9 Objek Wisata Jawa Tengah yang Terkenal Hingga Mancanegara

FOTO : Kawasan Dieng Plateu diselimuti kabut (dok. Indonesia Travel)

Jatengkita.id – Jawa Tengah merupakan sebuah wilayah Provinsi di Indonesia yang letaknya dibagian tengah Pulau Jawa, Provinsi Jawa Tengah berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia, serta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan.

Jawa Tengah menyimpan harta kekayaan berupa sumber daya alam, kuliner, serta sosial budaya yang sangat beragam.

Jawa tengah juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan mengagumkan, ada berbagai wisata di Jawa Tengah yang bisa kamu jelajahi.

Wisata di jawa tengah pun menjadi daya tarik Provinsi yang satu ini, tempat-tempat di Jawa Tengah yang dibuka sebagai destinasi wisata sangat rekomended untuk masuk ke dalam wish list jalan-jalan kamu.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang atraktif dan penting, tentunya tidak hanya untuk turis lokal saja, namun  juga mancanegara. Berikut tempat wisata unik dan menarik di Jawa Tengah yang terkenal hingga ke mancanegara.

  1. Dieng
FOTO : Indonesia Travel

Dieng merupakan obyek wisata yang berada di provinsi Jawa Tengah tepatnya berada di dataran tinggi Wonosobo. Lokasinya berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Secara administratif, dataran tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dieng kerap dijuluki negeri di atas awan.

Dieng seringkali diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari, dieng menjadi salah satu wisata favorit bagi warga jateng, hal ini karena Dieng menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona dan memuaskan bagi para wisatawan.

Itinerary Singkat Wisata Sehari di Dieng, Pagi-Sore Tanpa Menginap Halaman  all - Kompas.com
FOTO : Travel Kompas
Telaga Warna (Dieng) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
FOTO : Wikipedia

Terdapat banyak obyek wisata di dataran tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya sebagainya. Jadi, Dieng menjadi obyek wisata yang seringkali dikunjungi saat libur panjang.

Dieng memang memiliki daya tarik di setiap sisinya, dengan pesona keindahan alam yang melekat padanya ini, tak heran jika Dieng menjadi tujuan favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Dieng bisa menjadi opsi sebagai tempat libur akhir pekan baik dengan keluarga, teman maupun pasangan, disana banyak sekali spot-spot menarik mulai dari keindahan telaga, hingga spot melihat sunrise yang indah.

  1. Candi Borobudor

33.348 Borobudur Gambar, Foto Stok & Vektor | Shutterstock

Candi Borobudor berlokasi di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur merupakan Candi Budha yang berlokasi di Kota Megelang Jawa Tengah, Candi Borobudur menjadi candi atau kuil Buddha terbesar di dunia.

Candi dengan banyak stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi pada masa pemerintahan wangsa syailendra. Candi Borobudor juga sekaligus menjadi salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Indonesia, Borobudur, Jawa Tengah, Jawa
FOTO : Pixabay

Candi ini memiliki 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha, sehingga menjadikannya memiliki jumlah relief Buddha terbanyak dan terlengkap di dunia. Candi yang cantik dan megah ini sangat populer oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Dengan luas 2500 meter tak heran candi Borobudur menjadi kuil Buddha terbesar di dunia, dengan ukuran panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter, dan tinggi 35,40 meter candi Borobudur pun telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Candi dengan segala cerita yang sangat legendaris ini menyimpan berbagai fakta menarik dan hal unik. Keberadaan Candi Borobudur ini secara geografis terletak di antara beberapa pegunungan dan terdapat di sekitar aliran sungai Progo dan Elo.

Daya tarik utama dari Candi Borobudur yaitu bangunan candinya yang sangat besar dan juga megah. Candi yang ditetapkan sebagai salah satu warisan sejarah ini memang terkesan kuno di sisi lain juga sangat unik, sehingga hal ini yang menjadikan Candi Borobudur memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan dengan tempat wisata yang lain.

Ketika datang dan melihat langsung candi bersejarah ini, pastinya wisatawan akan dibuat terpukau dengan detail dari ukiran dan arca yang ada di Candi Borobudur.

Tak lupa, di sekitar candi, terdapat pula sebuah museum yang bisa wisatawan kunjungi agar menambah wawasan, diantaranya: Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa, dan Museum MURI.

  1. Gunung Merbabu
Jalur Pendakian Merbabu Akan Terapkan Sistem Online dan Dipantau CCTV |  kumparan.com
FOTO : Kumparan.com

Gunung Merbabu merupakan sebuah gunung yang berada di Provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya Gunung Merbabu ini terletak di Kabupaten Magelang.

Jalur Diperbaiki, Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sebulan | UngaranNews
FOTO : Ungarannews.com

Gunung Merbabu sangat populer bagi para petualang. Gunung Merbabu juga menjadi tempat favorit sebagai ajang kegiatan pendakian.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.145 meter dan medan yang relatif tidak sulit. Gunung ini juga memiliki aspek sejarah yang cukup panjang, sehingga para pendaki diharapkan untuk menghormati dan menjauhkan larangan serta segala tradisi yang ada di tempat tersebut agar tetap aman.

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang cukup populer di kalangan traveler, hal ini berkat keindahan panoramanya. Padang sabana yang ada di jalur pendakian menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain itu, pesona keindahan alamnya juga begitu memukau mata, gunung merbabu memiliki beberapa puncak yakni puncak syarif, puncak triangulasi, dan kenteng songo yang hanya berjarak sekitar 30 menit.

  1. Gua Petruk
Goa Petruk Kebumen - TICMPU
FOTO : ticmpu.id

Gua Petruk berlokasi di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, berjarak sekitar 38 kilometer dari pusat Kota Kebumen dan 24 kilometer dari Gombong.

Gua ini dinamakan gua petruk karena konon katanya, ada sebuah batu di dalam gua yang bentuknya seperti hidung Petruk (tokoh Punakawan dalam dunia pewayangan).

Sampai saat ini, gua Petruk senantiasa terjaga keasliannya, dengan salah satunya tidak menerapkan penerangan yang berlebihan. Gua petruk dikenal memiliki lubang gua yang eksotis yang mampu membuat mata terpesona, hal tersebut tak lain karena gua yang satu ini memiliki keunikan dengan bentuk batuan yang mengherankan.

Berada di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Gua Petruk memiliki bentuk batuan yang berbeda dengan gua-guan lain sehingga terkesan unik dan langka.

Bebatuannya pun tampak indah karena berwarna putih, batu tersebut terbentuk secara alami, beberapa ada yang dinamai batu lumbung karena bentuknya menyerupai lumbung padi. Selain bentuk dan warnya, goa petruk ini juga terdapat air terjun yang airnya menyerupai busa sabun.

Sehingga panorama yang di tampilkan di dalam sangat indah dan berhasil membuat para pengunjung enggan untuk beranjak.

  1. Pantai Pecaron
Menelisik Pantai Pecaron yang Tersembunyi - DIASPORA IQBAL
FOTO : www.iqbalkautsar.com

Pantai ini berada di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. pantai pecaron terlihat sangat indah dan alami, letaknya yang berada di  pesisir selatan Pulau Jawa Tengah ini menjadi salah satu pantai yang cukup memukau.

Wisatawan yang datang ke Pantai Pecaron akan dibuat tenang dan terpukau dengan keelokan alamnya. Lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman membuat wisatawan nyaman dan terasa layaknya memiliki sebuah pulau sendiri.

Daya tarik dari Pantai Pecaron sendiri terletak pada tebing-tebing yang menjulang dan dihiasi dengan deretan pepohonan kelapa yang hijau tinggi, sehingga menambah kesan indah. Pohon kelapa ini juga memberikan kesejukan di kawasan pantai.

Wisata Pantai Pecaron di Srati Kebumen ini sangat cocok untuk dijadikan tempat mengisi kegiatan liburan, apalagi saat libur panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya, di tempat ini wisatawan akan menemukan spot foto keren, selain itu akan terasa lebih asik terlebih angin pantai yang sepoi-sepoi membuat nyiur kelapa sampai melambai-lambai, pastinya akan mampu membuat pengunjung menjadi lebih senang dan nyaman.

Sekedar info, bahwa pohon kelapa yang berada di Pantai Pecaron ini dikelola oleh warga sekitar, deretan pohon kelapa di sepanjang pantai pecaron biasa diambil air niranya dan digunakan untuk membuat gula jawa.

Sehingga tak heran jika kalian berkunjung kesana, akan bisa melihat aktivitas warga yang sedang melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, wisata Pantai pecaron bisa dikatakan memiliki fasilitas yang memadai yakni berupa area parkir, kamar mandi, penginapan dan lain sebagainya.

  1. Karimunjawa

Popularitas dan pesona Karimunjawa sebagai kepulauan yang eksotis sudah sering terdengar di telinga, bahkan sudah sangat populer sejak dulu hingga ke mancanegara.

Bagaimana tidak, kepulauan ini menyajikan air laut yang jernih, pantai pasirnya yang putih, serta koleksi terumbu karang yang indah dan cantik hingga kawasan hutan mangrove yang memiliki pesona luar biasa.

Karimunjawa merupakan kepulauan indah yang ada di Indonesia tepatnya berlokasi di Kota Jepara, dengan luas daratan mencapai ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, Karimunjawa dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut, Karimunjawa memiliki banyak julukan salah satunya adalah “Paradise of Java” karena Karimunjawa memiliki daerah yang masih alamai dan asri.

Berita dan Informasi Karimunjawa jepara Terkini dan Terbaru Hari ini -  detikcom

Selain itu, kepulauan Karimunjawa juga dibatasi dengan pantai pasir putih yang halus yang enak di pandang, sehingga menjadi salah satu pesona wisata taman laut di pulau Jawa.

Kepulauan yang masuk dalam Kabupaten Jepara ini menyimpan banyak sekali keindahan laut dan pesisir sehingga dapat dieksplorasi lebih dalam, julukan Karibia dari Jawa ini pesonanya memang tiada duanya, hal ini bisa menarik minat banyak turis lokal hingga mancanegara.

Berikut Daftar Pulau-Pulau Indah di Karimunjawa - Trip Jalan Jalan

Taman laut ini merupakan pesisir pantai utara Pulau Jawa, Karimunjawa yang memiliki paranorma hamparan pasir putih dan air yang jernih, wisatawan bebas merasakan dan menikmati suasana alam yang tenang di pulau ini.

Sebagai tempat destinasi wisata yang sangat populer, Karimunjawa menyuguhkan banyak pemandangan alami, asri dan tenang, sehingga akan membuat pengunjung betah berlama-lama di pulau ini.

Kepulauan Karimunjawa pun menjadi sebuah surga dari para driver, berbagai kegiatan di dalam air dapat  dicoba seperti berenang, diving, atau snorkelling.

Dengan suasana pantai dan birunya laut Karimunjawa yang menenangkan, pastinya bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan penat.

Tak lupa, karimunjawa juga memiliki terumbu karang serta ikan berwarna-warni di dalam laut, sehingga menjadi magnet tersendiri untuk bermain-main di dalam air, kondang akan air lautnya yang bening dan jernih, karimunjawa menyuguhkan dasar laut yang eksotis dan  jelas.

Adapun daya tarik yang bisa ditemukan di Taman Nasional Karimunjawa di antaranya: indahnya keasrian alam, banyak pilihan pantai, eksplorasi laut, kueliner, panorama dari bukit, dan juga penginapan.

  1. Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu, Wisata Alam di atas Awan | RADIO UNIMMA
FOTO : UNIMMA FM

Punthuk Setumbu adalah tempat wisata yang merupakan bagian dari gugusan Pegunungan Menoreh. Tinggi puthuk setumbu mencapai 400 meter dari permukaan air laut.

Puthuk sutumbu ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat singgah ketika jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan, di tempat ini wistawan akan bisa menikmati udara segar khas pegunungan dengan pemandangan yang memukau mata.

Wisata ini juga menyuguhkan pemandangan sunrise pada pagi hari, serta sunset yang dipadukan dengan pemandangan yang berbeda dibanding spot sunrise pada umumnya. Hal ini pun menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang berada di gugusan bukit Menoreh, lokasi tepatnya berada di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Asal usul wisata ini pun sangat unik dan simpel.

Punthuk Setumbu berasal dari bahasa jawa yaitu punthuk artinya gundukan, lalu setumbu sendiri memiliki arti sebagai tumbu (tempat nasi dari anyaman).

Jadi jika diartikan lebih luas, puthuk setumbu ini memiliki sebuah arti bukit yang berbentuk seperti tempat nasi yang terbuat dari anyaman.

Konon, pada zaman dahulu bukit ini hanyalah sebuah ladang yang dimiliki oleh warga sekitar. Namun tanpa sengaja ada seorang fotografer yang berkunjung ke tempat ini dan berhasil menemukan serta mengabadikan moment sunrise Borobudur dari Punthuk Setumbu, dan semenjak itulah, puthuk setumbu ini menjadi ramai dan dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi wisata Punthuk Setumbu tidak jauh dari Candi Borobudur, akses menuju ke tempat ini juga tidak sulit karena tempat ini berada di Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4, Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

  1. Telaga Sunyi

Review: Wisata Alam Telaga Sunyi Purwokerto - Pinhome

Objek wisata alam bernama telaga sunyi ini berada di kawasan Hutan Baturaden, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Telaga Sunyi sebagai salah satu objek wisata yang memiliki sejuta daya tarik bagi wisatawan, hal ini bisa dibuktikan dengan pemandangan yang indah dan memukau yang mampu ditampilkan.

Kedalaman dari Telaga Sunyi sendiri diperkirakan mencapai 3 meter dan memiliki air yang sangat jernih. Telaga Sunyi menjadi sebuah obyek wisata alam yang terletak di Hutan Wisata Baturaden, di tempat ini wisatawan bisa mendapatkan suasana indah tenang yang merupakan perpaduan antara sungai dan air terjun.

Sesuai dengan namanya, Telaga Sunyi memang merupakan sebuah sungai yang sangat hening dan sunyi. Sehingga keadaan yang ditampilkan mulai dari udara dan alam disekitarnya pun masih sangat alami.

Wisatawan yang ingin mencari tempat yang indah namun sepi, maka telaga sunyi ini bisa menjadi opsi yang tepat, dengan melakukan aktifitas menyepi, atau sekedar berlibur dan menenangkan pikiran dari segala rutinitas dengan menyambangi telaga sunyi.

Telaga Sunyi memang dikenal sebagai telaga yang memiliki air yang amat jernih, saking jernihnya air yang ada di telaga ini sampai-sampai bisa melihat apa yang ada di dasar telaga.

Meskipun telaga ini cukup dalam, namun suasana dan pemandangan alamnya sangat menggoda. Untuk sampai ke telaga sunyi, wisatawan harus rela berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh, namun setelah perjalan menuju telaga sunyi yang penuh drama, maka apa yang pengunjung dapatkan di telaga ini akan sangat sebanding.

Lokasi Telaga Sunyi sebenarnya sangat dekat dengan objek wisata favorit para pelancong di kota Purwokerto yaitu Baturaden, tetapi sayangnya tak banyak orang yang tahu.

Datang dan menikmati telaga sunyi dengan melihat jernihnya pemandangan air sudah mampu menimbulkan suasana segar.

Apalagi dengan aliran sungai yang membentuk sebuah kolam alami, akan sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air. Ditambah lagi dengan udara sejuk dan batu batuan alam yang menawan, pastinya akan membuat wisatawan terkesan.

  1. Taman Air Panas Guci
Pemandian Air Panas Guci, Wisata Keluarga dan Relaksasi Diri di Tegal
FOTO : GNFI

Taman air panas guci yang berada di kota Tegal ini menjadi salah satu wisata yang begitu populer mulai dari wistawaan lokal hingga mancanegara.

Pemandian Air Panas Guci berlokasi di lereng Gunung Slamet atau tepatnya berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Wisatawan yang datang berkunjung ke taman air panas guci ini bisa memilih kolam hangat atau biasa sesuai dengan keinginan.

Sumber Air panas Guci memiliki total area sekitar 210 Hektar. Salah satu pemandian yang harus dikunjungi adalah Pancuran 13 dimana di lokasi ini terdapat pancuran air panas yang berjumlah 13 buah dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit terutama penyakit kulit.

Adapun berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola taman air panas guci mulai dari tempat untuk berendam hingga arum jeram.

Wisata air panas Guci Tegal pun memiliki pemandangan yang indah. Sehingga objek wisata ini sangat cocok untuk pengunjung yang menginginkan wisata alam segar.

Potret Wisata Guci ini terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter di atas permukaan laut dan berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan juga Pemalang. kawasan objek wisata Guci juga dibagi menjadi lahan hutan, pemukiman, semak-semak, pertanian, dan ladang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *