7 Manfaat Buah Strawberry, Segar dan Sehat!

Manfaat Buah Strawberry
7 Manfaat Buah Strawberry (FOTO : Pixabay)

Jatengkita.id – Buah strawberry atau stroberi, menjadi salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Stroberi sering diburu banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Tidak hanya segar penampilannya pun cantik, merah menyala. Dibalik tampilan dan rasanya Strawberry juga kaya akan manfaat, berikut ini manfaat buah strawberry yang perlu kamu tahu!

Buah stroberi memiliki nama latin Fragaria ananassa. Strawberry atau tanaman stroberi adalah jenis tanaman hibrida yang banyak ditanam dari genus Fragaria. Buah ini menjadi salah satu buah paling populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Biasanya, buah strwoberry bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu diolah lagi, tetapi buah ini juga sering kita temukan dalam bentuk olahan seperti jus, selai roti, snack, pudding, dan olahan lainnya. Buah ini terbilang buah serbaguna karena bisa diolah menjadi berbagai makanan.

Buah yang memiliki rasa manis asam dan segar ini tentunya sering ada dalam berbagai hidangan, seperti kue, selai, es krim, dan salad. Strawberry juga kaya akan vitamin C dan serat. Sehingga baik untuk kesehatan, buah stroberi si pemiliki warna merah imut ini mengandung khasiat banyak untuk tubuh.

Tidak hanya rasanya yang nikmat saja, buah berwarna merah dengan corak bintik-bintik ini juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidak berhenti disitu, manfaat buah stroberi juga telah terbukti secara klinis. Banyak kandungan gizi di dalam buah strawberry yang bagus jika dikonsumsi.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan sifat antioksidannya, buah strawberry dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Strawberry, Buah, Daun-Daun, Kebun

Buah strawberry juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin C, mangan, folat, dan potassium. Ternyata, ada beberapa manfaat lainnya dari buah strawberry yang belum diketahui banyak orang.

Berikut kandungan gizi dalam buah strawberry yang perlu kamu ketahui.

  1. Menjaga kesehatan rambut dan mata 

Manfaat buah strawberry yang pertama dari buah stroberi ialah baik untuk kesehatan rambut. Buah strawberry selain enak tentunya memiliki banyak sekali khasiat,  buah strawberry tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah berwarna merah segar ini bisa bermanfaat juga untuk kecantikan, khususnya rambut. Di dalam buah strawberry pun bisa membantu melindungi dan membersihkan keadaan rambut. Stroberi dapat mengembalikan kilau sehat bagi rambut yang kusam, kering, dan juga rusak.

Stroberi dapat melindungi membran sel kulit kepala karena efek antioksidan di dalamnya yang cukup kuat. Antioksidan ini akan mencegah terbentuknya lapisan hidrofobik pada permukaan kulit kepala.

Stroberi memiliki kandungan ellagic acid yang tinggi. Bahan ini akan melindungi rambut dari kerontokan dan penipisan.

Stroberi bahkan berguna untuk memperlambat proses kebotakan dini. Selain itu, buah ini mempunyai segudang kandungan antioksidan dan vitamin C seperti ellagic acid, phytochemicals, phenolic dan flavonoid. Kandungan vitamin C pada strawberry  berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Sedangkan pada vitamin C yang tinggi dalam buah ini  adalah senyawa penyusun kolagen dan menjadi senyawa penyusun kornea mata.

Kandungan tersebut bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas supaya mencegah mata kering, katarak dan degenerasi makula. Selain itu, vitamin C juga terbukti menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula.

  1. Membangun kekebalan tubuh 

Rajin mengkonsumsi jus strawberry bisa membantu membangun kekebalan tubuh. Hal ini karena buah strawberry mengandung vitamin C.

Vitamin C dalam buah strawberry pun memiliki peran menjadi antioksidan yang membantu menghempaskan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

Kandungan vitamin C strawberry bahkan lebih tinggi dari pada buah jeruk yang sering digadang sebagai sumber vitamin C. Sehingga buah strawberry diberi predikat sebagai buah untuk daya tahan tubuh.

Vitamin C pada buah stroberi merupakan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh karena ditemukan dapat membantu meningkatkan ketahanan dalam melawan beberapa kuman penyebab penyakit.

  1. Mencegah resiko terserang penyakit kanker

Buah yang enak dan segar ini mengandung zat serta nutrisi yang baik untuk melawan kanker. Buah berwarna merah ini turut memiliki  kandungan antioksidan yang dapat digunakan untuk membantu melawan kanker.

Kaempferol, quercetin, anthocyanins, dan asam folat adalah sebagian jenis flavonoid yang ada di dalam buah strawberry yang mempunyai efek antikarsinogenik.

Antikarsinogenik yang terkandung di dalam strawberry bisa melawan tumbuhnya tumor yang mengakibatkan kanker dan menghindari terjadinya penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Asam fenolik meningkatkan pertahanan antioksidan dan antiinflamasi untuk melawan mutasi sel yang menyebabkan kanker. Oleh sebab itu, buah ini bisa dikatakan sebagai buah pencegah kanker.

Jadi, rutin mengkonsumsi jus strawberry sesering mungkin  bisa mencegah penyakit kanker.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah strawberry mampu mengoptimalkan kesehatan otak. Komponen seperti flavonoid dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif.

Flavonoid pada manula dapat mencegah penurunan daya ingat. Oleh karena itu, buah ini sangat dianjurkan bagi penderita alzheimer dan demensia.

Demensia sendiri merupakan gangguan yang ditandai dengan penurunan daya ingat atau kondisi di mana seseorang kesulitan untuk mengingat sesuatu dari memorinya.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada pria ataupun wanita yang sudah memasuki usia senja atau lansia, berkisar antara usia  65 ke atas. Sehingga, salah satu cara agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan menjaga pola hidup sehat, seperti mengonsumsi buah-buahan seperti buah strawberry.

Jadi,  stroberi menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi bagi seseorang berusia paruh baya guna mengurangi risiko Alzheimer dan demensia.

  1. Mampu Meredakan Gejala Arthritis 

Strawberry dikenal bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini termasuk pada pengidap radang sendi atau arthritis.

Arthritis merupakan pembengkakan dan nyeri yang dirasakan pada satu sendi atau lebih.  Gejala seperti ini ditandai dengan nyeri dan kekakuan sendi, yang biasanya memburuk seiring bertambahnya usia.

Arthritis terjadi ketika jaringan tulang rawan mengalami peradangan, sehingga mengakibatkan gangguan fungsi sendi. Mengonsumsi buah yang memiliki sifat anti peradangan seperti strawberry, bisa meredakan gejala arthritis yang mengganggu.

  1. Mencegah Dehidrasi

Ketika mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan, tubuh menjadi rentan mengalami sakit kepala, mudah lelah, masalah kulit, dan penurunan produktivitas.

Dehidrasi terjadi saat cairan yang dikeluarkan jauh lebih banyak dari pada yang masuk ke dalam tubuh. Selain lewat air, kita juga bisa menjaga kandungan air di dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti mengkonsumsi buah strawberry.

Sebab, kandungan air pada buah strawberry yang cukup tinggi ternyata mampu membantu dalam proses pemenuhan kebutuhan cairan tubuh.

  1. Mengatur Gula Darah

Tahukah kalian, mengkonsumsi buah stroberi secara teratur ternyata juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan buah stroberi mampu memperlambat pencernaan glukosa dan memoderasi penggunaan insulin terutama saat di makan bersama dengan makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Strawberry memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak memicu terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Makan buah akan memengaruhi kadar glukosa secara berbeda dibanding dengan makan makanan yang manis-manis seperti coklat, Salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah strawberry.

Baca Juga 6 Jus Ini Efektif Membersihkan Usus Kotor Beserta Resepnya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *