Di Umur Berapa Kamu Tahu Arti Nada Sirine Ambulans?

image source : Krakatau Medika

JatengKita.id- Ambulans merupakan transportasi khusus yang dibekali berbagai macam perangkat tambahan untuk memudahkannya melintasi jalan ramai. Perangkat yang paling umum kita kenal adalah sirine beserta lampunya (rotator) yang berwarna merah. Meski sering mendengar suara sirine ambulans, namun apakah sobat tahu arti dari masing-masing nada sirine?

Setidaknya terdapat empat nada sirine berbeda yang dibunyikan oleh mobil ambulans. Keempat nada tersebut ternyata memiliki arti yang berbeda lho. Humas Jateng dalam rilis video di kanal Youtube-nya menjelaskan bahwa empat nada suara ambulans mewakili empat kondisi yang berbeda.

1. Menjemput Pasien

 Saat ambulans membunyikan sirine dengan nada menyerupai bunyi palang kereta api, ambulance berarti sedang sedang dalam perjalanan menjemput pasien.

2. Membawa Pasien Non-Darurat

Nada sirine dengan tempo yang lebih cepat, menandakan ambulans sedang membawa pasien menuju rumah sakit. Dalam hal ini, pasien dalam keadaan yang tidak darurat.

3. Membawa Pasien Gawat Darurat

Nada sirine yang menandakan ambulans membawa pasien kritis atau gawat darurat. Nada sirine ambulans mirip saat membawa pasien non-darurat, hanya saja tempo-nya lebih cepat lebih nyaring.

4. Membawa Jenazah

Sobat yang mendengar bunyi suara ambulans dengan irama panjang dan tidak berulang, maka sejatinya  sedang mendengar sirine ambulans yang membawa jenazah.

Nah sekarang sobat sudah paham makna dari tiap-tiap nada sirine ambulans bukan? Ayo lebih bijak lagi saat berkendara. Segera menepi saat sobat mendengar suara sirine ya, terutama sirine dengan tempo yang sangat cepat dan nyaring. Nyawa seseorang sedang dipertaruhkan lho sob!

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *