Asli New York! Ini Fakta Menarik Tentang Donat

Asli New York! Ini Fakta Menarik Tentang Donat
Donat ternyata punya Hari Donat. loh! (Foto : pinterest)

Jatengkita.id – Makanan dengan ciri khas berbentuk bulat ini merupakan makanan ikonik dan favorit banyak orang. Donat merupakan penganan yang terbuat dari kombinasi tepung terigu, mentega, gula, dan lain sebagainya.

Kue berbentuk bulat yang bolong di bagian tengahnya ini sangat populer di dunia bahkan Indonesia dan mudah dijumpai dimana saja.  Mulai dari yang dijual di pasar sampai dari brand ternama, semua ada.  Saat ini, kue bolong tengah ini dibuat menjadi roti yang kekinian dengan beberapa varian rasa yang berbeda-beda.

Menurut sejarahnya, donat berasal dari kreasi masyarakat Belanda yang gemar membuat kue minyak pada pertengahan abad ke-19. Nah ternyata, sudah lebih dari 100 tahun yang lalu donat dikenal di Amerika Serikat. Awal kemunculannya disebut dengan oily cakes atau kue berminyak.

Penasaran fakta menarik apa saja dari roti cincin yang perlu kamu ketahui ini? Langsung saja berikut ini ulasannya.

  1.     Tidak sengaja dibuat

Ada sebuah kisah menyebutkan bahwa adonan donat yang bolong di tengah itu tidak sengaja dibuat.  Berita inipun masih belum bisa dikatakan kisah resmi, namun adanya kisah ini membuat sejarah terciptanya donat menjadi hal yang menarik dan melegenda.

Konon, adonan tersebut tidak sengaja terinjak sapi dan ketendang hingga masuk ke dalam minyak panas, maka jadilah kue dengan bagian bolong di tengahnya.

(Foto : pinterest)

Awal mulanya makanan ini bernama “Oily Cakes” yang artinya kue berminyak. Lalu diperkenalkan ke New York saat namanya masih New Amsterdam.

Saat itu, bahasa yang dominan digunakan di sana adalah bahasa Belanda. Cara masaknya yang digoreng di atas minyak membuat namanya disebut “oily cakes” atau kue berminyak.

  1.     Menjadi makanan yang disajikan selama Perang Dunia I

Oily cakes ternyata bukan hanya sebuah makanan yang dibuat dengan tidak sengaja kemudian terkenal begitu saja, sebab makanan ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Lebih dari itu, donat khususnya donat goreng ternyata punya kenangan khusus di Perang Dunia I. Dikisahkan empat perempuan, anggota organisasi amal Kristen bermigrasi ke kamp lain di area dekat Perancis Timur.

Awalnya mereka masih bisa melakukan berbagai kegiatan yang sama seperti saat di Amerika. Namun tak dipungkiri, rasa rindu terhadap kampung halaman mulai melanda.

Demi menghapus rasa rindu tersebut, kemudian dua orang perempuan mencoba membuat donat, makanan rumahan yang biasa disajikan dalam keluarga. Tapi mereka kesulitan untuk mendapat bahan dan alat untuk membuatnya.

Mereka pun memanfaatkan botol sisa anggur sebagai rolling pin. Sedangkan helm tentara dimanfaatkan sebagai wajan untuk menggoreng. Mereka mengisi helm dengan lemak dan menggoreng donat kepang. Saat perang dunia pertama, donat menjadi makanan yang paling populer bagi para tentara.

Sehingga pada waktu itu, negara dengan suka rela akan mengirim donat secara rutin kepada para tentara yang sedang berperang untuk mengingatkan mereka dengan kampung halaman.

  1.     Amerika adalah konsumen terbesar

Amerika Serikat masuk dalam daftar negara dengan produksi oily cakes terbanyak di dunia. Lebih dari 10 miliar dibuat di AS setiap tahunnya. Sebanyak 17 juta di antaranya diproduksi LaMar’s Donut.

Roti ini memang menjadi makanan yang bisa dikatakan hampir seluruh orang di dunia ini telah mengenalnya. Saking populernya, tingkat konsumsinya di Amerika sangatlah tinggi. Bahkan, di Negeri Paman Sam ini, ada berbagai macam donat yang tidak bisa kamu temui di negara lain karena hanya ada di Amerika dengan varian uniknya.

  1.     Hari donat

Saking populernya di berbagai penjuru dunia, sampai-sampai roti ini memiliki hari khusus. Terdapat hari dimana orang memperingatinya sebagai Hari Donat.

Hal ini berlaku di Amerika Serikat dan diperingati setiap tanggal 7 Juni sebagai Hari Donat Nasional. Pastinya sangat menarik bagi beberapa orang. Menikmati oily cakes bagi orang Amerika Serikat menjadi istimewa apalagi dengan adanya Hari Donat Nasional yang diperingati setiap hari Jumat pertama bulan Juni.

  1.     Variasi modern
(Foto : pinterest)

Seiring berkembangnya zaman, waktu ke waktu donat mengalami revolusi yang baik dalam segi bentuk, cita rasa, topping, hingga cara pengolahannya.

Saat ini, donat sudah banyak yang dibuat dengan versi yang jauh lebih maju, sehat, dan tentunya menarik.  Sehingga akan selalu menjadi makanan yang tidak akan ketinggalan zaman dan mampu menarik perhatian orang untuk mencicipinya.

Bahkan, saat ini telah masuk di kehidupan sehari-hari masyarakat dunia sebagai panganan manis yang membuat siapapun ketagihan hingga menjadi makanan favorit di berbagai penjuru dunia.

Baca juga : Viral! Kenali Kepribadian Lewat Cake Resume Quiz

Rekomendasi untuk anda : Siapa yang pertama menemukan donat dan menyebarkannya ke seluruh dunia?

 

Writer: Eka LestariEditor: Sahri An Nisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *