Lezatnya Sensasi Ayam Panggang Siram Kuah H Bari Wiradesa Pekalongan

by
Nikmatnya Ayam Panggang H Bari Pekalongan. (Foto: Dok.Jatengkita.id)
Gravatar Image
Ikuti Saya

Dwi Purnawan

Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.
Gravatar Image
Ikuti Saya
Nikmatnya Ayam Panggang H Bari Pekalongan. (Foto: Dok.Jatengkita.id)

PEKALONGAN, Jatengkita.id – Ketika singgah ke Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Anda tak hanya akan dimanjakan dengan batik, tetapi juga kulinernya. Memang bila Anda bertanya pada orang Pekalongan tentang jajanan khasnya, mereka biasanya berpikir keras lebih dulu.

Bukan karena makanan enak sulit didapat, tetapi karena jajanan di sana tergolong makanan sehari-hari yang sudah dianggap biasa di sana. Siapa sangka, hidangan tersebut sangat menggugah selera bagi yang menikmatinya pertama kali.

Pengunjung menikmati sensasi ayam panggang H Bari.

Nah, selain nasi megono, tauto dan garang asem Pekalongan, salah satu kuliner khas Pekalongan yang penting untuk dicoba adalah Ayam Panggang siram kuah di Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Salah satu warung makan yang menyediakan menu ayam panggang siram kuah cukup terkenal di Pekalongan adalah ayam panggang H Bari Wiradesa. Saat malam hari, Ayam Panggang Siram Kuah H Bari yang terletak di jalan utama Wiradesa menuju ke Kajen, atau sekitar 500 meter dari kawasan pantura Jateng ini digandrungi pecinta kuliner.

Tempat panggang ayam H Bari.

Sepiring ayam panggang diguyur kuah santan yang kental, dan penjualnya sangat royal dalam menyajikan kuahnya ini. Kuahnya tak terlalu gurih, namun justru itu, makanan jadi tidak membuat cepat eneg. Bila kuah masih tersisa, Anda bisa mencelupkan kerupuk rambak (kerupuk kulit) di dalam kuahnya, seperti di warung padang.

Ayamnya menggunakan ayam kampung yang dipanggang diatas batu bara, tekstur ayamnya empuk rasa kuahnya menjadi andalan dari ayam panggang ini dengan rasa kuah yang tidak terlalu pedas perpaduan santan dengan bumbu khas ditabur sambal kacang H Bari yang membuat ketagihan.

Rasa khasnya memang terletak pada kuah merah yang pedas dan segar. Tentu, bahan utamanya adalah daging ayam potong yang dipanggang atau dibakar. Untuk menikmati makanan khas ini biasanya dipadukan dengan daun kemangi, buah mentimun dan kerupuk rambak.

Untuk harga, jangan khawatir, cukup terjangkau, sekitar Rp 20 ribu, Anda sudah bisa menikmati seporsi ayam panggang siram kuah lengkap dengan nasinya.

Selain ayam panggang kuah, Anda juga bisa membeli oleh-oleh lain yang tersaji di warung makan tersebut. Nah, saat Anda berkunjung ke Pekalongan, silahkan menikmati kuliner lezat dari pantura ini. Selamat menikmati.

About Author: Dwi Purnawan

Gravatar Image
Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *