Badminton Beregu Indonesia Gugur di ASIAN Games 2022

Kontingen |Indonesia pada Asian Games 2011
Pasangan Ganda Putri Indonesia dalam Asian Games 2022 (FOTO : Antara)

Jatenngkita.id – Cabang olahraga bulutangkis menjadi salah satu andalan skuad Merah Putih untuk mendulang emas di ajang bergengsi Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, China.

Olahraga paling prestatif di Indonesia ini tentu santer atensi publik, sehingga performa gacor para pemain sangat diharapkan tak hanya oleh para badminton lovers, tapi juga masyarakat Indonesia.

Hasil Drawing Bulu Tangkis Perorangan Asian Games 2022: Fajar/Rian Langsung  ke 16 Besar

Datang dengan formasi terbaik, baik tim putra maupun putri mendapat keuntungan dengan bermain langsung di babak perempat final karena berhasil mendapatkan bye di babak pertama dan kedua.

Hasil ini mempertemukan tim putri dengan China dan tim putra dengan Korea Selatan.

Secara statistik di atas kertas, tim putri yang menjadi unggulan kelima benar kalah unggul dari raksasa China. Pertandingan berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan China.

Gregoria Mariska Tunjung belum berhasil menjadi pembuka jalan di partai pertama setelah dikandaskan oleh Chen Yufei dengan straight game. Ganda putri yang diwakili oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sempat melambungkan asa dengan permainan apik. Meskipun akhirnya juga menelan kekalahan secara rubber game dari ganda putri paling konsisten, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Putaran ketiga yang menjadi babak penentu rupanya juga gagal dieksekusi oleh Putri Kusuma Wardhani. Ia kalah dari He Bing Jiao dengan skor 21-15 dan 21-19.

Dengan hasil ini, China akan berhadapan dengan Jepang di babak semifinal.

Berbeda dari tim putri, tim beregu putra Indonesia memegang predikat sebagai unggulan pertama. Melawan Korea Selatan di babak perempat final dengan catatan ranking lebih unggul untuk masing-masing pemain, nyatanya tidak mampu juga mempersembahkan kemenangan.

Turun di laga pembuka, Ginting berhasil memetik kemenangan dengan skor 21-15 dan 21-17. Unggul 1-0 dari Korea Selatan akhirnya mampu disamakan oleh lawan.

Ranking satu dunia yang masih dipegang oleh pasangan Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian kalah untuk kesekian kalinya dari pasangan juara dunia Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dengan rubber game.

Di partai ketiga, Jonathan Christie diluar prediksi kalah dari pemain yang rankingnya terpaut jauh di bawahnya.

Seperti tak ada perlawan dan bermain tidak optimal, Jojo kalah dalam dua gim langsung. Pertandingan harus dilanjutkan di partai keempat sektor ganda putra.

Indonesia menurunkan pasangan Leo/Daniel yang cukup konsisten tahun ini dan Korea menurunkan pasangan Kim Won Ho/Na Sung Seung.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan Korea Selatan dengan skor akhir 3-1. Dengan hasil ini, Korea Selatan akan bertanding dengan India di babak semifinal.

Gugurnya tim putra dan tim putri di Asian Games 2023 ini menjadi kali kedua bagi Indonesia setelah tahun 2014 juga gagal memperebutkan medali.

Tim putra menargetkan medali emas untuk pertandingan beregu, namun perunggu saja pun tidak mampu diperjuangkan.

Hasil buruk di nomor beregu tentu tidak diharapkan dibawa di sektor individu. Kita semua masih melambungkan asa, dalam nomor individu, lagu Indonesia Raya bisa dikumandangkan di Negeri Tembok Raksasa.

Baca Juga Inilah Bagas Maulana, Putra Cilacap yang Berhasil Menaklukkan All EnglandĀ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *