Awas! Asbes Bisa Picu Kanker Hingga Kematian

image source : conserve energy future

JatengKita.id- Asbes biasa kita kenal sebagai jenis dari atap semen bergelombang. Asbes banyak digemari karena harganya yang ekonomis. kekuatan dan ketahanan asbes akan api dan zat kimia-pun tergolong cukup tinggi.Selain itu cara pemasangan atap berbahan asbes juga tergolong mudah dan cepat. Tapi tahukah sedulur bahan asbes ternyata terbuat dari beberapa campuran bahan daur ulang yang mengandung unsur magnesium, kalsium, dan silikat yang berbentuk serat. Campuran ketiga bahan tersebut biasa dikenal sebagai asbestos.

Jika melihatnya sekilas, sedulur akan menjumpai silika atau pasir kristal dengan serat fiber tipis pada permukaannya. Serat fiber tersebut terdiri dari jutaan benang fibril miskroskopis yang dapat terlepas ke udara akibat abrasi ataupun proses lainnya. Celakanya bahan yang terlepas ke udara tersebut dapat terhirup, mengendap di dalam tubuh, dan memicu deretan penyakit berbahaya.

WHO memperkirakan sekitar 125 juta orang di seluruh dunia terpapar asbes, dan 90.000 orang di antaranya akan meninggal dunia setiap tahun akibat penyakit asbestosis, kanker paru, dan mesothelioma atau selaput tipis antara dada dan perut.

Penyakit asbestosis sendiri adalah kondisi dimana paru-paru meradang, sesak napas, dan bahkan dapat rusak permanen. Selain asbestosis, kanker faring dan lambung bisa saja menyerang seseorang yang banyak terpapar abrasi asbes.

Apa langkah yang harus dilakukan?

1. Ganti dengan Jenis Atap Lain

Ada baiknya sedulur mulai menyusun anggaran untuk mengganti atap asbes dengan jenis atap lain. Atap alderon bisa menjadi salah satu alternatif yang sangat baik. Selain karena memiliki bentuk yang serupa, alderon memiliki beragam warna yang menarik. Tak hanya dari segi tampilan, atap alderon juga diketahui mampu membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dan kedap suara. Sedulur tak perlu khawatir dengan ketahanannya, karena alderon tahan banting dan api.

2. Pasang Plafon

Jika belum ingin mengganti atap asbes, Sedulur bisa memasang plafon di bawah atap asbes untuk menghindari paparan abrasi asbes. Dengan begitu, sedulur tidak perlu khawatir keluarga menghirup zat-zat kimia berbahaya hingga beresiko terkena penyakit.

Jangan ragu berbenah rumah demi kesehatan dan keselamatan keluarga yo lur! Keluargamu nomer satu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *