Berikut Ini 6 Lauk Pendamping Pecel yang Nikmat!

Lauk pendamping pecel
Sayur Pecel ( FOTO : mediakom.kemkes.go.id)

Jatengkita.id – Salah satu jenis kuliner Indonesia yang satu ini pastinya sudah sangat familiar, iya pecel. Pecel merupakan makanan yang terdiri dari berbagai jenis sayuran. Sayuran tersebut direbus dan dipadukan dengan sambal kacang, pecel juga biasa dipadukan dengan beragam lauk pauk. Berikut ini lauk pendamping pedcel yang nikmat!

Pecel juga biasa disebut saladnya Indonesia. Kuliner yang satu ini sangat populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Nasi pecel merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang dibuat dari bahan dasar nasi yang disajikan bersama dengan aneka sayur-sayuran yang dikukus yang kemudian disajikan bersama dengan siraman saus kacang.

Ada banyak sayuran yang disajikan pada pecel seperti bayam, kangkung, kacang panjang, taoge, dan juga kubis. Makanan pecel biasanya dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional atau di warung kaki lima pinggir jalan.

Kuliner satu ini, memiliki banyak jenis, seperti pecel Madiun, pecel Ponorogo, pecel bledek, pecel punten, pecel tumpang, pecel kecombrang, pecel ndeso, pecel kenci, dan pecel bunga turi. Kuliner pecel ketika dihidangkan biasanya memiliki pelengkap.

Nah, pelengkap tersebut selain sayur-sayuran yang ada didalamnya, ada pelengkap lain yang semakin menambah kesan nikmat dari pecel, seringkali ditambahkan lauk atau kuliner pendamping lainnya untuk memperlezat rasa.

Namun, tiap daerah bisa berbeda-beda ya penyajiannya. Masing-masing pecel tersebut memiliki ciri khas yang berbeda antara satu dan lainnya.

Penasaran apa saja pendamping lauk pecel yang biasanya ada di dalam nasi pecel? Berikut telah kami rangkum dibawah ini.

  1. Tempe Goreng

Lauk pendamping pecel yang satu ini pastinya menjadi favorit banyak orang.

Resep Tempe Goreng Renyah Awet dan Tahan Lama, Ternyata Cukup 2 Bumbu Saja!

Semua kalangan masyarakat, mulai dari kalangan atas sampai menengah ke bawah bisa mengonsumsi makanan tempe.

Apalagi tempe tergolong ke dalam makanan yang relatif murah. Selain sebagai lauk, tempe goreng ternyata seringkali menjadi pendamping makanan lain seperti pecel.

Tempe goreng yang di sajikan bisa tempe goreng biasa maupun dengan balutan tepung. Tempe memang sering dijadikan sebagai lauk pada santapan nasi pecel, Perpaduan tempe dan pecel terasa nikmat dilidah.

  1. Tahu

Makanan yang satu ini juga tak kalah populernya dengan tempe. Teksturnya lembut, kaya nutrisinya dan harganya yang terjangkau membuatnya digemari oleh banyak orang.

Eksistensi tahu di dunia kuliner memang tak perlu dipertanyakan lagi. Selain tempe, tahu juga menjadi pendamping pecel. T

ahu goreng ini terbagi menjadi dua jenis, yakni tahu goreng tepung dan tahu goreng biasa. Tahu goreng bisa menambah asupan protein dalam sajian nasi pecel dan pastinya bisa menambah kenikmatan santapan nasi pecel.

Menikmati sepiring pecel dan tahu sebagai pendamping tentunya akan terasa lebih nikmat dan susah dilupakan karna terlalu nikmat.

  1. Bakwan

Selanjutnya ada bakwan goreng sebagai pendamping pecel. Selain kedua temannya tempe dan tahu, bakwan juga biasanya menjadi pelengkap pada sajian pecel.

Cara Membuat Bakwan Sayur Crispy yang Renyah, Gak Pake Lama!

Seringkali bakwan dipesan saat membeli nasi pecel sebagai pendamping. Bakwan goreng merupakan salah satu camilan yang paling diminati di Indonesia.

Selain enak dicocol dengan saus, bakwan goreng juga bisa dinikmati sebagai lauk. Bakwan goreng dibuat dengan campuran tepung terigu dan juga sayur-sayuran, lalu dibumbui dengan rempah.

Ada dua jenis bakwan, yakni bakwan sayur dan bakwan jagung. Bakwan memiliki tekstur yang sangat garing pada bagian luarnya, sehingga cocok dimakan bersama pecel karna bisa menambah rasa nikmat ketika dipadukan dengan pecel yang bertektur lembut dan basah.

  1. Telur goreng

Selanjutnya ada telur goreng yang juga menjadi tambahan lauk enak pada nasi pecel. Mungkin masih banyak orang yang jarang menemukan pecel yang ditambahakan dengan telur sebagai pendamping.

Memang, telur goreng bisa dikatakan agak jarang disajikan dalam nasi pecel. Tetapi, ternyata di beberapa wilayah ada yang menjual pecel dengan tambahan telur sebagai lauknya.

Pedagang yang menambahkan telur dalam sajian nasi pecel mereka ternyata juga menjadi favorit beberapa pembeli. Penambahan telur dalam pecel juga bisa menambah nilai gizinya.

Ada dua jenis telur pendamping pecel yakni telur dadar goreng dan telur ceplok goreng. Tak usah bingung dengan kedua pilihan tersebut, karena dua-duanya akan terasa enak berdampingan dengan pecel.

  1. Kerupuk dan Rempeyek

Kerupuk merupakan salah satu pendamping makanan yang disukai hampir semua orang di Indonesia.

Resep Peyek Teri Renyah, Lauk Makan Tahan Lama

Makanan yang satu ini memang terkenal sebagai teman makan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Makanan bertekstur renyah ini sangat populer, mau makan yang berkuah, kering, pedes maupun asin kurang lengkap rasanya jika tanpa kerupuk.

Kerupuk sudah menjadi makanan wajib yang harus ada untuk pendamping makanan utama. Kerupuk sudah pasti paling sering dijumpai dalam sajian nasi pecel.

Makan nasi pecel rasanya kurang lengkap tanpa adanya tambahan kerupuk dan rempeyek.

Jenis kerupuk yang digunakan pun beragam. Sedangkan jenis rempeyek yang sering dijumpai pada nasi pecel yakni rempeyek kacang atau teri.

  1. Ayam

Ayam merupakan makanan terkenal dengan cita rasa yang enak. Ayam sangat cocok disajikan bersama pecel, biasanya ayam yang disajikan bisa ayam goreng maupun ayam yang di suwir.

Pastinya, rasanya nikmat dengan perpaduan pecel sayur yang basah dan gurih. Makan pecel dan ayam akan membuat ketagihan dan mengenyangkan perut yang sedang lapar.

Baca Juga Coba 8 Kuliner Khas Kudus ini, Gurih dan Maknyus!

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *