8 Jenis Hijab : Dari Square Hijab Hingga Pashmina

Aneka Jenis Hijab - Square Hijab
Jenis-Jenis Hijab (FOTO: newfemme.co)

Jatengkita.id – Tren fashion hijab terus mengalami perkembangan yang signifikan seiring berlalunya waktu. Meskipun beberapa gaya mungkin terlihat serupa, namun setiap kali ada perubahan yang menciptakan variasi baru, ragam model hijab juga terus berubah dan berkembang. Salah satu contoh yang menonjol adalah popularitas hijab pashmina dan square hijab yang kembali meroket.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ketika suatu tren kembali populer, itu tidak berarti bahwa itu masih sama persis seperti sebelumnya. Ada inovasi yang terus menerus muncul, baik dalam hal motif, warna, maupun cara mengenakannya.

World Hijab Day, Ini Rekomendasi Jenis Hijab yang Paling Banyak DIcari

Selain itu, tidak hanya hijab-hijab dasar seperti pashmina dan square hijab yang mendapat sorotan. Jilbab instan, yang dapat dipakai dengan mudah tanpa perlu dilipat-lipat, juga telah menjadi favorit banyak orang.

Tidak hanya itu, ragam jilbab syar’i juga meraih popularitas yang signifikan di kalangan perempuan muslim Indonesia. Ini merupakan kabar baik bagi sebuah negara dengan mayoritas penduduknya menganut agama Islam.

Fenomena ini menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya berbusana sesuai syariat Islam, khususnya dalam menutup aurat, semakin meningkat di masyarakat.

Dengan demikian, terdapat banyak variasi model hijab yang digemari saat ini, dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

Tren ini tidak hanya mencakup aspek fashion semata, tetapi juga mencerminkan perubahan budaya dan sosial dalam masyarakat.

Hal ini menunjukkan bahwa fashion hijab telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak perempuan muslim, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Beragam Jenis Hijab yang Terkenal di Pasaran

Peningkatan penggunaan hijab di Indonesia saat ini telah membuka peluang bisnis bagi sejumlah artis yang memutuskan untuk mengembangkan label busana muslim, termasuk hijab dan gamis, yang sesuai dengan gaya mereka sendiri.

Selain itu, peran influencer dan selebgram juga telah berperan dalam memperkenalkan dan mempopulerkan gaya berhijab yang unik dan sesuai dengan tren terkini. Dampak dari fenomena ini adalah munculnya berbagai model hijab yang menampilkan inovasi dan gaya kekinian.

  1. Square Hijab

Hijab segi empat merupakan salah satu varian hijab yang memiliki tempat tersendiri di hati sebagian besar orang.

Wearing Square Hijabs is Easier Than You Think!

Meskipun sempat terlupakan karena munculnya berbagai jenis kerudung instan yang lebih praktis, namun kini hijab segi empat kembali menjadi pilihan favorit.

Perkembangan dalam desain hijab segi empat membawa beragam inovasi, seperti penggunaan motif print dan kombinasi dengan aksen seperti tasel, renda, atau bahan voal yang sedang populer.

Bahan voal yang nyaman dipakai, mudah dibentuk, dan tidak mudah kusut, bersanding dengan motif print yang unik, menjadikan penampilan para hijaber semakin menarik dan cantik.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memasukkan hijab segi empat ke dalam koleksi pakaian Anda di lemari. Seperti yang dikatakan, tren fashion memang selalu berputar, dan hijab jenis ini menunjukkan bahwa gaya yang sederhana seperti ini pun bisa menjadi pilihan yang menarik dan relevan.

  1. Instan Square

Ketika dikenakan, square hijab instan ini mengadopsi bentuk square hijab tradisional, menciptakan kemudahan dalam gaya segi empat instan dasar.

SEBUOOL INSTANT SQUARE | Inaexport

Model hijab ini sangat populer di kalangan generasi muda saat ini karena kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya. Dengan hanya perlu mengenakan tanpa harus menggunakan jarum pentul, tampilan dari square instan ini sangat simpel.

Selain itu, ukurannya yang pas di leher memungkinkan penggunanya untuk beraktivitas dengan leluasa tanpa merasa terbatasi.

Instan square hadir dalam berbagai pilihan warna, dari yang lembut hingga mencolok. Sementara untuk motif, desain print dan pola monokrom mendominasi di pasaran, menyesuaikan dengan selera dan tren yang disukai oleh generasi muda.

  1. Hijab Segitiga

Hijab segitiga, sesuai dengan namanya, memiliki bentuk kain yang membentuk segitiga. Biasanya, untuk menambah kesan estetik, hijab ini dilengkapi dengan bandana yang digunakan untuk memperindah tampilannya. Anda dapat membuat simpul dari ujung kain yang berada di depan untuk memberikan sentuhan yang lebih menarik.

Jilbab Segitiga dan Apa Saja Kelebihannya

Hijab segitiga sering dipilih untuk acara-acara semi formal atau resmi. Meskipun bentuknya sederhana, namun kombinasi aksen atau tambahan yang digunakan seringkali dapat membuatnya terlihat elegan. Misalnya, payet, gliter, mutiara, bordir, dan renda sering dijadikan pilihan untuk menambahkan sentuhan glamor pada hijab ini.

Kecantikan dari hijab segitiga tidak hanya terletak pada penampilannya yang elegan, tetapi juga kemudahannya dalam penggunaan.

Tidak mengherankan jika hijab jenis ini menjadi salah satu favorit di antara berbagai macam model hijab yang sedang tren saat ini. Dengan kombinasi antara kemudahan penggunaan dan kesan elegan yang dihadirkannya, hijab segitiga berhasil mencuri perhatian masyarakat.

  1. Pashmina

Hijab persegi panjang ini kembali menjadi tren dan diminati oleh banyak orang. Mengusung inovasi dengan motif print yang sedang booming, serta kain bertekstur lipit atau plisket yang menjadi trend terbaru dalam dunia pashmina.

Pashmina Jersey Knit - Caramel

Salah satu alasan utama mengapa pashmina selalu diminati oleh para muslimah adalah karena fleksibilitasnya yang memungkinkan untuk dikreasikan sesuai dengan gaya individu masing-masing.

Selain itu, pashmina juga tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi penggunanya.

Warna-warna pastel seperti earth tone, dusty pink, dan toska sedang mendominasi tren pashmina saat ini. Kehadiran warna-warna tersebut memberikan sentuhan anggun, kesegaran, dan nuansa feminin bagi para muslimah yang mengenakannya. Dengan demikian, penampilan mereka akan semakin mempesona dan menawan.

  1. Instan Pashmina

Pashmina instan, tak kalah populer dengan pashmina biasa, merupakan salah satu model hijab yang banyak digemari.

Jual pashmina instan Harga Terbaik & Termurah Maret 2024 | Shopee Indonesia

Hijab ini berbentuk persegi panjang dan telah dilengkapi dengan tali di bagian bawah dagu, memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan dan mengkreasikannya.

Umumnya, gaya arabic menjadi pilihan utama karena kesederhanaannya yang tidak memerlukan penggunaan jarum pentul lagi.

Anti Ribet, Ini 5 Model Pashmina Instan yang Modis dan Kekinian

Namun, beberapa orang juga menciptakan gaya lain sesuai dengan selera atau acara yang akan dihadiri.

Selain pashmina instan dengan tali, ada juga model tumpuk. Model kedua ini jauh lebih sederhana karena hanya perlu dipasang.

Namun, pada pashmina instan model tumpuk, pengguna tidak memiliki fleksibilitas untuk mengkreasikannya. Jika ingin menambahkan sentuhan yang berbeda, bros atau pin dapat digunakan sebagai aksen tambahan.

  1. Scarf

Mirip dengan pashmina, scarf juga memiliki bentuk persegi panjang, meskipun sedikit lebih panjang, dan terbuat dari bahan yang lebih tipis dan ringan. Karena itulah, scarf menjadi populer di kalangan generasi muda.

10 Brand Hijab Lokal yang Rilis Koleksi Scarf Palestina

Dengan motif print yang unik dan warna-warna segar, scarf dapat meningkatkan gaya penampilan Anda dengan lebih modis.

Terdapat juga scarf bolak balik yang memiliki motif yang berbeda di setiap sisi. Hal ini memberikan Anda lebih banyak opsi untuk menyelaraskan penampilan Anda.

Anda dapat mengkreasikan gaya penggunaan scarf sesuai dengan acara atau bentuk wajah Anda. Oleh karena itu, scarf menjadi salah satu item yang harus dimiliki di antara berbagai model hijab yang tersedia saat ini.

  1. Bergo

Hijab bergo, merupakan salah satu jenis hijab instan yang praktis dan tidak merepotkan, juga telah mengalami perubahan.

5 Tips Mengenakan Jilbab Bergo

Jika dahulu hijab bergo seringkali memiliki bantalan tebal dan umumnya digunakan oleh para ibu, kini tersedia juga yang tanpa bantalan atau yang dikenal sebagai jenis Syria.

Selain itu, ada juga hijab bergo tali dengan motif cetakan menarik serta warna-warna pastel yang anggun dan menawan.

Dengan ragam pilihan ini, kaum muda juga dapat tampil modis dengan mengenakan hijab bergo saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Bahkan bagi mereka yang tetap ingin menjaga penampilan sesuai dengan prinsip syar’i, tersedia juga hijab bergo jumbo. Dengan pilihan ukuran L atau XL, Anda dapat memilih hijab bergo syar’i yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Perkembangan ini mencerminkan adaptasi industri hijab terhadap kebutuhan dan tren yang beragam di masyarakat.

Dengan menyediakan berbagai pilihan yang fleksibel dan sesuai dengan selera pengguna, industri hijab mampu memenuhi kebutuhan akan hijab yang tidak hanya praktis, tetapi juga sesuai dengan nilai-nilai dan gaya hidup yang diinginkan oleh masyarakat modern.

  1. Khimar

Salah satu variasi hijab instan yang sedang populer di Indonesia saat ini adalah hijab syar’i atau khimar. Dengan panjang yang mencapai perut di bagian depan dan hingga betis di bagian belakang, khimar memberikan tampilan yang anggun dan sesuai dengan prinsip syar’i.

Jual NEW FRENCH KHIMAR by Maslahaniqab I DAILY FRENCH KHIMAR - choco - Kab.  Bandung - Maslahaniqab | Tokopedia

Khimar hadir dalam beragam model, mulai dari yang menggunakan soft pad atau pad antem, pad tebal, hingga yang tanpa pad.

Selain itu, tersedia juga khimar dalam desain polos maupun motif. Desain yang elegan membuatnya cocok digunakan baik untuk acara formal maupun kegiatan keagamaan.

Saat ini, khimar layer menjadi favorit di kalangan masyarakat. Seperti halnya jenis hijab sebelumnya, khimar juga sering ditemui dalam berbagai warna pastel yang sedang populer.

Umumnya, khimar disertakan dalam satu set dengan gamisnya, sehingga Anda tidak perlu repot memilih padanan yang cocok saat mengenakannya.

Mirip dengan variasi hijab lainnya, khimar juga tersedia dalam berbagai jenis bahan. Semakin tinggi kualitas bahan yang digunakan, biasanya semakin tinggi pula harganya. Hal ini wajar mengingat ukuran yang besar dan desain yang menawan dari khimar tersebut.

Baca Juga Kenali 10 Istilah Populer dalam Dunia Fashion 

Writer: Laila InsiyahEditor: Ida HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *