Borobudur Nirwana Sunrise : Punthuk Setumbu

by
by Instagram @rdtya_yk

MAGELANG – Tempat ini jadi tambah terkenal sejak film Ada Apa Dengan Cinta 2. Sekedar intermezzo sih, sebelum di kunjungi Rangga dan Cinta di film AADC, lokasi emang masih belum terlalu banyak yang  tahu. Yap, Punthuk Setumbu. Tempat ini merupakan salah satu bukit yang ada di Magelang, yang berlokasi di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Meski begitu, banyak juga yang menyangka objek wisata ini berada di Jogja. Wajar sih, soalnya Borobudur juga orang taunya di Jogja.

Punthuk Setumbu berada tidak jauh dari kawasan Candi Borobudur, yaitu sekitar 4 kilometer arah barat Candi Borobudur. Untuk menuju puncak Bukit Punthuk Setumbu kita harus berjalan kaki sekitar 20-an menit dari lokasi parkir. Bukit Punthuk Setumbu yang berada di gugusan bukit menoreh juga biasa disebut Borobudur Nirwana Sunrise.

Punthuk Setumbu merupakan tempat terbaik untuk melihat terbitnya matahari. Di Bukit Punthuk Setumbu yang memiliki ketinggian sekitar 400Mdpl ini kita juga akan disuguhi dengan pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari Bukit Punthuk Setumbu kita juga dapat melihat kemegahan Candi Borobudur yang diselimuti kabut. Di Punthuk Setumbu juga terdapat jembatan yang berbentuk panah, dan jembatan tersebut sangat cocok untuk menjadi spot untuk berfoto dengan background pemandangan alam yang sangat indah.

Waktu Terbaik Mengunjungi Punthuk Setumbu

Waktu yang tepat untuk menikmati terbitnya matahari adalah jam 04.30 pagi sudah berada di Bukit Punthuk Setumbu. Untuk menuju ke Bukit Punthuk Setumbu tidaklah sulit, karena sudah banyak petunjuk untuk menuju ke Bukit Punthuk Setumbu. Berbagai paket wisata juga sudah banyak ditawarkan. Jika tidak ingin ketinggalan untuk melihat terbitnya matahari, anda dapat berkemah di Bukit Punthuk Setumbu dan juga dapat memilih bermalam di homestay yang berada di dekat Bukit Punthuk Setumbu.

Bagi wisatawan maupun fotografer yang ingin mengabadikan sunrise dari Punthuk Setumbu, maka waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan ini matahari dapat terlihat dengan jelas tanpa diselimuti mendung sehingga bisa mendapatkan momen yang indah. Selain itu trek menuju bukit tidak becek seperti saat musim hujan. Sedangkan jika ingin memotret Candi Borobudur berselimutkan kabut, pengunjung bisa datang kapan saja.
Lokasi dan Akses Ke Punthuk Setumbu

Lokasi Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Dari Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu wajib membayar retribusi sebesar Rp 15.000 / orang.

Untuk mencapai bukit ini bukanlah perkara yang sulit sebab sudah terdapat petunjuk arah menuju lokasi. Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur silahkan melaju menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Silahkan belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *