Curug Gomblang, Air Terjun Cantik di Kaki Gunung Slamet

by

Banyumas adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yeng terletak di kaki Gunung Slamet, Gunung tertinggi di Jawa Tengah. Tempat wisata yang terkenal di Banyumas yaitu Baturraden, tempat wisata alam yang cukup lengkap untuk mengisi waktu liburan.

Namun, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi tempat wisata alam di Banyumas yang mulai dilirik para wisatawan karena pemandangan indahnya. Salah satunya yaitu Curug Gomblang.

Curug Gomblang adalah salah satu air terjun yang terletak di lereng Gunung Slamet. Walaupun air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun debit airnya cukup besar dengan aliran air yang sangat jernih sehingga membawa suasana kesejukan bagi wisatawan yang datang kesana.

Curug Gomblang merupakan air terjun yang masih alami, bisa dibuktikan dengan rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun yang membuat suasana curug semakin asri. Karena keindahannya inilah yang membuat Curug Gomblang menjadi tempat wisata alam favorit di Banyumas, khususnya bagi kalangan muda.

Lokasi Curug Gomblang berada sekitar 20 km dari kota Purwokerto, bagi wisatawan yang hendak berkunjung bisa melalui jalur Karanglewas – Kedungbanteng, lalu menuju Dusun Windusari, Desa Kalisalak dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi panorama alam khas pedesaan lereng Gunung Slamet, semilir angin sejuk dan gemericik air menjadi nuansa alam yang akan anda rasakan.

Setelah sampai disana, akan dikenakan tarif biaya masuk sebesar Rp 3.000,- / orang dan kita sudah bisa menikmati keindahan alam yang masih belum banyak tersentuh ini.  Sesuai dengan tempatnya yang berada di lereng Gunung Slamet, maka untuk menuju ke sana perlu sedikit mengeluarkan keringat untuk berjalan kaki dari tempat parkir sampai  titik lokasi curug. Berjalan menyusuri jalan setapak sekitar setengah jam.

Sebelum sampai ke lokasi curug kita akan melewati spot foto yang sangat populer, di tempat ini kita disediakan sebuah papan yang bisa digunakan untuk berfoto ria dengan background Curug Gomblang yang terlihat sangat indah.

Foto: Instagram @harfin_nurulhaq

Sesampainya di lokasi air terjun, kita akan disambut oleh pesona air terjun yang tidak begitu besar namun mampu membawa aroma kesejukan alami. Dan seketika suasana hati, jiwa dan pikiran kita akan terasa fresh. Cocok buat kamu-kamu sekalian untuk sejenak menenangkan pikiran atau mencari ketenangan, karena tidak hanya kesejukan yang kita dapat,  kita juga akan terhindar dari hiruk pikuk sosial media selama kita disana, karena minimnya sinyal.

Foto: Instagram @harfin_nurulhaq

Setelah puas bermain air dan berfoto, anda bisa mencicipi nikmatnya mendoan dan bermacam minuman hangat yang dijajakan di gubuk-gubuk penjual makanan di sekitar curug. Bagi anda yang ingin camping menikmati nuansa malam pegunungan, anda bisa mendirikan tenda di bumi perkemahan yang sudah disediakan pengelola. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *