi terpuruk atau hancur akibat masalah yang sedang dihadapi dan cenderung mampu melihat potensi untuk bangkit dari krisis dan trauma, serta mampu mencari solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Salah satu cara berpikir positif yang bisa dilakukan yaitu  mengembangkan optimisme, ketika kamu memiliki rasa optimisme, apa pun tantangan yang ada di depan mata akan mampu dilalui dengan pikiran positif dan rasa percaya diri.

Menerapkan gaya hidup sehat bisa dikatakan susah-susah gampang. Apalagi jika sebelumnya seseorang menjalani pola hidup yang bisa dibilang kurang baik atau tidak teratur alias berantakan. Tentunya akan mempengaruhi kualitas hidupnya. Meskipun menjalani pola hidup sehat memang tidak mudah, namun hal tersebut sangat disarankan agar seseorang dapat menjalani hari-harinya dengan benar. Oleh karena itu, diperlukan disiplin dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya.

Salah satu hal yang harus dilakukan adalah mempertahankan kebiasaan hidup sehat, gaya hidup sehat merupakan hal yang penting dan perlu diterapkan untuk membantu menjaga kebugaran tubuh serta menurunkan risiko terserang berbagai penyakit. Cobalah untuk menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, hal tersebut tentu dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab menerapkan gaya hidup sehat nyatanya tidak hanya bisa mencegah penyakit fisik tetapi juga dapat membantu memelihara kesehatan mental. Dengan menerapkan gaya hidup sehat bisa membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dan hal ini juga bisa membantu meningkatkan harapan seseorang untuk bisa hidup lebih baik dan lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *