Berikut 8 Ide Bisnis di Bulan Ramadan, Dijamin Laris!

Ide Bisnis
Ide Bisnis di Bulan Ramadan

Jatengkita.id – Bulan Ramadan tidak hanya memberikan peluang untuk mendapatkan pahala, tetapi juga rezeki yang berlimpah. Selama periode yang penuh berkah ini, banyak kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Masih ada waktu untuk mengeksekusi ide bisnis yang sesuai dengan suasana bulan puasa.

Berikut beberapa rekomendasi ide jualan yang dapat dijalankan selama bulan Ramadan.

  1. Makanan atau minuman berbuka

Jika Anda sedang mencari ide untuk berjualan makanan selama bulan puasa, salah satu yang paling mudah dan berpotensi laris adalah terkait dengan makanan atau minuman.

Inilah Makanan dan Minuman Berbuka Puasa yang Dianjurkan Nabi Muhammad,  Jangan Salah Ya - Wartakotalive.com

Mulai dari takjil yang praktis dijual di gerai pinggir jalan seperti gorengan, kue pasar, cilok, kolak, pisang goreng, dan lain sebagainya. 

Selain itu, anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjual jenis makanan yang dapat disimpan lebih lama, seperti kurma, keju aroma, atau roti goreng, sehingga pelanggan dapat membelinya untuk disimpan dan dikonsumsi di lain waktu.

Untuk minuman, ada banyak pilihan yang menarik seperti es buah, es kelapa hijau, es cappucino, es semangka, dan sebagainya.

Menawarkan minuman segar dan menyegarkan adalah strategi yang baik untuk menarik pelanggan, terutama dalam suasana yang hangat dan berpuasa. 

Dengan mempertimbangkan variasi dan kepraktisan dalam penjualan makanan dan minuman untuk buka puasa, Anda dapat meningkatkan peluang penjualan dan meraih keuntungan yang lebih besar selama bulan Ramadhan.

2. Catering Sahur

Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang baik atau sudah memiliki usaha kuliner, mempertimbangkan untuk membuka jasa katering sahur bisa menjadi ide yang menarik selama bulan puasa tahun 2024.

Mau Pesan Menu Sahur atau Buka Puasa? Cek 5 Layanan Katering Ini

Catering sahur adalah bisnis yang memiliki potensi laris karena banyak orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk memasak sahur, sehingga mereka mencari solusi yang praktis untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.

Dengan menyediakan layanan katering sahur, Anda dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan makanan yang bergizi dan lezat saat waktu sahur tiba.

Anda dapat menawarkan berbagai menu sahur yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pelanggan, mulai dari menu tradisional hingga menu modern yang lebih inovatif.

Menyediakan pilihan menu yang beragam akan meningkatkan daya tarik usaha Anda dan memberikan pelanggan opsi yang lebih banyak untuk dipilih.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan layanan pengiriman untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, sehingga mereka dapat memesan makanan sahur tanpa harus repot keluar rumah.

Dengan memanfaatkan kesempatan ini, Anda dapat mengembangkan usaha kuliner Anda dan meningkatkan pendapatan selama bulan Ramadhan.

Selain itu, memberikan layanan katering sahur juga dapat dianggap sebagai amal yang baik karena membantu orang-orang untuk menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik.

3. Bumbu jadi/siap saji 

Menyediakan bumbu siap saji adalah konsep bisnis yang dapat dianggap sebagai ide kreatif selama bulan Ramadhan.

Bumbu Meurasa, Produk Bumbu Kemasan Kering Pertama di Aceh

Orang-orang yang menginginkan kemudahan dan efisiensi dalam memasak seringkali memilih bumbu siap saji.

Selain digunakan untuk memasak sahur dan berbuka, bumbu siap saji juga dapat disediakan untuk hidangan khas Lebaran seperti opor atau rendang.

Dengan ide bisnis ini, anda dapat memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen, sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka.

Selain itu, bumbu siap saji juga membantu menghemat waktu dan tenaga bagi pelanggan yang sibuk, sehingga mereka dapat lebih fokus ibadah selama bulan Ramadan.

Menjual bumbu siap saji dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan selama bulan puasa dan juga untuk menyambut hari raya Lebaran.

Dengan mempromosikan kualitas dan kepraktisan produk Anda, Anda dapat menarik minat pelanggan dan meningkatkan penjualan secara signifikan.

4. Kue Kering

Tradisi Lebaran tidak akan sempurna tanpa kehadiran kue kering. Banyak orang cenderung membeli kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel, dan berbagai jenis lainnya daripada membuatnya sendiri.

10 Kue Kering yang Identik dengan Lebaran di Indonesia, Meriahkan Suasana  Idul Fitri - Islami Liputan6.com

Oleh karena itu, menjual kue kering dapat menjadi ide bisnis yang sangat menjanjikan selama bulan puasa. 

Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian dalam membuat kue, menjadi reseller juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Dengan mengembangkan jaringan sebagai reseller, Anda dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

Permintaan yang tinggi selama bulan puasa dan Lebaran, ini adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

5. Baju Lebaran

Selain makanan, ide bisnis yang patut dipertimbangkan selama bulan puasa adalah penjualan baju lebaran.

Kaftan Lesti", tren baju Lebaran paling diincar untuk Lebaran 2023 - Berita  Kepulauan Riau Terkini

Banyak individu membutuhkan pakaian muslim baru untuk merayakan lebaran, namun seringkali mereka kesulitan menemukan waktu untuk berbelanja. 

Anda dapat menawarkan dan memasarkan pakaian tersebut melalui metode promosi dari mulut ke mulut, atau memanfaatkan media sosial dan platform belanja online untuk mencapai pasar yang lebih luas.

Dengan memperhatikan kebutuhan dan tren pasar selama bulan puasa, menjual baju lebaran dapat menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan dan memberikan kemudahan bagi konsumen.

6. Peralatan Ibadah

Salah satu ide bisnis lain selama bulan Ramadhan adalah dengan menjual perlengkapan ibadah seperti mukena, baju koko, dan barang-barang sejenisnya.

Perlengkapan Ibadah - Gambar Syariah Hotel Solo - Tripadvisor

Permintaan akan perlengkapan ibadah meningkat selama ramadan. Karena banyak orang yang mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah dengan lebih baik.

Anda dapat menyediakan berbagai jenis mukena, baju koko, dan perlengkapan ibadah lainnya yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan umat Muslim.

Dengan menawarkan produk-produk berkualitas dan beragam, Anda dapat menarik minat pelanggan dan memperluas pangsa pasar Anda selama bulan Ramadan.

Selain itu, menjual perlengkapan ibadah juga dapat dianggap sebagai kontribusi positif dalam membantu umat muslim mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah dengan khusyuk selama bulan Ramadan.

7. Cleaning Service

Salah satu alternatif bisnis yang bisa dijalankan selama bulan Ramadhan adalah layanan cleaning service. Umumnya, orang memerlukan bantuan untuk membersihkan rumah mereka agar siap menyambut Hari Raya.

Dengan layanan ini, Anda dapat membantu konsumen dalam mempersiapkan rumah mereka dengan lebih rapi dan bersih menjelang Hari Raya.

Selain itu, dengan memberikan layanan ini, Anda juga dapat memanfaatkan peluang untuk meningkatkan pendapatan selama bulan suci ini.

Dengan menyediakan layanan profesional dan berkualitas, Anda dapat menarik minat pelanggan dan membangun reputasi yang baik dalam industri cleaning service.

8. Parcel Lebaran

Di Indonesia, mengirim parcel saat Lebaran telah menjadi kebiasaan yang lazim. Pegawai kantor juga sering kali menerima tunjangan hari raya dalam bentuk parcel.

10 Ide Parcel Lebaran Sembako Rp100 Ribuan, Sesuai Harga Sekarang - Hot  Liputan6.com

Jika Anda menjadi salah satu produsen parcel, dipastikan akan mendapatkan banyak pesanan. Namun, tentu saja kualitas harus tetap dijaga.

Perhatikan desain parcel agar menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka puas dengan produk Anda. Anda dapat mengkreasikan isi parcelnya dengan beragam barang, tidak hanya terpaku pada roti dan sirup.

Misalnya, Anda bisa menyertakan barang pecah belah, peralatan ibadah, buku, dan berbagai barang lainnya yang bermanfaat.

Dengan variasi isi dan desain parcel, Anda dapat meningkatkan daya tarik produk Anda serta memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

Pastikan bahwa parcel yang Anda hasilkan tidak hanya menjadi hadiah yang disukai, tetapi juga memberikan kesan dan berbeda dari yang lain.

Baca Juga 8 Ide Bisnis Bagi Pemula! Tidak Musiman dan Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *