Bibliofilia? Check It Out! Cara Merawat Buku Agar Tahan Lama

Bibliofilia? Check It Out! Cara Merawat Buku Agar Tahan Lama
Koleksi buku fiksi populer mulai dari Harry Potter hingga Narnia (Foto : pinterest)

Jatengkita.id – Mengoleksi buku menjadi salah satu hobi sebagian besar orang. Ada yang karena memang suka membaca atau juga sebagai stok bacaan yang ditujukan bagi orang lain. Bahkan ada juga yang mengoleksi buku hanya karena sekadar hobi tanpa suka membaca isinya.

Buku bisa dibilang salah satu aset berharga karena kandungan ilmu dan pengetahuannya. Terlepas dari apakah buku itu nonfiksi ataupun fiksi sekalipun, keduanya tetap edukatif. Eksistensi buku di era teknologi sekarang, buku harus bertahan diantara gempuran buku digital atau aplikasi penyedia bacaan lainnya.

Nah, sifat alamiah lembaran yang terbuat dari bubur kayu itu lama-lama akan rusak. Bisa dimakan rayap, menguning, berjamur, atau saling menempel lalu sobek. Karena itu, buku-buku perlu dirawat agar bisa tahan lama dan bisa diwariskan dari generasi ke generasi.

Sebagai penggemar buku yang koleksinya bertumpuk, sayang sekali kalau bukunya rusak karena tidak dirawat. Berikut ini beberapa cara sederhana merawat buku yang perlu kita tahu.

  1. Memberi sampul
    Buku sangat penting untuk disampul. Cukup  dengan sampul plastik, buku bisa terlindungi dari debu dan air. Cara ini bisa menjadi antisipasi saat tiba-tiba ada minuman tumpah ke buku. Selain itu, cover asli juga tidak kusam warnanya karena terlindungi dari benda-benda luar.

    Saat memberi sampul, jangan lupa untuk memberi sedikit space (tidak terlalu rapat). Hal ini dikarenakan sifat benda yang bisa memuai karena faktor suhu, sehingga apabila sampul terlalu rapat, lama-lama cover buku akan melengkung karena tidak ada ruang pemuaian.

  2. Menyimpan buku di tempat dengan sirkulasi udara yang baik
    Tempat yang memiliki  sirkulasi udara yang stabil atau tempat yang terbuka adalah pilihan tepat untuk menyimpan buku. Hal ini bertujuan agar kondisi penyimpanan tidak lembab yang bisa menyebabkan buku menguning, berjamur, atau parahnya memicu tumbuhnya rayap.
    (Foto : pinterest)

    Selain itu, kita juga bisa menggunakan silica gel yang berfungsi untuk menyerap kelembapan. Disarankan juga untuk menggunakan kamper agar buku tidak bau apek.

  3. Rutin membersihkan buku
    Meskipun buku tersimpan di almari yang tertutup atau etalase, bukan tidak mungkin akan terhindar dari debu. Oleh karena itu, seringlah membersihkan buku agar debu tidak membandel.

    Selanjutnya, tempat penyimpanan juga perlu dibersihkan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengeluarkan semua buku lebih dulu, lalu membersihkannya. Kemudian, bersihkan juga almari atau etalase. Dan terakhir, kembalikan buku ke tempat semula dengan rapi.

  4. Mengatur dengan rapi dan sering dibaca
    (Foto : pinterest)

    Tatalah buku dengan cara berdiri. Bagian punggung buku terlihat dari luar sehingga memudahkan dalam pengambilan dan mencari informasi termasuk ke dalam klasifikasi apa buku tersebut.

    Ada baiknya jika buku-buku tersebut juga sering dibaca agar halaman di dalamnya tidak saling menempel. Hindari menekuk buku sebagai penanda batas baca, gunakan pembatas buku yang telah disediakan atau hand made (jika pembatas tidak tersedia).

Demikianlah beberapa cara untuk merawat buku agar tahan lama. Perlakukanlah buku layaknya ia bernyawa. Jika buku bisa bicara, mereka pasti akan menangis saat tahu bahwa mereka dibeli hanya untuk dipajang atau ditumpuk di almari. Namun, jika rajin dibaca, mereka seolah menjadi teman kita yang terus mengalirkan ilmunya.

Baca juga : Mengenal Sosok KH As’ad Humam, Pelopor Metode Iqro

Rekomendasi untuk anda : Cara Merawat Buku agar Tetap Sempurna dan Tidak Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *