Berkebun untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Berkebun untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental
(Foto : pinterest)

Jatengkita.id – Berkebun merupakan aktivitas menarik yang tidak hanya dipilih kaum lansia, tetapi juga anak muda. Ada yang karena hobi, passion, atau memang bermaksud untuk dikonsumsi sendiri atau dijual. Lihat saja, hampir di setiap rumah pasti selalu ada tanaman yang memang sengaja dipelihara, meskipun hanya satu atau dua tanaman.

Aktivitas yang mendekatkan diri kembali pada alam ini tidak hanya berlaku bagi kalangan pemilik lahan. Namun masyarakat kota yang notabene tidak memiliki lahan kosong, tetap bisa berkebun dengan sistem hidroponik. Apa sih yang akan didapat dari berkebun sampai begitu digemari banyak orang?

(Foto : pinterest)

Rupanya, kegiatan mengelola tanaman pada suatu lahan ini memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jiwa dan fisik tentunya. Nah, apa saja manfaat itu? Simak ulasan dampak positif berkebun di bawah ini!

  1. Mengurangi stres
    Mengutip dari situs hellosehat.com, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh The Royal Horticultural Society, orang yang rajin berkebun lebih sejahtera. Tingkat kesejahteraan yang diperoleh sebesar 6.6% dan resiko stres lebih rendah 4.2% daripada yang tidak berkebun sama sekali.

    Aktivitas seperti mengamati pertumbuhan tanaman yang disukai, meletakkan tanaman sebagai hiasan di meja kerja, atau hanya melihat bunga, dapat menumbuhkan rasa senang. Kegiatan berinteraksi dengan alam ini mampu melepaskan hormon serotonin dan dopamin yang mengatur mood agar bisa lebih bahagia.

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Dalam memilih lahan untuk berkebun, hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah baik tidaknya cahaya matahari mampu menuju tanaman untuk proses fotosintesis. Dengan adanya sinar matahari, hal itu sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    Kandungan vitamin D dalam sinar matahari berfungsi untuk memroduksi sel kekebalan tubuh dan memberikan efek anti peradangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemakaian tabir surya penting dilakukan sebelum berkebun untuk memberi perlindungan kulit dari sinar ultraviolet (UV).

  3. Sarana olahraga
    Mencangkul, menaburkan pupuk, menyiram tanaman, dan mengangkat benda menjadi kegiatan yang memaksa tangan dan kaki bergerak. Secara tidak sadar, tubuh ternyata sudah diajak berolahraga. Selain meningkatkan kemampuan motorik, aktivitas tersebut juga dinilai mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

  4. Menjaga kesehatan otak
    (Foto : pinterest)

    Aktivitas ini dapat menjaga kesehatan kognitip dan meningkatkan volume otak. Masih mengutip dari situs hellosehat.com, penelitian dalam Journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan bahwa berkebun bisa melatih otak dan menurunkan resiko penyakit alzheimer hingga 50 persen. 

  5. Termotivasi mengonsumsi makanan sehat
    Mengolah makanan dari hasil panen sendiri sangat menjamin kebersihan dan keamanannya dari bahan kimia/pestisida. Selain itu, tidak banyak energi yang dikeluarkan untuk pergi mencari bahan masakan.
    (Foto : pinterest)

    Selain itu, ada kebanggaan dan rasa puas ketika bisa memanen hasil tanaman yang selama ini dirawat dengan penuh ketelatenan. Rasa bangga dan puas tersebut akhirnya bermuara pada kesehatan mental.

    Baca juga : Wow! Berikut 6 Bunga Cantik Asli Indonesia

    Rekomendasi untuk anda : 7 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *