One Stop Olahraga Sunnah di Santosa Stable Semarang

by
berkuda di arena pacuan kuda santosa stable. sumber: web santosa stable

Sugeng enjang, Sedulur!

Bosan dengan keriuhan dan hiruk pikuk perkotaan, lalu lalang dan bisingnya kendaraan, polusi dan seabrek hal lain yang memusingkan? Saatnya kita perlu menepi sedikit mencari ketenangan dan beralih dari rutinitas.

Salah satu hal yang patut dicoba adalah berolahraga seperti sunnah rasulullah: berenang, memanah, dan berkuda. Pernah dengar hadist rasulullah tentang hal ini kan, Lur?

“Hak anak dari seorang ayahnya ialah hendaknya ayahnya mengajari menulis, berenang, memanah, dan memberi rezeki yang halal (HR. Tirmidzi).

“Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah” (HR. Dailami)

 

berkuda di arena pacuan kuda santosa stable         sumber: web santosa stable

Ke mana harus mencoba 3 hal ini sekaligus? Santosa Stable jawabannya. Santosa stable adalah destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Tokoh utamanya tentu saja kuda dengan latar belakang pemandangan pegunungan dan persawahan yang sejuk dipandang.

Tempat ini berada di pinggiran Kabupaten Kendal, berbatasan dengan wilayah Kecamatan Gunung Pati Semarang. Untuk menuju ke sana, sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi pemandangan indah berupa persawahan dan lahan hijau yang luas. Jalan berkelok dan naik turun akan menambah sensasi bertualang yang mengasyikkan.

Meski kondisi jalan yang harus dilalui tidak sebaik dan selebar di kota namun masih cukup aman untuk digunakan. Semoga kelak lebih diperhatikan lagi terutama oleh pemerintah. Selain itu, pengunjung juga harus melewati perkampungan dengan jalan yang sempit. Kabar baiknya pihak pengelola Santosa Stable sudah menyiapkan jalur supaya pengunjung yang keluar/masuk tidak berpapasan.

Sebelum memasuki gerbang Santosa Stable, pengunjung akan disambut oleh sungai yang mengalir di jalur masuk tempat wisata. Jangan lupa membeli tiket dan membayar uang parkir di pos yang sudah disediakan. Biayanya pun cukup terjangkau yakni Rp. 10.000/orang dan Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan roda 4, Rp. 2.000 parkir roda 2.

Jika menggunakan kendaraan roda 4, harus melewati jalur aliran sungai yang sengaja dialirkan lewat jalan masuk. Mengajak anak-anak melewati jalur ini akan semakin menambah antusias mereka berwisata. Bagi yang menggunakan roda 2, ada jalur khusus lewat jembatan kecil dan tidak harus nyemplung sungai.

 

Arena berenang dan tubing untuk anak-anak di Santosa Stable. Doc pribadi Arina Mabruroh

 

Beberapa arena yang bisa kita coba di Santosa Stable adalah Latihan Berkuda, Memanah, Kolam Ciblon dan tubing (untuk anak-anak), atau bisa juga memilih untuk bermain di sungai yang tepat berada di pinggir stable. Untuk beberapa wahana pengunjung dikenai biaya tambahan seperti memanah dan berkuda. Namun jika hanya bermain di sungai, di kolam dan melihat-lihat kuda di kandang tidak dikenai biaya lagi.

Kuda yang tersedia di sana ada beberapa jenis, termasuk kuda poni yang lucu dan bisa menjadi teman bermain anak-anak. Lainnya adalah kuda-kuda tangguh yang biasanya digunakan untuk pacuan kuda. Untuk bisa menunggang kuda memutari Santosa Stable, biayanya sekitar Rp. 50.000 sedangkan untuk berlatih kuda lebih intensif (mengikuti kelas berkuda) dikenakan biaya mulai Rp. 150.000.

Sedangkan untuk panahan, ada biaya tembahan sebesar Rp. 25.000/orang dengan durasi latihan selama 15 menit. Jika ingin bermain air (renang) tidak dikenai biaya tambahan, namun saat ini hanya tersedia untuk anak-anak. Semoga kelak bisa menambah wahana kolam renang untuk dewasa sehingga bisa menjadi tempat one stop olah raga sunnah.

Villa limasan yang bisa disewa oleh pengunjung Santosa Stable Sumber: Web Santosa Stable

Santosa Stable menyediakan fasilitas penginapan, tersedia 2 rumah limasan yang masing-masing dapat menampung hingga 25-30 orang. Lokasinya berada di atas stable sehingga kita bisa melihat langsung ke arah kandang dan arena berkuda secara leluasa dari penginapan tersebut. Untuk Rumah Limasan Leban yang terdiri dari 3 kamar bisa disewa dengan harga Rp1.250.000 dan Rumah Limasan Pasigitan yang terdiri dari 4 kamar dengan harga sewa Rp1.750.000 selama weekend, sedangkan untuk hari lainnya kamu bisa menyewa dengan harga Rp1.000.000 dan Rp1.500.000 saja. Di Santosa Stable terdapat juga restoran gazebo yang berada di tepi sungai serta pendopo joglo yang dilengkapi dengan permainan anak-anak.

Cocok sekali untuk keluarga yang ingin menikmati suasana daerah pegunungan yang sejuk dan sepi, jauh dari lalu – lalang kendaraan bermotor. Sejauh mata memandang hanya hijau persawahan dan pepohonan. Malam hari menatap langit luas dan bintang-bintang ditemani segelas teh/kopi panas.

Tunggu apa lagi?

 

Santosa Stable 

Alamat: Lendoh, Leban, Boja, Leban, Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51381

Telepon: 0812-3456-7199

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *