Desa Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Unik Dengan Ratusan Keranya, Desa Wisata Cikakak Miliki Potensi Wisata Kelas Dunia (dok. SINDOnews.com)

Jatengkita.id – Betapa kayanya Jawa Tengah dengan berbagai pesona akan destinasi wisata yang begitu lengkap mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah dan juga budayanya, hingga wisata ramah anak yang mampu memberikan edukasi.

Semua tempat wisata di Jawa Tengah tentunya memiiki keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Termasuk dengan deretan desa wisata yang memiliki pemandangan sangat indah yang tentunya patut untuk di jelajahi.  Sebagai informasi, di Jawa Tengah ada yang namanya jenis pariwisata alternatif.

Pariwisata alternatif di sini merupakan pelaksanaan pariwisata yang berkelanjutan, antara lain mencakup ekowisata, agrowisata, desa wisata dan wisata spiritual.

Desa wisata sendiri merupakan kegiatan wisata di mana para pengunjung bisa datang untuk menikmati suasana dan juga keindahan yang dimiliki wilayah pedesaan.

Jenis wisata seperti ini akan sangat cocok bagi yang ingin self healing, datang mengunjungi desa wisata yang memiliki pemandangan bak lukisan alam akan mampu menghilangkan kepenatan serta kebisingan dari hiruk-pikuk perkotaan dan juga stresnya pekerjaan.

Banyak desa wisata di Jawa Tengah yang menyuguhkan pemandangan alami dengan suasana yang menyatu dengan budaya masyarakat, desa wisata ini memang memberikan efek menenangkan.

Bagaimana tidak, ketika lelah, stres, dan kewalahan oleh kebisingan dan polusi dari kota, kehidupan pedesaan menjadi satu-satunya jenis surga yang tersedia bagi orang-orang yang mencari kedamaian alam, melalui ketenangan, keindahan, dan harmoni.

Hal-hal seperti itulah yang dicari oleh para wisatawan yang datang. Kehidupan di desa yang memang tampak lebih dekat dengan alam menjadi tempat yang sejuk dan segar sehingga seringkali dibutuhkan dan dirindukan oleh sebagian kalangan.

Desa wisata dikategorikan sebagai perwujudan community-based tourism di mana pengelolaan aktivitas di dalamnya dilakukan oleh masyarakat di tempat tersebut alias masyarakat sekitar.

Desa wisata masuk dalam program nasional untuk pemberdayaan masyarakat mandiri dengan tujuan mempercepat penanggulangan kemiskinan serta memperluas kesempatan kerja.

Namun saat ini, desa wisata menjadi salah satu program pemerintah yang diharapkan dapat mempercepat kebangkitan pariwisata dan juga pertumbuhan ekonomi.

Apalagi saat ini, berwisata ke tempat yang lebih banyak menyatu dengan alam menjadi hal yang diburu oleh para wisatawan seperti wisata di desa.

Banyak orang yang menjadikan pilihan menarik dengan singgah ke desa wisata yang memiliki potensi dari segi keindahan alam dan juga budaya.

Keindahan alam pedesaan yang begitu tenang, asri dengan tampilan sederhana tak lupa disertai dengan kearifan budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Di Jawa tengah banyak daerah yang memiliki keindahan dan juga kearifan dari kehidupan pedesaan yang mempesona dan mampu menarik minat wisatawan.

Bahkan beberapa desa wisata ini mampu menunjukkan pesonanya yang berbeda, begitu banyak ragam akan keindahan alam serta budaya yang unik yang masih terjaga dan menjadi potensi dari setiap desa.

Berikut ini beberapa desa wisata di Jawa Tengah dengan keindahan alam dan juga budayanya yang wajib dikunjungi.

  1. Desa Wisata Sangiran

Desa Wisata Sangiran berada di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Sangiran menjadi salah satu desa yang masuk sebagai Desa Wisata di Jawa Tengah.

Sebuah Catatan dari Pesona Sangiran Kampung Purba | Wonderful Solo

Desa Sangiran juga masuk ke dalam Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 1996, desa ini merupakan tempat sebuah situs bersejarah dari manusia purba berada.

Desa Wisata Sangiran menawarkan situs purbakala dan wisata sejarah yang masih kental, desa ini bahkan belakangan sangat ramai disebut-sebut oleh kalangan wisatawan karena Desa Wisata Sangiran termasuk jajaran 50 Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Desa Wisata Sangiran di Sragen Punya Situs Sejarah yang Diakui UNESCO  Halaman all - Kompas.com

Daya tarik wisata yang paling terkenal dari Desa Wisata Sangiran tentunya adalah Museum Purba Sangiran. Situs Sangiran menyimpan kekayaan fosil-fosil purbakala, mulai dari fosil manusia purba, binatang-binatang purba, hingga hasil kebudayaan manusia praaksara.

Tak hanya itu saja, desa ini memiliki daya tarik tersendiri berupa budaya dari masyarakatnya. Budayanya yang awet terjaga meskipun perkembangan zaman seperti sekarang ini nyatanya tak membuat masyarakat meninggalkan kebudayaan asli dari nenek moyang, contohnya saja seperti penggunaan iket dan baju lurik ketika ada acara besar maupun acara penting lainnya.

Selain iket dan baju lurik, juga terdapat panganan khas desa yaitu Olahan Bukur, Gendar Pecel, Bongko, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Desa Wisata Dieng Kulon

Intip Pesona Alam Desa Wisata Dieng Kulon, Indahnya Juara

Desa Wisata Dieng kulon berlokasi di Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Dieng Kulon merupakan salah satu dari desa di wilayah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Lebih tepatnya lokasinya berbatasan dengan Desa Pranten Kab. Batang di sebelah Utara, sebelah Timur dan Selatan berbatasan dengan Desa Dieng Wetan dan Sikunang kab. Wonosobo.

Dieng Kulon memiliki luas sekitar 337.846 Ha dengan landscape berupa perbukitan yang sebelumnya merupakan kawasan konservasi namun kini sebagian sudah berubah menjadi kebun kentang. Di tempat ini ada sekitar 163.603 Ha untuk area pertanian dan area hutan lindung sekitar 186.9 Ha.

Desa Wisata Dieng Kulon berada diketinggian 2.000 – 2.500 mdpl.  Berjarak sekitar 55 km menuju kota Banjarnegara. Desa ini masuk ke dalam daftar 50 desa terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021, desa ini memiliki pemandangan yang menakjubkan yang membuat siapapun akan terpesona ketika berada di desa Dieng Kulon, sebab sensasi berada di atas awan sungguh seperti bisa dirasakan.

Selain pemandangannya yang indah, udaranya juga tak kalah sejuk, berada di desa ini akan sangat menenangkan jiwa dan raga. Sebab kita akan menikmati sensasi lingkungan yang masih asri dan juga alami, sehingga membuat desa ini wajib untuk dikunjungi.

Tak hanya alamnya saja yang penuh dengan berbagi pesona, budaya yang berada di desa ini juga sama uniknya bahkan masih terjaga dengan sempurna, sehingga cocok dijadikan sebagai pilihan tempat wisata.

  1. Desa Wisata Pandanrejo

Pariwisata Provinsi Jawa Tengah | Artikel | Seharian Di Desa Wisata  Pandanrejo - Kabupaten Purworejo

Desa Wisata Jawa Tengah selanjutnya adalah Desa Pandanrejo, desa ini berada di Ds. Pandanrejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Pandanrejo ini lebih tepatnya berada di Kecamatan Bumiaji Kabupaten Purworejo.

Desa wisata pandanrejo juga masuk dalam daftar 50 desa terbaik oleh Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tahun 2021. Desa ini merupakan desa yang berada di kawasan deretan perbukitan menoreh. Desa Wisata Pandanrejo berisi destinasi wisata dengan potensi buah Stroberi.

Selain buah stroberi, Desa Wisata Pandanrejo juga menawarkan berbagai produk dan fasilitas yang meliputi: kebun stroberi, café, paintball, tubing, dan lain sebagainya.

Selain produk dan fasilitas seperti diatas, desa ini tak lupa menyuguhkan panorama alam dengan udara yang begitu sejuk, hal ini menjadikan salah satu faktor pendukung destinasi wisata desa.

Selain itu, desa ini menyuguhkan berbagai wisata alam lainnya dan aktivitas maupun kuliner yang tidak bisa ditemui di daerah lain.

Ada pula potensi dari Desa Wisata Pandanrejo berupa wisata edukasi kambing etawa. Desa Pandanrejo memang telah dikenal sebagai desa yang mengembangkan jenis kambing etawa sejak tahun 1920. Kambing etawa terkenal akan khasiat dari susu yang dihasilkannya.

  1. Desa Wisata Cikakak

Menyaksikan Langsung Kera Ekor Panjang di Desa Wisata Cikakak, Banyumas -  Portal Baraya

Berlokasi di Jl. Ajibarang wangon km 1 Kec. Wangon, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Cikakak  berada di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Desa Cikakak juga masuk dalam daftar 50 Desa terbaik Versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Desa Cikakak sendiri memiliki pesona berupa bentang alam pegunungan dengan beberapa aliran sungai cantik yang mengalirinya.

Ada beberapa sungai yang mengalir di Desa Cikakak antara lain Sungai Cikadu, Cikalong, Cilumpang, Cikroya, Cipakis (oleh Sunan Amangkurat Emas dinamai Asahan).

Di desa ini masyarakat masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya seperti gotong royong, sehingga hal ini yang menjadikan suatu kelebihan dari desa cikakak.

Selain itu, potensi wisata yang dapat dinikmati dari Desa Cikakak berupa wisata edukasi dalam membuat kerajinan berupa bamboo, ada pula kuliner khas desa ini yang wajib untuk di coba ketika berkunjung.

Tak lupa desa ini juga memiliki tempat bersejarah yang merupakan tempat para sesepuh dan juga tokoh yang dihormati di desa cikakak. Desa Wisata Cikakak memang menyimpan beragam kekayaan alam maupun budaya yang masih terpelihara hingga kini.

Desa cikakak juga memiliki sederet situs budaya yang pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik dari dalam negeri hingga mancanegara.

  1. Desa Wisata Karanganyar

Selanjutnya adalah Desa Wisata Karanganyar yang berlokasi di Jl. Banjaran I Desa Karanganyar Kec. Borobudur Kab. Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Desa Wisata Karanganyar masuk dalam daftar satu dari 50 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Desa Wisata Karanganyar terletak di 3 km barat daya dari Candi Borobudur.

Desa Wisata Karanganyar

Desa ini dikelilingi oleh panorama alam yang sangat mempesona karena berada di sisi utara lembah bukit menorah. Adapun potensi dari Desa Karanganyar berupa pembuatan gerabah. Pengunjung selain bisa menikmati suasan alam yang dimiliki desa ini, juga dapat menikmati  proses pembuatan gerabah dan bahkan bisa juga mencoba membuat gerabah tersebut dengan tangan sendiri hasil kerativitas sendiri.

Pengunjung domestik maupun mancanegara dapat belajar cara mengolah tanah liat menjadi sebuah karya seni yang indah, tentunya diajarkan oleh para pengrajin dari desa, wisatawan diajak merasakan bagaimana proses membuat gerabah dengan sangat asyik dan pastinya menyenangkan.

  1. Desa Wisata Sumberbulu

Cerita di Balik Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar - TelusuRI

Desa Wisata Sumberbulu berada di Dusun Sumberbulu, Desa Pendem, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Desa Wisata Sumberbulu berada di Kabupaten Karanganyar, Sumberbulu sendiri lebih tepatnya adalah sebuah dusun yang terletak di Desa Pendem Kecamatan Mojokerto.

Tak lupa Desa Sumberbulu juga masuk ke dalam daftar 50 desa terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep wisata berbasis kearifan lokal berupa pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan yang mereka lakukan seperti mengadakan kegiatan budaya dalam bentuk festival.

Desa ini juga menawarkan paket wisata yang pastinya menjadi sebuah keunggulan dari desa wisata sumberbulu. Di Desa Wisata Sumberbulu sendiri terdapat 48 homestay serta area camping ground yang cukup luas, pastinya akan membuat wisatawan betah berada di sini.

Selain itu ada pula beberapa sumber mata air seperti sendang pancuran dan sendang bulu.

  1. Desa Wisata Candirejo

Bukan Hanya Keindahan Alam, 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Candirejo  Magelang | RADIO UNIMMA

Desa Wisata Candirejo berlokasi di Jl. Raya Candirejo, Sangen, Candirejo, Kec. Borobudur, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa Wisata Candirejo terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Desa Wisata candirejo  menawarkan daya tarik wisata berupa pemandangan alam yaitu pegunungan, hutan, pantai, goa, sungai dan lain sebagainya, desa ini mempunyai potensi keindahan dan lanskap cantik. Selain itu adapula budaya yang berupa Artefak Candi Risan.

Pemandangan alam yang dimiliki desa ini berupa perbukitan yang merupakan daerah bekas gunung api.

Desa Wisata Candirejo berjarak 3 km dari candi Borobudur. Sehingga bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan tradisional berupa andong. Desa wisata Candirejo ini adalah desa wisata yang berbasis Ecotourism.

Beragam paket wisata ditawarkan pada pengunjung yang datang, pengunjung dapat menikmati keindahan desa dengan berkeliling menggunakan andong. Desa yang saat ini menjelma menjadi sebuah destinasi baru sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa pengunjung dapatkan selama berada di desa wisata candirejo yang ditemani oleh keramah tamahan warga lokal yang tentunya menyenangkan dan juga ampuh dalam menenangkan pikiran.

  1. Desa Wisata Panusupan

PANUSUPAN KEMBANGKAN WISATA BATU GILANG GREEN PARK - Pemerintah Provinsi  Jawa Tengah

Berlokasi di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Provinsi Jawa tengah, Indonesia. Desa Wisata Panusupan berada di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Potensi dari desa Wisata Panusupan adalah keindahan alamnya yang di tata dengan sangat unik dan menarik.

Banyak tempat pilihan berupa pemandangan indah dan bisa dijadikan sebagai spot berswafoto yang kekinian. Selain itu, tidak hanya menikmati keindahan wisata alam, pengunjung juga bisa mencoba paket wisata edukasi pertanian, peternakan dan juga perikanan.

Selain menonjolkan keindahan alam dari Desa Panusupan, ada juga keindahan taman yang berada di puncak bukit, serta berjalan-jalan di tengah jembatan yang berada di hamparan hijau persawahan.

Desa ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dijadikan sebagai tujuan liburan dan traveling, sebab disini pengunjung akan ditawarkan berbagai paket wisata lengkap, mulai dari keindahan bentang alam hingga kelezatan kuliner ataupun kearifan budaya lokal yang ditawarkan.

  1. Desa Wisata Lerep

Profil Desa Wisata Lerep

Desa Wisata Lerep berlokasi di Desa Lerep Kec Ungaran Barat, Kab Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa Wisata Lerep terletak di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran.

Desa Wisata Lerep

Tempatnya yang berada di lereng gunung menjadikan desa ini memiliki udara yang sejuk dan tentunya pemandangan alam yang tak perlu di ragukan lagi. Potensi dari Desa Wisata Lerep berupa hasil pertanian yang diolah menjadi makanan tradisional yang hanya menggunakan bahan alam.

Desa ini juga memiliki kuliner berupa jajanan khas pedesaan diantaranya getuk, dawet, sego onyek, dan masih banyak yang lainnya. Desa ini menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan saat menyambangi kota Semarang.

Pasalnya wisata disini menawarkan keindahan lanskap serta hamparan sawah hijau dari atas ketinggian. Pengunjung juga bisa menghabiskan waktu untuk menyaksikan matahari terbenam, kondisinya masih asri tentunya sangat cocok bagi yang ingin menikmati tenangnya suasana alam pedesaan.

  1. Desa Wisata Kemetul

Kumpulan Foto Desa Wisata Kemetul yang Sedang Hits di Instagram

Desa Wisata Kemetul berada di Ds Kemetul, Kec. Susukan, Kab. Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa Wisata Kemetul ini terkenal dengan spot berswafoto di persawahan yang hijau benderang.

Lokasinya diapit oleh dua sungai yang daerah alirannya melewati perbukitan, lembah, serta sawah. Desa wisata kemetul berjarak kurang lebih sekitar 43 Km dari Kota Ungaran.

Desa ini menawarkan keindahan alam dan juga kearifan lokal dari masyarakat yang sangat kental dengan budaya yang masih terjaga, hal ini yang menjadikan Desa Wisata Kemetul masih kental dengan tatanan moral serta etika Jawa.

Desa Wisata Kemetul memiliki beragam potensi. Salah satu potensi yang ada di Desa Wisata Kemetul yang pertama tentunya dari keindahan alam seperti pemandangan yang bisa dilihat melalui puncak bukit¸ persawahan, maupun suasana sunrise yang dapat dinikmati dipagi hari.

Desa Wisata Kemetul Semarang menjadi sebuah sebuah desa wisata yang mampu menampilkan panorama lahan persawahan hijau yang Instagramable.

Apalagi dengan daya tarik lainnya dari desa ini yang sudah populer dikalangan remaja yaitu jembatan bambu berbentuk bintang yang membentang indah di tengah area persawahan.

Tak hanya itu saja, ada lagi salah satu spot foto Desa Wisata Kemetul yang tak kalah cantik adalah di sepanjang pinggiran sawah berupa gazebo warna-warni yang begitu enak di pandang dan bisa jadi referensi angle yang kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *